Home / Peristiwa

Selasa, 22 Februari 2022 - 22:29 WIB

Jayapatra: Dedikasi Yogyakarta bagi Bangsa, Mangayubagya Tingalan Jumenengan Dalem

(Foto: Twitter @kratonjogja)

(Foto: Twitter @kratonjogja)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Sepuluh tahun Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi catatan penting bagi refleksi perjuangan DIY dalam mendukung pemerintahan nasional.

Diketahui dalam sejarah bahwa pernyataan Bangsa Indonesia melalui proklamasi menjadi titik balik dari perjuangan baru. Tidak hanya mengenai ‘pemindahan’ kekuasaan, melainkan perubahan peta politik yang begitu berwarna.

Kala itu, Sri Sultan Hamengku Buwono IX melalui Amanat 5 September 1945 mendukung penuh pemerintahan dari sebuah negara baru yang dikenal sebagai Indonesia.

Rentetan momentum perjuangan terus terjadi, mulai dengan pemindahan ibu kota negara ke Yogyakarta, Agresi Militer Belanda II, Serangan Umum 1 Maret 1949 hingga kelahiran Republik Indonesia Serikat menjadi mozaik yang tidak dapat dielakkan.

Baca juga   Duta Anak Kota Yogya Siap Berkarya dalam Kondisi Apapun

Sementara itu, peran keraton dan masyarakat Yogyakarta dalam dinamika politik nasional tidak dapat dipungkiri. Dedikasi Yogyakarta kepada nasional tidak dapat diukur dari Amanat 5 September 1945, namun peran-peran vital telah diwujudkan dalam berbagai hal.

Pada bidang pendidikan, Keraton Yogyakarta merintis pendidikan berbasis budaya melalui sekolah tamanan, kemudian berkembang menjadi sekolah-sekolah partikelir dan Hollandsch Inlandsche School.

Di sisi lain peran sultan dalam politik praktis menjadi catatan sejarah penting dari Yogyakarta untuk bangsa. Potret pisowanan ageng pada tahun 1998 menjadi data yang tidak dapat dinafikkan sebagai upaya Yogyakarta menjaga keutuhan Republik Indonesia.

Pelbagai rekaman sejarah tersebut kemudian dikemas dalam agenda Mangayubagya Tingalan Jumenengan Dalem ke-33 tahun, bertajuk Jayapatra: Dedikasi Yogyakarta bagi Bangsa.

Baca juga   Indonesia Kembali Terima 4 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca

Dalam rilis yang diterima nyatanya.com, Selasa (22/2/2022) dijelaskan, dalam definisi Bahasa Jawa, /jayapatra/ berarti lembar kemenangan. Perihal ini merujuk pada semangat juang dari para negarawan dalam menjaga kedaulatan republik.

Lembar-lembar dedikasi Yogyakarta untuk Indonesia kemudian hadir dalam simposium internasional dan pameran yang akan digelar 7 Maret – 12 Juni 2022.

“Pameran ini menjadi upaya menarik kembali sejarah panjang Yogyakarta sebagai kota kerajaan yang memiliki pengaruh atas kelahiran republik. Momentum ini menjadi sarana refleksi atas perjuangan panjang dalam merebut kemerdekaan sekaligus mengejawantahkan berbagai praktik dalam menjaga kemerdekaan,” demikian rilis melalui nara hubung Fika Wirastuti selaku tim pameran.

(Aja)

Share :

Baca Juga

Pemkab Wonosobo menerima penghargaan prestisius skala Nasional pada ajang Puncak Penetapan Kabupaten/Kota (KATA) Kreatif Tahun 2021 yang digelar di Swissbellroom Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (30/11/2021). (Foto: Diskominfo Kab Wonosobo)

Peristiwa

Carica dan Mie Ongklok Bawa Wonosobo Raih Penghargaan Kabupaten Kreatif 2021
Kapolres Magelang menyiramkan air bunga kepada anggotanya yang naik pangkat. (Foto:humas/beritamagelang)

Peristiwa

Prosesi Siraman Warnai Upacara Kenaikan Pangkat Personil Polres Magelang
Anggota DPR RI Andika Pandu Puragabaya menyapaikan paparan saat sosialiasi 4 Pilar di Moyudan, Sleman. (foto: Istimewa) .

Peristiwa

Sosialisasi 4 Pilar, Mas Pandu Paparan Paham yang Bertentangan dengan Ideologi Negara
RSD (42) asal Indramayu Jawa Barat diamankan Polsek Mlati lantaran mencuri handphone (HP) dan laptop milik warga Jongke, Sendangadi, Mlati, Sleman. Foto: Polres Sleman

Peristiwa

Berlagak Minta Sumbangan, Pencuri HP dan Laptop Asal Indramayu Dicokok Polisi Sleman
KGPAA Paku Alam X. (Dok/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Wagub DIY KGPAA Paku Alam X Ajak Stakeholder Bersinergi Turunkan Stunting
Gus Yasin saat hadir di pengajian umum Haul Agung ke-520 Kanjeng Sultan Raden Abdul Fattah, di Alun-alun Depan Masjid Agung Demak, Kamis (5/1/2023) malam. Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Curah Hujan Masih Tinggi Hingga Beberapa Hari ke Depan, Gus Yasin Minta Warga Terus Waspada
Imam Subarno menyampaikan tausyiah. (Foto: Dok.PWI DIY)

Peristiwa

Buka Bersama PWI DIY, Ramadan Momentum Peningkatan Kinerja Wartawan
Kelima pelaku penembakan istri TNI di Semarangg ditangkap. Foto: Ist

Peristiwa

Ini Tampang Pelaku Penembakan Istri TNI di Semarang, 4 Orang Ditembak Kakinya