Home / News

Senin, 16 Agustus 2021 - 12:11 WIB

Jelang HUT RI, PDIP Kota Yogya Dirikan 5 Dapur Umum Bantu Warga Isoman

PDIP Kota Yogyakarta bergerak dirikan dapur umum bantu warga isoman. (Foto:Dokumentasi DPC PDIP Kota Yogyakarta)

PDIP Kota Yogyakarta bergerak dirikan dapur umum bantu warga isoman. (Foto:Dokumentasi DPC PDIP Kota Yogyakarta)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Yogyakarta beserta Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Yogyakarta mulai Minggu (15/8/2021) serentak membuka posko dapur umum untuk membantu warga yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman), menyusul pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih tinggi kasusnya.

Peluncuran posko dapur umum DPC PDIP Kota Yogyakarta ini dipusatkan di lima kawasan berdasarkan titik dapil yang ada dan dikoordinir langsung para wakil rakyat dari fraksi  PDIP Kota Yogyakarta untuk penerjunan para relawannya di tiap kecamatan.

“Posko dapur umum ini sebagai bentuk solidaritas bersama akibat pandemi Covid-19 agar kita mampu untuk saling tolong menolong dan saling bergotong-royong membantu terutama masyarakat yang isolasi mandiri (isoman),” kata Ketua DPC PDIP Kota Yogyakarta Eko Suwanto saat peluncuran dapur umum di Keparakan Lor Kota Yogyakarta, Minggu (15/8/2021).

Eko Suwanto yang juga Ketua Komisi A DPRD DIY itu mengatakan posko dapur umum yang menjadi inisiatif Fraksi DPC PDIP Kota Yogyakarta itu juga untuk membantu para tenaga kesehatan yang ada di klinik kesehatan di tingkat kecamatan.

“Tata cara penyampaian bantuan lewat dapur umum ini berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 tiap wilayah agar sesuai dengan protokol kesehatan. Kami juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa mentaati protokol kesehatan,” kata Eko Suwanto.

Baca juga   Jateng Belum Jadikan Sertifikat Vaksin sebagai Syarat Bepergian
Peluncuran posko dapur umum ini juga berbarengan dengan semangat peringatan kemerdekaan Indonesia ke-76. (Foto:Dokumentasi DPC PDIP Kota Yogyakarta)

Eko Suwanto juga mendesak pada pemerintah melakukan 5 hal yang perlu jadi perhatian pemerintah daerah.

Yang pertama adalah kerja keras untuk penanganan pandemi agar penularan kasus menurun,  yang kedua kerja keras untuk pemulihan menbangkitkan ekonomi akibat banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan menurun, yang ketiga mengalokasikan bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak, yang keempat melindungi dan memperhatikan anak-anak dari paparan Covid-19, dan yang kelima  melakukan percepatan vaksinasi baik untuk usia di atas 17 tahun yang baru 18.7% kemudian juga vaksinasi anak-anak yang baru 2,92%.

Anggota DPRD Kota Yogyakarta Antonius Suhartono didampingi anggota DPRD Kota Yogya Subagyo  dan Yustinus Keliek Mulyono menyampaikan, posko dapur umum di Dapil 1 itu untuk mengcover para warga isoman di Kecamatan Mantrijeron, Keraton, dan juga Mergangsan yang selama ini membutuhkan bantuan konsumsi karena tak bisa beraktivitas.

“Jadi kami bertiga saya (Antonius Suhartono) bersama anggota DPRD Kota Yogya lain dari Fraksi PDIP Kota Yogya yakni Pak Subagyo dan Pak Yustinus Keliek Mulyono yang akan gotong royong bersama relawan di tiap PAC membantu konsumsi warga isoman ini,” kata Anton.

Baca juga   Kunjungan Kerja ke DIY, Presiden Ingin Pastikan Vaksinasi Terus Bergulir

Di waktu yang sama, Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Yogya GM Deddy Jati Setiawan didampingi anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Ipung Purwandari, SH dan anggota Komisi D DPRD Kota Yogyakarta Suryani juga meluncurkan dapur umum PDIP Kota Yogyakarta di kawasan Dagen Gedong Tengen.

“Peluncuran posko dapur umum ini juga berbarengan dengan semangat peringatan kemerdekaan Indonesia ke- 76 yang akan dilakukan dari tanggal 15-17 Agustus 2021,” kata Deddy Jati.

Dalam posko dapur umum, kata Deddy, para relawan PDIP Kota Yogyakarta akan bergerak memberikan bantuan permakanan warga isoman Covid-19.

“Ini wujud kehadiran kami dari PDIP Kota Yogyakarta karena kadang di lapangan masih banyak warga belum mendapat bantuan karena belum melaporkan kondisinya jika menjalani isoman. Jadi kami tergerak membantu mereka agar segera pulih dan beraktivitas kembali,” kata Deddy yang juga anggota DPRD Kota Yogyakarta itu.

Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta Ipung Purwandari mengatakan pembagian teknis bantuan permakanan ini berdasar data yang dihimpun di tiap pengurus anak cabang (PAC). “Dari PAC sudah mendapatkan data by name siapa warga di lingkungan yang menjalani isoman dan belum mendapat bantuan. Ini juga agar PAC mengetahui kondisi wilayah masing masing,” tegasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

News

Ngebut Vaksinasi, Jateng Ajukan Tambahan 2,4 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Per Minggu
(nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

News

Varian Delta Masuk Yogya, Puluhan Terpapar Termasuk Anak-anak
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Terus Bertambah
Jalan Kusumanegara ditutup mulai perempatan SGM. (Foto:nyatanya.com/Humas Kota Yogya)

News

Mobilitas Masyarakat Terus Diperketat, Akses Jalan Kampung pun Dibatasi
Gubernur Ganjar Pranowo saat memantau hari perttama PTM di SMP 13 Semarang. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Laksanakan PTM, Pemprov Jateng Usul Aplikasi Skrining Pribadi Siswa
Pos Aju dibentuk untukpercepatan penanganan jenazah pasien Covid-19 di Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

Kelompok Pemuda yang Lempari Mobil Jenazah Covid-19 di Klaten, Kini Tobat Jadi Relawan
Kapolres Magelang AKBP M Sajarod Zakun memeriksa kebdaraan saat apel Gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2021. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Polres Magelang Gelar Operasi Patuh Candi 2021
(Ilustrasi/nyatanya.com)

News

Masih Tinggi, Yogya Tambah 782 Kasus Positif Covid-19