Home / News

Kamis, 15 Juli 2021 - 09:49 WIB

Jelang Idul Adha, Stok Pangan Dipastikan Aman

Menurut Haryati, bahan pangan yang mengalami fluktuasi harga di antaranya adalah cabai rawit dan minyak goreng. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Menurut Haryati, bahan pangan yang mengalami fluktuasi harga di antaranya adalah cabai rawit dan minyak goreng. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

NYATANYA.COM, Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan memastikan stok komoditas pangan dan bahan baku di Kota Pekalongan tercukupi. Bahkan, harga sembako cenderung stabil, meskipun beberapa komoditas mengalami fluktuasi harga.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Dindagkop-UKM), Sri Haryati, Rabu (14/7/2021).
Menurutnya, ketersediaan pangan dan bahan baku tersebut telah dicek langsung oleh Tim Pengawasan Barang Beredar di beberapa lokasi, antara lain pasar tradisional, penjual hewan kurban, pangkalan dan agen LPG, pedagang bakso dan mi, serta toko sembako/mini market.

Pemantauan harga dan ketersediaan bahan pangan dilakukan oleh tim yang terdiri dari Dindagkop-UKM, Satpol PP, Polres Pekalongan Kota, Dinas Kesehatan, Bagian Protokol dan Kompim, Dinas Pertanian dan Pangan, Kesbangpol Kota Pekalongan, sejak 5 Juli 2021.

Baca juga   Kasus Covid-19 Melonjak, Keterisian BOR di DIY Ikut Meningkat

Menurut Haryati, bahan pangan yang mengalami fluktuasi harga di antaranya adalah cabai rawit dan minyak goreng.

“Kami juga melakukan pengawasan ke penjual mi dan bakso. Dari 10 (orang) pedagang yang kami pantau, ada satu pedagang yang kami temukan (menjual) mi dan bakso mengandung bahan tambahan formalin,” imbuhnya.

Lebih lanjut, stok LPG tercukupi hingga Hari Raya Iduladha 2021. Harganya pun sudah sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET), yakni harga di pangkalan LPG sebesar Rp15.500 dan harga agen sebesar Rp14.250.

Baca juga   Ini 6 Perusahaan di DIY yang Boleh Beroperasi Penuh Selama Perpanjangan PPKM

“Yang kami pantau, LPG di pangkalan, agen dan Gudang LPG. Memang untuk harga eceran kami tidak memantau. Sebab, harga jual pengecer berbeda-beda. Biasanya ada penambahan biaya lainnya,” katanya.

Terkait, dengan pemberlakukan PPKM Darurat di wilayah Jawa-Bali, Haryati menyebutkan, tidak ada kendala distribusi sembako.

“Alhamdulilah distribusinya lancar untuk sembako tidak ada kendala. Sehingga stok aman dan harga masih stabil,”pungkasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Penampakan awan panas guguran Gunung Merapi, Selasa (17/8/2021) pukul 07.01 WIB. (Foto:BPPTKG)

News

Gunung Merapi Erupsi, Meluncur ke Arah Kali Bebeng
Bupati Kudus HM Hartopo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Balai Desa Undaan Tengah. (Foto: Diskominfo Kudus)

News

Kejar Herd Immunity, Kudus Targetkan Vaksinasi 50 Persen
Gerhana Bulan total. Foto: nyatanya.com/istimewa

News

Catat, 26 Mei 2021 Terjadi Super Blood Moon
Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Pemda DIY Minta Kabupaten/Kota Susun Strategi Percepat Vaksinasi
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Pasien Sembuh Covid-19 di DIY Kembali Bertambah 2.648 Orang
Salah satu ruas JJLS di Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunungkidul dengan pemandangan elok di sepanjang jalan. Foto: nyatanya.com/Anto

News

Pembangunan JJLS Dikebut, Jalur Elok Penghubung Gunungkidul dan Wonogiri
Bupati Temanggung Al Khadziq mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang digagas KPK, bahkan ia bersama jajarannya berkomitmen untuk bersih. (Foto: Diskominfo Temanggung)

News

KPK Ingatkan Area Rawan Korupsi, Bupati Temanggung Komitmen Bersih
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyaksikan secara langsung proses vaksinasi bagi ibu hamil di Auditorium Grha Sabha Pramana. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

1.110 Ibu Hamil Ikuti Vaksinasi Covid-19 di UGM