Home / News

Rabu, 13 April 2022 - 14:33 WIB

Jelang Idulfitri, Pemkab Sleman Pastikan Persediaan Sembako Aman

Guna memastikan persediaan sembako menjelang hari raya Idulfitri 1443 Hijriah telah tercukupi, Pemerintah Kabupaten Sleman bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sleman melakukan peninjauan ke sejumlah tempat. (Foto: Humas Sleman)

Guna memastikan persediaan sembako menjelang hari raya Idulfitri 1443 Hijriah telah tercukupi, Pemerintah Kabupaten Sleman bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sleman melakukan peninjauan ke sejumlah tempat. (Foto: Humas Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Guna memastikan persediaan sembako menjelang hari raya Idulfitri 1443 Hijriah telah tercukupi, Pemerintah Kabupaten Sleman bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sleman melakukan peninjauan ke sejumlah tempat.

Peninjauan yang dipimpin oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo ini dilakukan di dua tempat, yakni di Pasar Pakem dan di distributor sembako Arista yang ada di jalan Kaliurang Km 7, Selasa (12/4/2022).

Dari hasil pantauan tersebut, Kustini menyebut bahwa persediaan sembako di Kabupaten Sleman hingga lebaran Idulfitri nanti dalam kondisi aman. Misalnya, minyak goreng yang sempat mengalami kelangkaan beberapa waktu lalu, saat ini juga sudah berangsur normal. Ada sebanyak 140 Ton minyak goreng curah yang tersebar di seluruh pasar tradisional di Kabupaten Sleman.

Baca juga   Nekat Gadaikan Lima Mobil Rental untuk Bayar Utang, Ibu Muda Dicokok Polsek Sleman

“Di Arsita ini ada 30 Ton untuk hari ini, besok datang lagi 7 Ton. Setiap hari di sini bisa menghabiskan 10 ton. Tapi untuk pembelian dibatasi maksimal 2 jeriken setiap orang,” ujarnya.

Kustini juga mengimbau masyarakat untuk membeli sembako secukupnya saja, dan tidak melakukan panic buying. Ia mengatakan jika ada kekurangan persediaan sembako agar melaporkannya melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman.

Sementara Budiharjo dari TPID Kabupaten Sleman mengatakan selain untuk memastikan ketersediaan sembako, pantauan ini juga untuk memastikan keterjangkauan harga sembako oleh masyarakat.

Menurutnya harga komoditas saat ini masih relatif terjangkau, sesuai dengan acuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Baca juga   Sampai Akhir 2021, Sebanyak 191 Pemda Masuk Kategori Digital

“Bahkan beberapa komoditas yang sebelumnya mengalami kenaikan harga, sekarang sudah turun,” ujarnya.

Dari pantauan di Pasar Pakem, sejumlah komoditas mengalami penurunan harga, seperti harga minyak curah turun Rp250, telur turun Rp688, cabai merah kriting turun Rp4.000, cabai rawit merah Rp4.125, dan bawang merah turun Rp2.375.

Sedangkan komoditas yang terpantau mengalami kenaikan harga adalah bawang putih naik Rp1.625, cabai rawit hijau naik Rp13.125, dan daging sapi naik Rp1.875.

Sementara di distributor Arista minyak goreng kemasan dalam kondisi aman, sedangkan pasokan untuk minyak goreng curah mencukupi namun terbatas.

Untuk harga gandum terpantau naik namun pasokan mencukupi. Adapun harga gula masih stabil di angka Rp12.800/kg serta pasokannya lancar.

(N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

News

Kasus Sembuh Covid-19 Nasional Bertambah 32.873 Orang, Meninggal 163 Kasus
Presiden Jokowi saat kunjungan kerja di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada Kamis (13/1/2022) guna mengecek kesiapan organisasi dalam menghadapi MotoGP di Maret 2022. (Foto: Adit/InfoPublik)

News

Persiapan MotoGP Mandalika 2022, Presiden Cek Tiga Hal ini
Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

News

Kematian Covid-19 Jateng Didominasi Komorbid dan Belum Vaksin
Penampakan awan panas guguran Gunung Merapi, Selasa (17/8/2021) pukul 07.01 WIB. (Foto:BPPTKG)

News

Gunung Merapi Erupsi, Meluncur ke Arah Kali Bebeng
Foto: ANTARA

News

Kemenkumham Gali Informasi Dugaan Deportasi UAS
KPK menahan AKBP Bambang Kayun (BK) Kepala Subbag Penerapan Pidana dan HAM Bagian Penerapan Hukum pada Biro Bantuan Hukum Divisi Hukum Mabes Polri, dalam dugaan tindak pidana korupsi berupa suap dan gratifikasi. Foto: Pasha Yudha Ernowo/ InfoPublik.id

News

KPK Tahan AKBP Bambang Kayun dalam Kasus Dugaan Suap dan Gratifikasi
Foto: Ist

News

Hina Kepala Negara, Anggota Khilafatul Muslimin Bandar Lampung Ditangkap Aparat
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menghadiri puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 di kawasan Kebun Raya Bogor, Sabtu (23/7/2022). Foto: Humas Jateng

News

Peringati HAN, Ganjar: Sudah Selayaknya Orang Tua Temani dan Lindungi Anak