Home / Peristiwa

Jumat, 14 Januari 2022 - 21:52 WIB

Jelang Imlek di Singkawang, Bunga Mei Hua Mulai Diminati

Daya tarik warna-warni yang menghiasi ornamen pohon bunga Mei Hua ini melambangkan kegembiraan menyambut datangnya keindahan musim semi dan semangat baru bagi masyarakat Tionghoa. (Foto: MC Kota Singkawang)

Daya tarik warna-warni yang menghiasi ornamen pohon bunga Mei Hua ini melambangkan kegembiraan menyambut datangnya keindahan musim semi dan semangat baru bagi masyarakat Tionghoa. (Foto: MC Kota Singkawang)

NYATANYA.COM, Singkawang – Jelang Tahun Baru Imlek 2573, Kota Singkawang mulai dipenuhi dengan ornamen dan pernak pernik khas Iimlek, seperti lampion yang telah terpasang di pusat kota.

Tidak hanya itu, para pedagang pun sudah mulai memajang pernak-pernik Imlek di depan toko mereka masing-masing semenjak dua pekan lalu.

Di salah satu toko yang terletak di Jalan Niaga terlihat seorang pembeli sedang memilih beberapa kantong bunga Mei Hua dengan corak warna-warni. Sekantong bunga Mei Hua ini dijual seharga Rp30.000 hingga Rp40.000 per kantong.

Pembeli dapat membeli hiasan bunga Mei Hua tersebut sesuai dengan perpaduan warna-warni yang diinginkan.

Daya tarik warna-warni yang menghiasi ornamen pohon bunga Mei Hua ini melambangkan kegembiraan menyambut datangnya keindahan musim semi dan semangat baru bagi masyarakat Tionghoa.

Baca juga   Tingkatkan Jaringan Irigasi, Temanggung Peroleh DAK Rp10,2 M

Menurut pengakuan salah satu penjual, Aken mengatakan bunga Mei Hua dengan corak warna-warni menjadi incaran yang saat ini paling dicari oleh para pembeli.

Pohon yang berhiaskan bunga Mei Hua dijual dengan kisaran harga yang cukup terjangkau mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung permintaan dari para pembeli.

Setiap kali menyambut Imlek, Bunga Mei Hua warna-warni dan Tempelan Fu jadi incaran wajib para pembeli. Jadi, mereka bisa pasang bunga nya sendiri di pohonnya.

“Sambilan mengisi waktu, hitung-hitung mereka bisa bangun kreatifitas dengan menghiasi pohon dengan bunga Mei Hua yang berwarna-warni,” ujar Aken, Kamis (13/1/2022).

Ia berharap Tahun Baru Imlek 2573 ini bisa membawa keberkahan bagi usahanya yang sempat mengalami krisis akibat pandemi Covid-19 beberapa tahun belakangan.

Baca juga   Bantuan 100 Konsentrator Oksigen Pemkot Surakarta Diterima Pemkab Boyolali

Ia juga berterimakasih atas kerjasama masyarakat yang turut mendukung program vaksinasi Covid-19 yang dijalankan oleh pemerintah dan pihak lainnya.

Sudah beberapa tahun tidak merayakan Imlek. Pendapatan sempat menurun drastis. Suasana Imlek ketika pandemi pun terasa kurang meriah ketika awal-awal pandemi masuk ke Indonesia.

“Bersyukur sekarang sudah banyak masyarakat yang divaksin, semoga tahun ini bisa jauh membaik. Perayaan Imlek dan Cap Go Meh pun bisa dirayakan dengan rasa aman dan nyaman,” tambahnya.

Selain Bunga Mei Hua, pernak-pernik Imlek lainnya diminati hingga saat ini adalah Tempelan Fu, Angpao, Keranjang Hias Bawang Imlek, Lampu hias, Lampion dan gantungan bernuansa Imlek lainnya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Kemantren Mergangsan dan Forum KTB menggelar Aksi Siaga Bencana dan Donor Darah Kamis (11/11) di Kemantren Mergangsan Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Intensitas Curah Hujan Tinggi, Warga Yogya Diminta Waspada
Bantaran Sungai Tekik di Kampung Ngaglik Kelurahan Giwangan Kemantren Umbulharjo Kota Yogyakarta tampil lebih tertata, bersih dan indah.Jalan di tepi sungai semakin mudah diakses dengan paving block dan pagar besi berderet serta lampu penerangan jalan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Bantaran Sungai Tekik di Kampung Ngaglik Kini Tampil Cantik
(ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww)

Peristiwa

Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun di Jatim
Ganjar Pranowo pada temu wicara dalam rangkaian UKM Virtual Expo (UVO) 2021. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Produk UKM Jateng Berpeluang Masuk Pasar Eropa dan Jepang
Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM melantik 415 pejabat secara virtual di lima lokasi berbeda untuk menghindari terjadinya kerumunan. (Foto: Humas Kab Sukoharjo)

Peristiwa

Bupati Sukoharjo Lantik 415 Pejabat Secara Virtual
Acara sosialisasi Bhineka Tunggal Ika di Kantor Kapanewon Gamping bertujuan untuk meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Danramil Gamping Hadiri Sosialisasi Bhineka Tunggal Ika
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyerahkan bantuan kepada dua orang warga korban musibah kebakaran di Kelurahan Notoprajan, Kemantren Ngampilan, Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Wakil Walikota Yogyakarta Serahkan Bantuan Korban Kebakaran
Sisi barat selasar Malioboro ini biasanya dipenuhi lapak pedagan kerajinan dan oleh-oleh. Selama PPKM Level 4 mereka pun patuhi buka sesuai peraturan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Patut Dicontoh! PKL Tertib Jalankan Aturan PPKM Level 4