Home / Olga

Senin, 10 Januari 2022 - 16:21 WIB

Jelang MotoGP, PLN Pastikan Pasokan Listrik di Sirkuit Pertamina Mandalika

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) mempersiapkan infrastruktur ketenagalistrikan di beberapa lokasi di wilayah tersebut. Hal ini untuk mendukung keandalan pasokan listrik menjelang tes pramusim MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, 13 - 15 Februari 2022 mendatang. (Foro: ANTARA)

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) mempersiapkan infrastruktur ketenagalistrikan di beberapa lokasi di wilayah tersebut. Hal ini untuk mendukung keandalan pasokan listrik menjelang tes pramusim MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, 13 - 15 Februari 2022 mendatang. (Foro: ANTARA)

NYATANYA.COM, Lombok Tengah – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) mempersiapkan infrastruktur ketenagalistrikan di beberapa lokasi di wilayah tersebut. Hal ini untuk mendukung keandalan pasokan listrik menjelang tes pramusim MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, 13 – 15 Februari 2022 mendatang.

“PLN berkomitmen untuk menghadirkan layanan zero down time (ZDT) atau listrik tanpa kedip pada gelaran MotoGP, seperti pada event World Superbike (WSBK) pada November 2021,” kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasiran, melalui keterangan tertulisnya, Minggu (9/1/2022).

Untuk merealisasikan layanan ZDT, kata Lasiran, pihaknya telah melakukan beberapa persiapan, di antaranya adalah inventarisasi ulang kebutuhan material dan juga peralatan cadangan, pengerjaan beberapa pekerjaan sipil, pemasangan kabel di beberapa titik dan mobilisasi beberapa peralatan ke sirkuit.

Baca juga   Proliga 2022, Gresik Petrokimia Libas BJB Tanda Mata 3-1

PLN juga masih menggunakan konfigurasi jaringan pada saat WBSK. Sumber pasokan listrik dari dua gardu induk (GI), yakni GI Kuta dan GI Sengkol.

“Sebanyak 18 unit genset, 17 unit Uninterruptible Power Supply dan enam unit gardu bergerak akan tetap kami siapkan sebagai peralatan back-up apabila terjadi gangguan pada suplai utama,” ujarnya.

PLN, kata Lasiran, juga terus berkoordinasi dengan Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) selaku pengelola Sirkuit Pertamina Mandalika, terutama yang terkait dengan titik-titik di area sirkuit yang memerlukan aliran listrik.

Pada gelaran WSBK, PLN menyiapkan pasokan listrik di enam lokasi tersebar, yakni main pit building, observation deck, medical center, bright sore, race control dan juga TV compound.

“Terdapat satu lokasi tambahan yang harus dipersiapkan kebutuhan listriknya oleh PLN, yaitu VIP Village. Saat ini, proses penyambungannya sedang dikerjakan oleh tim di lapangan,” ucapnya.

Baca juga   Siti Mahmudah Bertekad Raih Emas pada Peparnas XVI Papua

Lasiran menamnahkan di sisi pembangkitan, PLN juga memastikan bahwa kondisi sistem dalam status normal.

Saat ini beban puncak Sistem Kelistrikan Lombok adalah 264 mega Watt (MW) dengan daya mampu pembangkit adalah sebesar 329 MW. Terdapat cadangan daya sebesar 65 MW yang masih dapat digunakan oleh masyarakat.

Tak hanya kelistrikan di area sirkuit saja, PLN juga mempersiapkan keandalan kelistrikan pada fasilitas pendukung seperti hotel, masjid yang berada di daerah Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

“PLN juga telah menyiapkan personel dan juga peralatan pendukung yang akan siaga selama pelaksanaan MotoGP,” kata Lasiran.

(*/N1)

Sumber: INfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Sebanyak 42 pelari elite nasional saling bersaing menjadi yang terbaik menaklukkan rute 42,5 km di kawasan Candi Borobudur Magelang, Sabtu (27/11/2021) dalam event Borobudur Marathon. (Foto: Humas Jateng)

Olga

Ganjar dan Menpora Lepas Elite Race Borobudur Marathon 2021
(Foto:nyatanya.com/KOI)

Olga

Ini Dia Logo Baru Tim Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020
Lifter putri Lampung Fena Yuliana melakukan angkatan "clean and jerk" pada kelas 76 kg PON Papua di Auditorium Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Jumat (8/10/2021). Lifter putri Jawa Tengah Diah Ayu P berhasil meraih medali emas dengan total angkatan 215 Kg sementara medali perak diraih lifter Lampung Fena Yuliana dengan total angkatan 197 Kg. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj)

Olga

Klasemen Sementara PON XX, Papua Terlempar dari Tiga Besar
Pebasket putra Bali I Putu Bagus Arya (kiri) berusaha melewati pebasket putra Sulawesi Utara Victory Jacob (kanan) pada pertandingan babak penyisihan basket putra 5x5 PON Papua di GOR Mimika Sport Centre, Selasa (5/10/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/tom)

Olga

Duel Seru Kejar Tiket Semifinal Basket
Tim Sepak Taraw Putri membawa pulang medali emas usai menang di laga final melawan Jawa Barat. (Foto: Humas Jateng)

Olga

Tim Sepak Takraw Putri Jateng Raih Medali Emas PON XX
Lapangan Karang Kotagede Yogyakarta kini punya wajah baru. Pemkot Yogyakarta telah membangun penataan Lapangan Karang Kotagede pada tahun 2021 dengan nilai kontrak sekitar Rp6,3 miliar dari APBD. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Olga

Lapangan Karang Kotagede Kini Punya Wajah Baru, Begini Penampakannya
Atlet kursi roda putri DKI Jakarta Maria Goreti Samiyati memacu kecepatan pada babak final balap kursi roda 1.500 meter putri klasifikasi T54 Peparnas Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (8/11/2021). Maria Goreti Samiyati berhasil memecahkan rekor nasional 1.500 meter putri klasifikasi T54 dengan catatan waktu empat menit 28,65 detik. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nym)

Olga

Rekor Baru Bermunculan dari Atletik dan Renang Peparnas 2021
Garuda Indonesia resmi menjadi Official Airline, serta mendukung secara penuh seluruh rangkaian kegiatan Liga Indonesia Baru selama 3 tahun kedepan. (Foto : Garuda Indonesia)

Olga

Garuda Resmi Jadi Official Airline Liga Indonesia Baru