Home / Peristiwa

Kamis, 2 Desember 2021 - 16:14 WIB

Jelang Nataru, Petugas Gabungan Pantau Stok Pangan dan Harga Sembako

Jajaran Polres Blora bekerja sama dengan Kodim 0721 dan Pemkab Blora aktif memantau ketersediaan bahan pangan serta perkembangan kenaikan harga sembako di pasaran. (Foto:MC Kab. Blora/Teguh)

Jajaran Polres Blora bekerja sama dengan Kodim 0721 dan Pemkab Blora aktif memantau ketersediaan bahan pangan serta perkembangan kenaikan harga sembako di pasaran. (Foto:MC Kab. Blora/Teguh)

NYATANYA.COM, Blora – Menjelang Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Polres Blora Polda Jawa Tengah telah mengambil beberapa langkah strategis.

Tidak hanya terkait dengan upaya persuasif dalam hal keamanan dan ketertiban dibarengi dengan langkah menekan pencegahan penyebaran Covid-19 tetapi juga aspek lainnya.

Terkini, jajaran Polres Blora bekerja sama dengan Kodim 0721 dan Pemkab Blora aktif memantau ketersediaan bahan pangan serta perkembangan kenaikan harga sembako di pasaran.

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan kenaikan harga maupun permainan para spekulan yang dikhawatirkan dapat menimbulkan kelangkaan barang menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Tak hanya itu, petugas gabungan di Blora juga intensif mengingatkan warga agar waspada terhadap peredaran uang palsu menjelang Nataru.

Seperti yang dilakukan oleh petugas gabungan di wilayah Kecamatan Blora yang terdiri dari Bhabinkamtibmas Kelurahan Kauman Polsek Blora Bripka Achmad Nur Kholik bersama Babinsa Koramil Peltu Sunarto dan Kepala Kelurahan Kauman Uki Martin Andhana, melakukan pemantauan harga sembako di kawasan pertokoan di jalan Gatot Subroto Blora, Kamis (2/12/2021).

Baca juga   Jelang Ramadan, Dharma Pertiwi Koorcab DIY Daerah D Bagikan Sembako

Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK melalui Kasi Humas Iptu Budi Yuwono mengatakan, pada dasarnya kegiatan tersebut untuk mengantisipasi pelanggaran maupun kejahatan yang terjadi menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Salah satu tugas Polri adalah menjamin Kamtibmas yang kondusif, menjelang, pada saat, hingga pasca Nataru. Pengecekan harga sembako dipasaran untuk memastikan bahwa tidak ada kelangkaan barang, serta aksi para spekulan yang dapat merugikan masyarakat,” ujar Iptu Budi Yuwono.

Masih kata Iptu Budi Yuwono, Polres Blora tidak akan segan menindak tegas para spekulan yang sengaja menimbun sembako sehingga terjadi kenaikan harga untuk mengeruk keuntungan pribadi yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat.

Selain di kawasan Kota Blora, di wilayah pedesaan pun, petugas TNI Polri aktif melakukan pantauan. Seperti di Kecamatan Jiken, Bhabinkamtibmas dan Babinsapun ikut melakukan pemantauan stok sembako dan harga pangan di pertokoan tradisional.

Baca juga   Kulon Progo Raih Penghargaan Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021

Salah satunya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas desa Ketringan Polsek Jiken Bripka Nyamat Ari Widodo dan Babinsa Serka Sutoyo.

Dari pantauan petugas di lapangan, harga sembako di Kabupaten Blora saat ini masih relatif stabil dan tidak ditemukan kenaikan harga yang signifikan.

Adapun pantauan harga seperti beras berada pada kisaran Rp10.950, minyak goreng kisaran Rp18.000, tepung terigu kisaran Rp7.500, gula kisaran Rp11.900, Bawang Merah kisaran Rp13.000.

Bawang Putih kisaran Rp20.000, Cabai Merah kisaran Rp30.000 serta Cabai Rawit kisaran Rp. 28.000 dan Cabai Ijo kisaran Rp13.000.

“Harapan kita semua, menjelang Nataru harga tetap stabil dan stok masih mencukupi kebutuhan masyarakat. Dan kepada mereka, kita imbau agar waspada terhadap peredaran uang palsu menjelang Nataru,” terang Iptu Budi Yuwono.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Foto: Dok.KKP

Peristiwa

KKP Gagalkan Jual Beli Telur Penyu Lewat Facebook, Satu Orang Ditetapkan Tersangka
Kelima pelaku penembakan istri TNI di Semarangg ditangkap. Foto: Ist

Peristiwa

Ini Tampang Pelaku Penembakan Istri TNI di Semarang, 4 Orang Ditembak Kakinya
Kasat Lantas Polres Demak AKP Fandy Setiawan menyampaikan, kegiatan ‘Operasi Knalpot Brong’ dilakukan menindaklanjuti adanya laporan masyarakat terkait banyaknya motor dengan knalpot yang menimbulkan suara bising di jalanan Kota wali. (Foto: MC Demak)

Peristiwa

Puluhan Sepeda Motor Knalpot Brong Ditindak Satlantas Polres Demak
Pasar Jongke Solo siap direnovasi. Pasar Jongke pertama kali beroperasi pada tahun 1992. Pasar ini dikenal masyarakat Kota Solo sebagai sentra pusat buah tangan khas Kota Solo seperti beragam makanan dan camilan. (Foto: Humas Pemkot Ska)

Peristiwa

Disiapkan Anggaran Rp170 Miliar, Revitalisasi Pasar Jongke Solo Masuki DED
BPBD Kabupaten Cilacap melakukan evakuasi dan pertolongan terhadap warga yang terdampak banjir. (Foto: BPBD Kabupaten Cilacap)

Peristiwa

Banjir Juga Landa Cilacap, Ratusan Warga di Tiga Kecamatan Mengungsi
Foto: Istimewa

Peristiwa

Sosok Ananda Daffa, Pelajar Berprestasi Korban Klitih di Jalan Gedongkuning Yogya
Dirjen Gakkum KLHK Rasio Ridho Sani menetapkan A (52) sebagai tersangka pengelolaan sampah ilegal di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat dan menetapkan T (43), MS (59) dan G (52) sebagai tersangka kasus pengelolaan sampah ilegal di kota Tangerang, Provinsi Banten. (Foto: Biro Humas KLHK)

Peristiwa

Pelaku Pembuangan Sampah Ilegal di Bekasi dan Tangerang Ditetapkan Jadi Tersangka
Proses pelepasan dan tebar ikan di bendungan. (foto: istimewa)

Peristiwa

Perum Jasa Tirta Tebar 25 Ribu Nila di Bendungan Delingan