Home / Peristiwa

Jumat, 30 Juli 2021 - 09:27 WIB

Jelang Panen, 1.114 Petani dan Pedagang Tembakau Sudah Divaksin

Pelaku pertembakauan Temanggung terima vaksin. (Foto: Diskominfo Jateng)

Pelaku pertembakauan Temanggung terima vaksin. (Foto: Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Temanggung – Sebanyak 1.114 orang petani dan pedagang tembakau di Kabupaten Temanggung sudah menerima vaksinasi Covid-19. Dengan demikian, mereka siap menghadapi perdagangan tembakau saat memasuki musim panen Agustus mendatang.

Divisi Komunikasi Gugus Pertembakauan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Harnani Imtikhandari menyebutkan, target vaksinasi Covid-19 untuk pelaku pertembakauan di daerahnya sekitar 1.500 orang. Hingga saat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung sudah melaksanakan vaksinasi kepada 1.114 orang yang dilakukan di Puskesmas terdekat.

“Pelaku pertembakauan sudah mendapatkan vaksin dari Pemkab Temanggung. Harapannya mereka sudah siap menghadapi situasi niaga tembakau di tengah pandemi ini, karena sudah divaksin,” ujar Harnani dalam keterangan resminya, Kamis (29/7/2021).

Baca juga   Sahabat Ganjar Magelang Rutin Gelar Jumat Bersih

Menurut Harnani, panen tembakau tahun ini di Temanggung cukup bagus, dengan potensi panen mencapai 17 ribu hektare. Perkiraan produksi mencapai 14 ribu ton. Rencananya pembukaan perdagangan tembakau akan dimulai pekan pertama Agustus mendatang. Selanjutnya Pemkab Temanggung akan terus melakukan pemantauan.

“Insyaallah minggu pertama Agustus akan slametan buka gudang,” ujarnya.

Perniagaan tembakau tahun ini akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Informasi yang diterima Harnani, pihak perwakilan pabrik rokok akan menerapkan aturan bagi yang masuk harus membawa bukti telah divaksin dan melakukan rapid tes. Hal itu guna mencegah penularan Covid-19.

Baca juga   Pelamar CASN di Magelang Tembus Tujuh Ribu Orang, Formasi Kesehatan Minim Peminat

“Karena kabarnya Gudang Garam akan menerapkan aturan, yang masuk harus bawa bukti vaksin dan rapid tes,” katanya.

Ditambahkan, rapid tes bisa dilakukan di pusat kesehatan terdekat atau di lokasi perwakilan pabrikan. Pemkab Temanggung terus membuka diri dengan memberikan dukungan, guna memastikan usaha sehat dengan vaksinasi, untuk yang belum tersasar sampai Agustus mendatang. (*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi penyaluran Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM). (Foto: HUmas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Kembali Salurkan BPUM Rp1,2 Juta bagi UMKM
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi melaunching Kelurahan Giwangan, Kampung Tangguh Melawan Narkoba. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Kelurahan Giwangan Kini Jadi Kampung Tangguh Melawan Narkoba
Sri Sultan Hamengku Buwono X melakukan peletakan batu pertama pembangunan kampus UWM berbasis budaya. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

UWM Bakal Miliki Gedung Baru Kampus Berbasis Budaya
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X secara simbolis menanam pohon pencanangan Agroforestry di Alas Pengkol Sriharjo Imogiri Bantul. (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Hutan Tematik Agroforestry Dibangun di Kawasan Alas Pengkol
Sebanyak 37.792 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Temanggung menerima pencairan Bansos dari Program Keluarga Harapan (PKH) tahap ketiga. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

37.792 KK di Temanggung Terima Bansos PKH
Pemkab Pekalongan mendistribusikan paket bantuan budidaya lele melalui program laboratorium kemiskinan. (Foto: Dinkominfo Kabupaten Pekalongan)

Peristiwa

Budidaya Lele Jadi Pilihan Program Laboratorium Kemiskinan
Ganjar Pranowo dan istri saat mengunjungi Parang, pulau terluar di Jawa Tengah. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Dikunjungi Ganjar, Bidan Desa Parang Minta Ambulans Laut
Semua pasar tradisional yang ada di Kabupaten Klaten hanya akan buka sampai pukul 14.00 WIB. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Selama PPKM Darurat, Semua Pasar Tradisional Klaten Tutup Pukul 14.00 WIB