Home / News

Kamis, 21 Juli 2022 - 10:24 WIB

Jelang Penghentian Siaran Analog, Pemkab Klaten Verifikasi Calon Penerima Bantuan STB

Untuk mendapat manfaat siaran TV yang berkualitas, masyarakat diimbau segera beralih ke siaran TV Digital. Untuk dapat menonton siaran TV digital, masyarakat perlu menyesuaikan perangkat TV yang dimilikinya. (Foto: Elvira/InfoPublik)

Untuk mendapat manfaat siaran TV yang berkualitas, masyarakat diimbau segera beralih ke siaran TV Digital. Untuk dapat menonton siaran TV digital, masyarakat perlu menyesuaikan perangkat TV yang dimilikinya. (Foto: Elvira/InfoPublik)

NYATANYA.COM, Klaten – Menjelang penghentian siaran terestrial analog atau analog switch off (ASO), calon penerima bantuan set top box (STB) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Kabupaten Klaten mulai diverifikasi.

Verifikasi dilakukan oleh masing-masing pemerintah desa di delapan kecamatan, yakni Gantiwarno, Jogonalan, Klaten Tengah, Bayat, Cawas, Trucuk, Wedi, dan Prambanan. Proses verikasi telah berlangsung sejak Jumat (15/7/2022) dan ditargetkan rampung pada Jumat (22/7/2022).

Subkoordinator Komunikasi Publik Diskominfo Klaten Pinandita Bima Mahendra mengatakan, dalam melakukan verifikasi dan validasi calon penerima bantuan STB, Diskominfo Klaten berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes). Adapun data acuan yang digunakan adalah data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial (Kemensos).

Baca juga   Joko Widodo "Mbrebes Mili" Divaksin di Depan Presiden

“Setelah selesai verifikasi dan validasi, data akan kami kirimkan ke Kementerian Kominfo untuk ditindaklanjuti. Selanjutnya bantuan akan didistribusikan sesuai dengan nama dan alamat penerima,” paparnya, Selasa (19/7/2022).

Diterangkannya, verifikasi dan validasi tersebut dilakukan agar bantuan tepat sasaran, yaitu satu KK menerima satu STB. Namun apabila dalam verifikasi dan validasinya ditemukan lebih dari satu calon penerima dalam satu rumah, maka hanya diambil salah satunya.

“Sesuai petunjuk teknis yang kami terima, disebutkan bantuan hanya berupa satu STB untuk satu rumah. Artinya untuk satu pesawat TV saja,” katanya.

Baca juga   Bupati Klaten Serahkan Bantuan Motor Roda Tiga untuk 23 Klomtan

Sementara itu, Kepala Diskominfo Klaten Amin Mustofa mengimbau masyarakat Kabupaten Klaten yang masih menggunakan TV analog untuk beralih menggunakan TV digital atau menggunakan STB secara mandiri. Hal ini sehubungan penerapan ASO di wilayah Klaten dijadwalkan mulai 25 Agustus mendatang bersama dengan wilayah DI Yogyakarta.

“Untuk masyarakat mampu, silahkan membeli STB yang bersertifikat Kominfo secara mandiri, baik di market place daring maupun toko-toko penyedia unit STB. Sehingga permintaan STB tidak krodit saat ASO diterapkan,” ungkapnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

News

Balai Kota Yogya Jadi Kawasan Wajib Masker dan Vaksin
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dalam Rapat Penanganan Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

News

Perketat Perizinan, Pemkab Kebumen Bentuk 6 Tim Khusus
Logo Pemerintah Kabupaten Sleman. (nyatanya.com)

News

Bupati Sleman: Di Rumah Saja untuk Memutus Rantai Penyebaran Covid-19
Tersangka tragedi Kanjuruhan saat di Mapolda Jatim. Foto: Ist/selalu.id

News

Polisi Tahan 6 Tersangka Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang
Presiden Jokowi meresmikan mobil listrik pertama buatan Indonesia. Kendaraan tersebut, diproduksi oleh perusahaan mobil besar asal Korea Selatan (Korsel) PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dengan nama merek Ioniq 5. (Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube Setpres)

News

Presiden Jokowi Luncurkan Mobil Listrik Pertama Buatan Indonesia
Foto: Angkasa Pura II

News

Mulai Besok, Terminal 1 Bandara Soetta Beroperasi Penuh Lagi
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati meresmikan Rumah Sakit Sukowati Tangen (RSST) Sragen, Kamis (23/6/2022). Foto: Diskominfo

News

RS Sukowati Tangen Diresmikan, Kini Sragen Miliki Tiga RSUD
Polda Jateng mengamankan empat orang dari salah satu aplikasi pinjol ilegal. Satu orang di antaranya telah ditetapkan menjadi tersangka. Lainnya, masih berstatus sebagai saksi. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Tangkap 4 Pelaku, Polda Jateng Tertibkan 34 Pinjol Ilegal