Home / News

Rabu, 29 September 2021 - 10:21 WIB

Jelang PON, Stok Ikan dan Daging di Klaster Merauke Mencukupi

Jumpa pers ketersediaan dan terpenuhinya ikan dan daging di Merauke menjelang pelaksanaan PON, di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Merauke. (Foto:MCKominfo)

Jumpa pers ketersediaan dan terpenuhinya ikan dan daging di Merauke menjelang pelaksanaan PON, di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Merauke. (Foto:MCKominfo)

NYATANYA.COM, Merauke – Kabupaten Merauke menjadi satu dari empat klaster tempat berlangsungnya perhelatan ajang olahraga multievent Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan digelar pada 2 Oktober- 15 Oktober 2021.

Di klaster Kabupaten Merauke akan dipertandingkan cabang olahraga (cabor) Wushu, Sepak Bola Putri, Anggar, Catur, RoadRace, Gulat, dan Motor Cross.

Sebagai tuan rumah, Kabupaten Merauke terus menggenjot persiapan mulai dari pembukaan hingga penutupan PON tersebut. Sebagai tuan rumah, pemangku kepentingan di Kabupaten itu pun ikut terlibat mensukseskan penyelenggaraan kegiatan akbar itu, salah satunya adalah memastikan ketersediaan dan terpenuhinya ikan dan daging.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Merauke, Suhono Suryo menyatakan dinas itu sudah siap memenuhi kebutuhan pangan (ikan dan daging) dalam rangka pelaksanaan PON.

“Dinas Perikanan juga telah menyediakan gudang-gudang penyimpanan ikan dengan total kapasitas sekitar 2.250 ton. Secara umum, kami sudah siap mendukung event tersebut,” ujar Suhono saat jumpa pers di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Merauke, Selasa (28/9/2021).

Khusus soal potensi perikanan, Sahono menjelaskan kabupaten itu memiliki potensi yang sangat besar, baik di perairan laut maupun perairan umum, sehingga kebutuhan ikan selama penyelenggaraan PON dipastikan akan tercukupi.

Baca juga   Kontingen PON DIY: Mangkat Bregas, Main Trengginas, Mborong Emas, Mulih Waras

Suhono menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan potensi perairan umum adalah potensi perikanan danau, rawa, sungai atau genangan air lainnya. Potensi perairan umum itu terdapat dan menyebar di 20 distrik yang ada di Kabupaten Merauke.

“Jadi 10 distrik di pesisir dan 10 di perairan umum. Ini merupakan sumber potensi yang sangat besar di Kabupaten Merauke,” ujarnya.

Menurut dia, potensi yang tersedia berupa ikan kakap, kepiting, udang, cumi, ikan hias arwana dan lainnya. Untuk di perairan laut, tersedia ikan bandeng, kakap, udang, cumi dan lainnya.

Selain itu, Kabupaten Merauke juga telah memiliki tiga kawasan sentra produksi perikanan. Bahkan keberadaan Balai Ikan di Wasur dan fasilitas perikanan lainya pun siap digunakan untuk mendukung PON Papua, khususnya di Klaster Merauke.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke, Retno P. Handayani. Menurutnya, ketersediaan pangan asal hewan berupa daging, telur dan susu akan tercukupi selama pelaksanaan PON Papua, khususnya di klaster Merauke.

Pihaknya pun terus melakukan pemantaauan dan menyampaikan kepada pelaku usaha untuk mempersiapkan kebutuhan yang berkualitas dan higienis. “Dalam hal ini daging ayam, telur dan daging sapi,” jelas Retno.

Baca juga   Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gunungkidul, Tidak Berpotensi Tsunami

Untuk ketersediaan, para pelaku usaha mendatangkan sebagian daging ayam dari Surabaya. “Ketersediaan untuk PON ini sekitar 1.000 ton. Bahan pangan itu siap dan berada di rekanan pemda (perusahaan),” kata Retno.

Untuk menjaga kualitasnya, pihaknya pun telah melakukan audit dan pemeriksaan terkait mutu dan kualitas sehingga keamananan pangan yang akan dikonsumsi oleh masyarakat selama penyelenggaraan PON ini bisa terjamin dari segi kesehatan.

Sedangkan untuk daging sapi, pihaknya merekomendasikan hanya daging sapi lokal yang disediakan selama PON berlangsung. Stok daging sapi di Merauke pun dirasa cukup. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan semangat masyarakat untuk berternak.

“Kami tidak merekomendasikan daging yang dari luar. Pertimbangan pertama karena daging dari luar kita tidak tahu penyakitnya seperti apa. Kedua kami ingin peternak di Merauke bisa diberdayakan,” jelas dia.

Begitupun dengan ketersediaan telur, Retno menyatakan bahwa produksi telur di Merauke cukup melimpah. “Untuk PON ini yang akan digunakan adalah telur ayam produksi lokal, karena dari sisi kualitas pasti jauh lebih baik, karena produksinya baru saja dilakukan,” ujar Retno. (*)

Share :

Baca Juga

Penampakan visual Gunung Merapi, Senin (16/8/2021) pukul 08.45 WIB. (Foto:BPPTKG)

News

Gunung Merapi Kembali Bergolak, Hujan Abu di Sebagian Wilayah
Sebagai vaksinator, Bupati Yuni mengapresiasi warga lansia Desa Slendro karena punya semangat tinggi untuk divaksin. (Foto: Diskominfo Sragen)

News

Bupati Sragen Turun Langsung Vaksinasi Lansia
Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) tersebut dipindahkan dari lahan milik masyarakat seperti areal persawahan, perkebunan, hingga tepi jalan umum ke Monumen Juang. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

Disparbudpora Klaten Selamatkan 11 Objek Diduga Cagar Budaya
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

1.038 Kasus Positif Covid-19 di DIY, Sembuh Hari Ini
Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko, didampingi Kasubdit II Ditresnarkoba Kompol James, saat merilis hasil ungkap Narkotika jenis Sabu jaringan Malaysia. (Foto: MC Prov Jatim)

News

Polda Jatim Tangkap Pengedar Sabu Jaringan Malaysia
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Jaga Kestabilan Ekspor, Sri Sultan Minta Percepat Barcode 75 Perusahaan Usulan
Ribuan batang rokok ilegal kembali ditemukan Tim Penegakan Hukum Kabupaten Demak bersama Bea Cukai Semarang saat pelaksanaan Operasi Non Yustisial Pengumpulan Informasi Barang Kena Cukai (BKC), Selasa (12/10/21) di Pasar Guntur. (Foto:Kominfo Demak/ist)

News

Tim Gempur Rokok Ilegal Sita 3.576 Batang Rokok Bercukai Palsu
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

PPKM Darurat, Mobilitas DIY Turun di Atas 10%