Home / Plus

Kamis, 28 Juli 2022 - 10:59 WIB

Jelang Purna Tugas, Ratusan ASN Pemkot Yogya dapat Motivasi dan Pelatihan

Sebanyak 110 PNS pra purna yang mengikuti pembekalan yang diselenggarakan BKPSDM Kota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

Sebanyak 110 PNS pra purna yang mengikuti pembekalan yang diselenggarakan BKPSDM Kota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogyakarta menggelar pembekalan terhadap para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang hendak memasuki masa purna tugas.

Pembekalan tersebut bertujuan agar calon purna tugas menjadi lebih siap. Ada Sebanyak 110 PNS pra purna yang mengikuti pembekalan tersebut.

“Acara ini diikuti 110 orang untuk purna tugas bulan September hingga bulan Desember 2022 serta bulan Januari 2023,” beber Kepala BKPSDM Kota Yogya, Dedi Budiono di Griya Persada Convention Resort, Rabu (27/7/2022).

Sebagai informasi batas usia pensiun PNS di usia 58 tahun, kecuali PNS kelompok jabatan fungsional tertentu seperti guru dan dokter batas usia pensiunnya bisa mencapai 60 tahun.

Dedi berpesan kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan baik.

Baca juga   Gayeng Lur! Koesplusan Selasa Wagen di Museum Sonobudoyo

“Dengan pembekalan ini kiranya para peserta dapat saling bertukar informasi, yang akan sangat bermanfaat menambah wawasan, relasi dan juga persaudaraan baru, serta memberikan alternatif pemecahan masalah yang PNS hadapi pada masa purna tugas,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut para peserta juga diberikan pelatihan ketrampilan dan kewirausahaan tematik seperti perikanan, perkebunan, dan tata boga.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya menyambut baik acara tersebut, menurutnya pembekalan tersebut sangat diperlukan, karena dengan pembekalan tersebut para karyawan pra purna mendapatkan informasi tentang bagaimana menyesuaikan diri setelah purna nantinya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan pembekalan tersebut para peserta dapat termotivasi, sehingga dapat menggali kreativitas yang mungkin belum tereksplorasi pada saat masih menjadi ASN karena kesibukan pekerjaan.

Baca juga   Meriahnya Penutupan Pameran JSSP 5, Ini Pemenang Lomba Foto dan Video JSSP 5

Hal ini akan menjadi sangat bermanfaat untuk kesejahteraan di masa pensiun nanti sehingga kecenderungan ‘post power syndrome’ tidak akan terjadi, atau minimal dapat berkurang.

“Dengan adanya acara ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam berkaitan hak dan kewajiban yang melekat bagi calon purna tugas ASN Pemkot Yogyakarta,” bebernya.

Pada kesempatan tersebut, Aman juga mengajak para calon pensiunan untuk mulai memikirkan dan menjalankan dunia wirausaha.

“Ketika kita pensiun bukan berarti kita tidak produktif lagi, dunia wirausaha merupakan pilihan yang tepat untuk para pensiunan, Kuncinya kita harus sungguh-sungguh dan memulai dari hal yang kecil, InsyaAllah akan banyak manfaatnya jika kita berwirausaha,” ujarnya.

(Han/N1)

Share :

Baca Juga

Serma Acip Mulya (Foto: istimewa)

Plus

Sembuh Jalani Terapi Buta Warna di Klinik Banyu Urip, Serma Acip Bangga Sang Adik Jadi Penerusnya 
WKRI Magelang dalam kunjungannya ke PT Tarumartani Yogyakarta dalam rangka napak tilas pendiri WKRI, Maria Sulastri. (Foto: Istimewa)

Plus

WKRI Magelang Napak Tilas ke Tarumartani Yogyakarta
Sarasehan forum bank sampah Kemantren Pakualaman, Rabu (7/12/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Bebas Sampah Anorganik di 2023, Pemkot Yogya Dorong Penambahan Bank Sampah di Wilayah
Syawalan Dekranasda, di Graha Pandawa Balaikota, Sabtu (21/5/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Dekranasda Kota Yogya Terus Dorong Pelaku UMKM Lebih Kreatif
Dinperinkop UKM Kota Yogyakarta kembali melaunching sentra IKM untuk Kemantren Kraton, Danurejan, dan Mergangsan. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Produk Sentra IKM Kota Yogya Targetkan Pasar Ekspor
Ircham Latif mulai serius tekuni miniatur truk oleng. Foto: MC TMG

Plus

Jajaki Usaha Miniatur Truk Oleng, Produk Asal Desa Mento Ini Sudah Rambah Luar Jawa
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen saat menghadiri Pameran Batikraft di Mal Ciputra Semarang, Kamis (3/11/2022). Foto: Humas Jateng

Plus

Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Gus Yasin Minta Gencarkan Pembelian Produk Lokal
Kupat atau ketupat bagi orang Jawa memiliki makna simbolis. (Foto:MC Kab Blora/Teguh)

Plus

Makna dan Simbol Tradisi Lebaran Ketupat dalam Masyarakat Jawa