Home / News

Selasa, 18 Juni 2024 - 11:52 WIB

Jemaah Haji Mojokerto Laksanakan Wukuf Arafaf

Rombongan jemaah haji kloter Mojokerto berada dalam tenda menjelang laksanakn wukuf. (Foto: Muhammad Sirojuddin

Rombongan jemaah haji kloter Mojokerto berada dalam tenda menjelang laksanakn wukuf. (Foto: Muhammad Sirojuddin

NYATANYA.COM, Makkah – Jemaah haji Indonesia, Sabtu (15/6/2024) memulai prosesi wukuf di Arafah. Adapun waktu wukuf di Arafah dimulai setelah tergelincirnya matahari atau waktu zuhur pada hari Arafah di tanggal 9 Zulhijjah 1445 Hijriah.

“Hari ini 15 Juni, jemaah haji dari seluruh dunia termasuk jemaah haji Indonesia, khususnya pula jemaah haji dari kloter 65 SUB Mojokerto sedang melaksanakan prosesi wukuf di Arafah,” terang Ketua Rombongan¬† haji kloer 65 Mojokerto yang sekaligus koresponden Nyatanya.Com, Muhammad Sirojuddin S.Ag langsung dari Makkah, Arab Saudi.

Baca juga   Hari Ibu, Bukan Mother Days Tetapi Momentum Pergerakan Perjuangan Perempuan

Dilaporkannya, ada sejumlah kegiatan yang dilakukan jemaah selama wukuf. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) akan mengadakan khutbah wukuf dan shalat berjemaah di tenda utama.

Sedangkan di setiap tenda jemaah diselenggarakan oleh para pembimbing utama.

“Khutbah wukuf di tenda utama, setelah khutbah wukuf jemaah melaksanakan shalat berjemaah jama’ qasar Zuhur dan Ashar,” lanjt Muhammad.

Setelah itu, dilakukan dzikir dan doa wukuf. Usai rangkaian ibadah ini, jemaah dapat melaksanakan ibadah mandiri. Lalu pukul 19.00 WIB, jemaah melaksanakan shalat berjamaah jama’ qasar Maghrib dan Isya.

Baca juga   Begini Kondisi Rumah Warga yang Tertimbun Abu Vulkanik Gunung Semeru

 “Selanjutnya jemaah siap berangkat ke Muzdalifah,” tuturnya.

Berkaitan hal ini, PPIH kloter 65 Mojokerto juga mengimbau jemaah memanfaatkan kesempatan terbaik dalam hidupnya selama wukuf di Arafah dengan memperbanyak dzikir, membaca talbiyah, mengagungkan kalimat tauhid, dan membaca Al-Qur’an.

Di sela-sela zikir, selingi dengan berdoa mengingat Arafah adalah tempat mustajab atau terkabulnya doa.

“Yakini bahwa doanya selama di Arafah dikabulkan oleh Allah dan dosanya diampuni. Bertafakur merenungi kebesaran Allah, berserah diri, dan mengharap pertolongan Allah,”  pungkas Muhammad.  (Laporan langsung Muhammad Sirojuddin)

Share :

Baca Juga

Stafsus Menkominfo, Rosarita Niken Widiastuti, mewakili Menteri Kominfo Johnny G Plate dalam konferensi pers Penyampaian Jadwal Penghentian Siaran TV Analog atau Analog Switch Off (ASO) di Wilayah Jabodetabek, pada Jumat (23/9/2022). Foto: Amiri Yandi/InfoPublik

News

Siaran TV di Jabodetabek Resmi Beralih ke Digital pada 5 Oktober 2022
Ilustrasi. Kementerian Kesehatan menambah jumlah imunisasi rutin wajib di Indonesia yang merupakan program pemerintah, dari 11 vaksin menjadi 14 vaksin. (Foto: Kemenkes)

News

Kemenkes Tambah Jumlah Imunisasi Rutin, dari 11 Menjadi 14 Vaksin, Apa Saja Ya?
Presiden Jokowi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-AS di Washington DC, Amerika Serikat. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

News

Hambat Kemajuan Negara Berkembang, Presiden Jokowi: Hentikan Perang Sekarang Juga
Ellyn Subiyanti, Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) DIY. Foto: Ist

News

Ini Harapan Warga Tionghoa Yogyakarta kepada Pj Wali Kota, Diungkap Ketua PSMTI
Pedagang melintas di dekat iklan layanan masyarakat tentang imbauan vaksin di kawasan Gambir, Jakarta, Senin (3/1/2022). Presiden Joko Widodo memutuskan pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau "booster vaksin" mulai 12 Januari 2022. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa)

News

Vaksinasi Booster Tersedia Skema Gratis dan Berbayar, Berikut Ketentuannya
Kepala Sekolah SD N 2 Genengsari Kecamatan Wonosamodro Wahid Sri Wahyono menujukan jendela yang pecah. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

News

SD Negeri 2 Gunungsari Dirusak Orang Tak Dikenal, 37 Kaca Jendela Hancur
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: ANTARA)

News

Begini Sikap Indonesia Terhadap Konflik Rusia-Ukraina
Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Nicolas Ari Lilipaly. (Dok.Polres Metro)

News

Opo Tumon! Ibu Kandung Rekam Persetubuhan Anak dan Pacarnya, Ini Motifnya