Home / News

Rabu, 12 Juni 2024 - 18:10 WIB

Jemaah Kloter Mojokero Terima Pembekalan Pengaturan Haid dari Tim Kesehatan

Tim dokter memberikan pembekalan materi terkaid masa haid kepada jemaah kloter 65 Mojokerto.  (Foto: Muhammad Sirojuddin)

Tim dokter memberikan pembekalan materi terkaid masa haid kepada jemaah kloter 65 Mojokerto. (Foto: Muhammad Sirojuddin)

NYATANYA.COM, Makkah – Haid adalah perdarahan yang rutin terjadi pada perempuan dengan kesehatan normal. Pada hari-hari biasa, perdarahan yang siklusnya berulang setiap 21-35 hari itu tidak menimbulkan gangguan atau hambatan berarti, tapi tidak demikian ketika seorang perempuan melaksanakan ibadah haji.

Muslim perempuan yang sedang haid saat berhaji dilarang melakukan thawaf, shalat wajib dan sunah, berdiam di masjid serta membaca Al Quran dan hanya boleh melakukan sa`i, wuquf di Arafah, mabit, melontar jumroh, memotong rambut dan berdoa.

Baca juga   Antisipasi Kepadatan Arus Balik, Mulai Hari Ini ASN Lakukan WFH

Hal ini disampaikan dokter Nanda, dokter Agy serta Agus seorang perawat pada acara pembekalan menjelang Wukuf Arafah kepada para jemaah calon haji perempuan kloter 65 SUB Kabupaten Mojokerto, Rabu (12/6/2024).

Ketua rombongan haji kloter 65 SUB Mojokerto yang sekaligus koresponden Nyatanya.Com Muhammad Sirojuddin S.Ag melaporkan langsung dari Kota Makkah, Arab Saudi, bahwa para jemaah haji perempuan dari kloter 65 Mojokerto menjelang puncak ibadah haji mendapatkan pembekalan materi pengaturan haid saat melaksanakan haji.

Baca juga   Kementerian dan Ekosistem BUMN Siap Dukung Agenda Presidensi G20 Indonesia

“Seluruh jemaah calon haji sebelum melaksanakan ibadah wukuf menerima pembekalan, termasuk calon jemaah haji perempuan. Dalam pembekalan yang disampaikan oleh tim medis/kesehatan kali ini, materi yang diberikan terkait masa haid,” lapor Muhammad.  (Laporan langsung Muhammad Sirojuddin)

Share :

Baca Juga

Kepala BMKG, Dwikorita menerangkan ada tiga titik rawan bencana terutama banjir di Tol Cipali saat libur Nataru. Foto: Ist

News

BMKG: Ini Tiga Titik Rawan Banjir di Tol Cipali yang Perlu Diwaspadai Saat Libur Nataru
Foto: Ilustrasi/Kominfo

News

Bersama Grab dan Good Doctor, Pemda DIY Kembali Gelar Vaksinasi Massal
Menkeu Sri Mulyani Indrawati. Foto: InfoPublik

News

Cair Juli 2022, Seluruh Aparatur Negara dan Pensiunan Bakal Terima Gaji ke-13
vaksinasi di pondok pesantren adalah bagian dari menyambut pelaksanaan pembelajaran tatap muka. (Foto: Humas Jateng)

News

Pemprov Salurkan 5.000 Dosis Vaksin untuk Ponpes di Jateng
Heroe Poerwadi berbincang dengan tenaga medis vaksinasi Covid-19 di wilayah Kelurahan Bener. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Sisir Warga Ber-KTP Yogya, Pemkot Sebar Tim Vaksinasi Covid-19
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi bersama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta melaksanakan pembinaan protokol kesehatan bagi para usaha jasa perhotelan di Kota Yogyakarta, Rabu (22/12/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Jelang Nataru, Pemkot Yogya – PHRI Sidak Penerapan Prokes Usaha Jasa Perhotelan
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Tambah 109 Orang
Ilustrasi obat sirup. Foto: Ist

News

BPOM Cabut Izin Edar 69 Obat Sirup, Ini Daftar Lengkapnya