Home / News

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:36 WIB

Jembatan Senowo di Magelang Kini Jadi Jalur Evakuasi 2 Arah

Foto: Diskominfo Jateng

Foto: Diskominfo Jateng

NYATANYA.COM, Magelang – Jembatan Senowo yang berada di antara Desa Dukun dan Mangunsoko, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, menjadi dua lajur, berkat bantuan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kini, jembatan senilai Rp7,25 miliar dari anggaran bantuan provinsi (Banprov) 2021 itu berfungsi sebagai jalur alternatif Magelang-Boyolali, sekaligus jalur evakuasi bencana erupsi Merapi.

Jembatan yang dulunya sering langganan hanyut akibat lahar dingin itu, sekarang justru mampu mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

Sekretaris Desa Dukun, Yudo Wasito menuturkan, Jembatan Senowo dibangun tahun 2021 bantuan dari Ganjar Pranowo. Saat ini, menjadi akses antarkabupaten.

“Itu menghubungkan antarkabupaten, yakni Magelang-Boyolali-Semarang,” ujarnya, Rabu (10/8/2022).

Dulunya, jembatan tersebut hanya satu jalur, sehingga harus buka-tutup bagi kendaraan roda empat. Kondisi itu mengakibatkan akses jalan tersendat, bahkan mengakibatkan kecelakaan.

“Dulu hanya satu jalur. Untuk kendaraan truk dan yang mengangkut sayur itu harus bergantian karena jalan sempit. Apalagi saat erupsi merapi pasti semrawut. Ada kecelakaan juga karena biasanya itu orang yang belum paham jalur sini, karena jalan yang satu nanjak dan sempit,” paparnya.

Baca juga   Sri Mulyani Tolak Mentah-mentah Tawaran Pembangunan Infrastruktur di Lampung, Ini Alasannya

Setelah dibangun dan menjadi dua lajur, Jembatan Senowo lancar dan bahkan mampu mendorong perekonomian masyarakat.

“Dampaknya banyak, ya memperlancar ekonomi karena mayoritas petani bisa angkut hasil pertanian. Ada juga pasar desa dekat jembatan. Jadi memperlancar evakuasi. Desa Dukun jaraknya 12 kilometer dari puncak Merapi, karena di atas ada beberapa desa, sehingga jalur evakuasi ini sangat vital,” ungkapnya.

Kepala Pasar Desa Dukun, Yazid Aiman menambahkan, pasar yang dikelola merupakan aset desa. Sebelumnya, keberadaan pasar memberi pendapatan asli desa (PAD) Rp12 juta per bulan. Namun, setelah adanya jembatan baru PAD meningkat hingga Rp20 juta per bulan.

“Khususnya untuk pasar sangat berpengaruh. PAD yang awalnya Rp12 juta per bulan, meningkat menjadi Rp20 juta per bulan itu dari retribusi,” katanya.

Baca juga   Semeru Erupsi, Ganjar : Warga Sekitar Merapi Harus Siaga

Selain Pasar Desa, sekitar jarak 300 meter juga terdapat pasar milik kabupaten.

“Ada dua pasar di daerah sini. Sekitar 300 meter ada pasar kabupaten,” imbuhnya.

Sementara, Genduk, pedagang di Pasar Desa Dukun mengaku omzetnya meningkat karena pelanggan bertambah.

“Banyak yang lewat, jadi banyak pembeli. Kalau dulu Rp400 ribu per hari, sekarang bisa dapat Rp700 ribu per hari. Kalau puasa malah sampai Rp1 juta per hari,” tandas pedagang nasi rames itu.

Diketahui, ada dua jembatan di Magelang yang dibangun dari anggaran Banprov. Yakni Jembatan Kali Tangsi di ruas jalan Krasak-Kajoran dan jembatan Kali Senowo ruas Tlatar-Talun Magelang.

Pembangunan dua jembatan tersebut telah dicek langsung oleh Ganjar Pranowo pada 18 Mei 2022 lalu. Hasilnya sangat memuaskan, untuk jembatan Kali Tangsi, anggaran yang digelontorkan sebesar Rp8,45 miliar. Sementara jembatan Senowo membutuhkan anggaran sebesar Rp7,25 miliar.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi, DLH Kota Yogyakarta sedang melakukan penebangan pohon tumbang di wilayahnya. Hingga saat ini ada sekitar 20 pohon tumbang dalam setahun akibat musim penghujan disertai angin. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Warga Kota Yogya Diminta Waspada Pohon Tumbang, DLH Lakukan Antisipasi
Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

‘Testing’ Jateng Lampaui Standar WHO, Ganjar Minta Terus Digenjot
(Foto: Pixabay/beritamagelang)

News

ASN Dilarang Bepergian dan Cuti Selama Periode Nataru, Kecuali…
Pemkot Yogyakarta melalui OPD terkait seperti Dinas Perdagangan (Disdag), Dinas Pertanian dan Pangan (DPP), Satpol PP Kota Yogya melakukan pemantauan kesejumlah toko modern dan swalayan untuk memastikan keamananan bahan pangan menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2021. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Pastikan Keamanan Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru
Foto: dok. Puspenkum Kejagung

News

Kejagung Amankan Buronan Korupsi Proyek Rumah Sakit Tenriawaru Bone
Juru bicara (Jubir) Presidensi G20 Indonesia Maudy Ayunda. (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

News

Jubir Presidensi G20 Indonesia: G20 Jadi Catatan Sejarah Membanggakan Indonesia
Foto: Humas Jateng

News

Terungkap! Pembebasan Lahan Jadi Kendala, Ganjar Bentuk Timsus Percepatan Pembanguan Tol Semarang-Demak
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Waspada! Covid-19 Varian Delta Cenderung Serang Anak-anak