Home / Peristiwa

Jumat, 25 Juni 2021 - 15:35 WIB

JIBB 2021 Resmi Dibuka, Angkat Batik Sebagai Filosofi Tanpa Batas

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X membuka gelaran Jogja International Batik Biennale. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X membuka gelaran Jogja International Batik Biennale. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Agenda dua tahunan, Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2021 resmi dibuka Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Jumat (25/6/2021). JIBB yang kali ini mengusung tema Borderless Batik, akan digelar mulai 25 Juni 2021 hingga 2 Oktober 2021.

“JIBB dengan tema Borderless Batik” dan sub-tema: “From Heritage to Millenial`s Life Style” ini diharapkan dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi berbasis kegiatan membatik dengan beragam ikutannya. Utamanya ditujukan, agar menjadi fashion life style kaum milenial,” jelas Sri Sultan dalam sambutannya di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Sri Sultan yang hadir didampingi GKR Hemas selaku Ketua Dekranasda DIY, menambahkan bahwa kecintaan terhadap batik perlu dihidupkan semenjak dini. “Bukan untuk mendaki puncak gunung Merapi, tetapi puncak pencapaian sosialisasi batik ke seluruh lapisan masyarakat. Misalnya untuk menumbuhkan kecintaan batik sejak dini, dengan program “Batik Goes to School” melalui media digital yang diminati kaum milenial,” urai Sri Sultan.

Baca juga   51 Pasien OTG Asal Klaten Dipindahkan Ke Isolasi Terpusat Donohudan
Grafis: nyatanya.com
Grafis: nyatanya.com

Selain Ketua Dekranasda DIY, hadir pula pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji; Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Aris Riyanta; Kepala Dinas UKM dan Koperasi, Srie Nurkyatsiwi; Ketua JIBB 2021, Gatot Saptadi serta perwakilan Kadin DIY.

Sri Sultan menuturkan perlunya memberikan penghargaan bagi para tokoh inspiratif Penggiat Batik. Selain itu, pada material batiknya sendiri, juga ada kegiatan riset-aksi untuk menggali dan mengkaji Tren Batik Warna, Filosofi Batik, Fashion Batik, Trail Batik, dan sebagainya. Tak lupa, Ngarsa Dalem juga memberikan apresiasi akan ragam kegiatan yang digelar oleh Panitia JIBB 2021 ini, karena secara lebih lengkap mencirikan predikat “Yogyakarta Kota Batik Dunia”.

Baca juga   Namanya Dicatut Akun FB Palsu, Gus Yasin Imbau Masyarakat Hati-hati

Harapan lain yang turut disampaikan Sri Sultan adalah agar masyarakat selalu berusaha meningkatkan kualitas seni batik, sekaligus memberi ruh baru, suntikan spirit baru, guna menghidup-hidupkan Yogyakarta Kota Batik Dunia sesuai missi dan atribut kultural yang disandangnya. (N1)

Share :

Baca Juga

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki dan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X saat launching Program 'Kita Jaga Usaha' yang diinisiasi Baznas. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

‘Kita Jaga Usaha’, Stimulus Bagi UMKM dari Baznas
Bupati pun meminta perusahaan untuk membuat jam kerja baru agar tidak membebani karyawan. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Bupati Sri Mulyani Tegur Perusahaan yang Terapkan Kerja Malam
ASN di Sekretariat Daerah (Setda) dan Bappeda Litbangda antusias membeli paket sayuran dari petani. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Dorong Peningkatan Harga Komoditas Pertanian, Gerakan ASN Beli Cabai Berlanjut
Identifikasi varietas padi Sri Mulyo oleh Distan Pangan Kabupaten Magelang. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Setelah Punya Varitas Padi Mentik Wangi Susu, Kini Magelang Siapkan Varitas Unggulan Kedua
Koramil 04/Tawangsari bersama anggota Polsek melakukan patroli. (Foto: Humas Sukoharjo)

Peristiwa

Patroli Malam dan Penegakan PPKM Terus Diintensifkan di Tawangsari
Bupati Magelang Zaenal Arifin saat memimpin Rapat Koordinasi membahas Isolasi Terpusat. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Bupati Magelang Dorong Realisasi Ruang Isolasi Covid-19 Terpusat
Relawan RAPI melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan Balai Desa Danurejo Mertoyudan Magelang.(Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

RAPI 51 55 Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Mertoyudan
Serbuan vaksinasi Covid-19 bagi warga masyarakat dan nelayan Sadeng. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Gunungkidul)

Peristiwa

Serbuan Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Nelayan Sadeng