Home / News

Senin, 23 Agustus 2021 - 22:19 WIB

Jika PPKM Tak Diperpanjang, Ini Aturan Wisatawan Berkunjung ke Malioboro

Pemkot Yogyakarta telah mempersiapkan beberapa aturan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Malioboro. (Foto: Agoes Jumianto)

Pemkot Yogyakarta telah mempersiapkan beberapa aturan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Malioboro. (Foto: Agoes Jumianto)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Untuk mengurangi jumlah kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta, terutama di tempat wisata seperti Malioboro, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta telah mempersiapkan beberapa aturan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Malioboro, mengingat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan berakhir, Senin (23/8/2021) malam ini.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, mengatakan bahwa Pemkot Yogya beberapa waktu lalu telah mencanangkan stasiun Yogyakarta dan kawasan Malioboro sebagai tempat wajib memakai masker dan wajib vaksin.

“Itu artinya bagi wisatawan yang akan masuk tempat tersebut wajib menggunakan masker dan wajib sudah vaksin,” ungkapnya, Senin (23/8/2021).

Baca juga   Percepatan Vaksinasi, Pemkab Boyolali Mulai Sasar Warga Desa

Sementara bagi wisatawan yang belum divaksin, lanjutnya, nanti ada petugas yang akan mengarahkan agar wisatawan tersebut melakukan vaksin di gerai vaksinasi terdekat.

“Untuk vaksin akan kami cek juga kepada pengunjung, kalau belum nanti akan diarahkan ke KAI karena ini kerja sama juga dengan mereka,” jelasnya.

Kepala UPT Cagar Budaya, Ekwanto menambahkan bagi wisatawan yang menggunakan kendaraam pribadi akan dilakukan pengecekkan dipintu masuk.

Baca juga   Super Blood Moon 26 Mei, BMKG Imbau Warga Pesisir Yogya Waspada Air Pasang

“Pengecekan dimulai dipintu masuk, penjagaan akan dilakukan maksimal karena Malioboro punya 11 pintu masuk,” bebernya.

Pihaknya pun akan melibatkan puluhan petugas Jogoboro bila nantinya PPKM tidak diperpanjang dan Malioboro kembali dibuka.

“Petugas ini akan mengecek kelengkapan pengunjung berupa surat keterangan bebas Covid-19 dan juga kartu vaksin,” jelasnya.

Selain petugas Jogoboro, pengawasan di kawasan Malioboro juga dibantu oleh personel dsri Satpol PP, kemantren, kepolisian, dan lain sebagainya. (*)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Hari Ini 1030 Kasus Positif Covid-19 di DIY Sembuh, Meninggal 26 Pasien
Presiden RI, Ir. Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR RI 2021, Senin (16/8/2021) dari Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, DKI Jakarta. (Foto:Humas Pemda DIY)

News

Presiden Jokowi: Pandemi Ujian sekaligus Momentum Mawas Diri
Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

News

Lainnya Turun Level, Purworejo dan Kota Magelang Masih Level 4
Gerhana Bulan total. Foto: nyatanya.com/istimewa

News

Catat, 26 Mei 2021 Terjadi Super Blood Moon
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X secara daring menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri RI sebagai provinsi yang Tepat Waktu dalam Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pengawasan. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Untuk Kedua Kalinya, DIY Terima Penghargaan Tepat Waktu TLHP
Presiden Jokowi menanam mangrove bersama masyarakat Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap. (Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

News

Tanam Mangrove Bersama Masyarakat, Presiden: Antisipasi dan Mitigasi Perubahan Iklim
SBY hadir di acara pemakaman ibu mertua di Purworejo, Jateng. (Foto: Istimewa)

News

SBY Hadiri Prosesi Pemakaman Ibu Mertua di Purworejo
(ilustrasi:nyatanya.com/istimewa)

News

Bantul Akan Bangun Instalasi Produksi Oksigen