Home / Wisata

Kamis, 17 Juni 2021 - 09:32 WIB

Jogja International Batik Biennale Kembali Digelar

Grafis: nyatanya.com

Grafis: nyatanya.com

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dewan Kerajinan Nasional Daerah DIY, kembali menggelar agenda dua tahunan yakni Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2021. Rangkaian agenda JIBB dihelat sejak Juni 2021 dan puncak acara akan dilaksanakan bertepatan dengan Hari Batik Dunia yakni 2 Oktober 2021, dengan mengusung tema Borderless Batik atau Batik Tanpa Batas.

“Tema Borderless Batik ini diharapkan dapat memberikan kesan bahwa batik itu adalah sesuatu yang tanpa batas, tidak hanya komoditi saja, namun juga karya seni yang penuh filosofi, sebuah identitas,” ujar Gatot Saptadi, Ketua JIBB 2021, belum lama ini.

JIBB diharapkan menjadi bukti bahwa batik masih telah menjadi sebuah budaya yang erat dan sangat terkait dengan kehidupan sehari-hari masyarakat DIY. “Tidak sekadar tagline atau predikat bahwa Jogja itu Kota Batik Dunia, namun harus ada aktivitas di dalamnya,” imbuh Gatot Saptadi.

Baca juga   Ajib Bangettt! Sego Kikil Mojosongo Jombang yang Bikin Ketagihan

Makna dan filosofi yang terkandung pada kain batik juga dapat diresapi lebih baik, sehingga batik dapat dimaknai tak hanya sebuah benda. “Proses dan pembuatannya kan yang luar biasa, jadi harus dipandang sedalam itu,” jelasnya.

Gatot Saptadi berharap, ke depan, batik juga dapat menuntaskan permasalahan ekonomi salah satunya dengan pengembangan produk oleh perajin.

Baca juga   Kunjungi Candi Borobudur, Gus Yasin Minta Umat Beragama Saling Menghormati

Sementara itu, Wakil Ketua Dekranasda DIY, GKBRAy. A. Paku Alam, mewakili Ketua Dekranasda DIY, mengatakan bahwa meski dilaksanaan saat pandemi, sejatinya pelaksanaan JIBB tahun 2021 harus dipersiapkan secara matang.

Gusti Putri, sapaan akrab beliau, berharap agar kegiatan ini tak hanya menjadi agenda dua tahun saja, melainkan mampu menghadirkan inspirasi bagi pegiat batik untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas produk. Tak hanya itu, secara spesial, Gusti Putri juga turut menyumbangkan 100 lembar kain batik yang akan dibagikan kepada masyarakat melalui sesi giveaway yang akan diadakan panitia. (*)

Share :

Baca Juga

Candi Prambanan. (Foto: nyatanya.com/Instagram @media_twc)

Wisata

Wisata Candi Prambanan Kembali Ditutup Sampai 5 Juli 2021
Pantai Seruni Gunungkidul, salah satu diantara tempat wisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Wisata

Semua Objek Wisata di Gunungkidul Ditutup Selama PPKM Darurat
Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi pelaku wisata di Goa Selarong. (Foto: Humas Kab. Bantul)

Wisata

Giliran Pelaku Wisata Goa Selarong Disasar Vaksin Covid-19
GM PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Jamal Mawardi. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Candi Borobudur Simulasi Buka Kembali dalam Dua Tahap
Tak hanya rapat kerja dan rapat pleno nasional. B2W juga gowes bareng di sekitar kawasan wisata Borobudur. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Komunitas Bike To Work Gowes Bareng di Borobudur
Seporsi Kupat Tahu Dompleng. (Foto: Agoes Jumianto)

Wisata

Nikmatnya Kupat Tahu Dompleng yang Ikonik dan Melegenda
Pertemuan PT TWC dengan dengan para mitra usaha TMII di Balai Panjang Museum Indonesia, TMII. (Foto:media_twc)

Wisata

PT TWC Ajak Mitra Usaha TMII Terapkan GCG
Petugas Balai Konservasi Borobudur meneliti abu vulkanik Merapi. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Candi Borobudur, Pawon dan Mendut Terdampak Abu Vulkanik Gunung Merapi