Home / Peristiwa

Senin, 26 Juli 2021 - 23:42 WIB

‘Jogja Merdeka Vaksin’ Upaya Pemkot Lindungi Warganya

Warga antusias mengikuti vaksinasi yang digelar Pemkot Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Warga antusias mengikuti vaksinasi yang digelar Pemkot Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gerakan ‘Jogja Merdeka Vaksin’ yang diluncurkan, Senin (26/7/2021) merupakan upaya Pemerintah Kota Yogyakarta dalam melindungi warganya dari virus Covid-19 dengan memberikan vaksin secara menyeluruh.

Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta, Sisruwadi mengatakan, banyaknya korban meninggal dunia akibat Covid-15 ini disebabkan penderitanya memiliki komorbid atau penyakit bawaan.

“Warga yang terkena Covid-19 yang meninggal pertama adalah penyebabnya komorbid atau penyakit bawaan, yang kedua belum divaksin sehingga pemerintah pusat melalui pemerintah daerah mendorong agar masyarakat Yogyakarta semuanya dimaksimalkan pemberian vaksin sebelum 17 Agustus 2021,” jelasnya.

Sehingga dengan pelaksanaan launching ‘Jogja Merdeka Vaksin’, Sisruwadi berharap nantinya setiap hari dilaksanakan kegiatan vaksinasi, dimana kegiatan vaksin ini sudah dimulai pada beberapa waktu yang lalu dengan memberikan vaksin kepada pelajar SMP dan SMA di Kota Yogyakarta.

Baca juga   PAD Sektor Parkir di Kawasan Wisata Lereng Lawu Tak Signifikan

“Harapannya nanti kalau warga masyarakat sudah divaksin baik dosis pertama maupun dosis kedua sudah memiliki antibody sehingga diharapkan warga masyarakat yang sampai sekarang belum melaksanakan vaksin untuk bisa mengikuti dan melihat jadwal kegiatan pelaksanaan vaksin,” Kata Sisruwadi.

Ia menambahkan, vaksin pelajar memiliki tempat tersendiri dimana sudah sebanyak 24.000 pelajar Kota Yogyakarta selesai divaksin, nantinya vaksinasi yang akan diberikan kepada pelajar SMP dan SMA di targetkan mencapai 66.000 pelajar.

“Sampai saat ini pelaksanaan vaksin sudah sebanyak 300.000 lebih warga yang divaksin, baik itu nakes, ASN, lansia ataupun pra lansia. Untuk warga Kota Yogyakarta sendiri hanya 110.000, kita masih ada target 200.000 warga kota yang harus divaksin. Jika dihitung perharinya harus mentarget pemberian vaksinasi ke 11.000 orang,” ungkapnya.

Baca juga   Prosesi Hastungkara dan Birat Sengkala di Hari Jadi Wonosobo ke-196 Tahun

Sisruwadi berharap, semua yang ada di wilayah untuk bisa menghimbau ke masyarakat, arti pentingnya vaksin.

“Untuk warga Kota Yogyakarta jangan sampai termakan isue-isue atau hoax yang ada di media sosial terkait dengan vaksin, vaksin ini semua sudah diperhitungkan dan melalui kajian-kajian yang sudah disetujui pemerintah baik BPOM, Dinas Kesehatan ataupun Kementrian Kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, Mantri Kemantren Danurejan Bambang Endro Wibowo mengatakan, awalnya sasaran hanya 633 yang divaksinasi, namun ada beberapa warga yang belum divaksin sehingga total menjadi 733 vaksinasi.

“Antusias sekali masyarakat yang hadir walaupun berpanas-panasan, beda waktu diawal-awal vaksin, susah sekali mengoptimalkan sasaran vaksinasi. Kegiatan ini melibatkan tenaga kesehatan 34 orang dan relawan sebanyak 29 orang dengan memaksimalkan 3 ruangan untuk dijadikan tempat pendaftaran, vaksinasi dan ruang observasi,” ujarnya. (*)

Share :

Baca Juga

Maskapai TransNusa sukses melakukan proving flight dengan rute Bandara Sokearno-Hatta (CGK) menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) menggunakan pesawat Airbus A320 Neo PK-TLA dengan nomor penerbangan 8B 532. (Foto: TransNusa)

Peristiwa

Sukses Lakukan Uji Operasi, Maskapai TransNusa Siap Beroperasi Kembali
Bupati pun meminta perusahaan untuk membuat jam kerja baru agar tidak membebani karyawan. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Bupati Sri Mulyani Tegur Perusahaan yang Terapkan Kerja Malam
Conference Press Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang di Ruang Command Center, Setda Kabupaten Magelang, Jumat (11/2/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Kasus Covid-19 Ditemukan di Sejumlah Sekolah di Magelang, PTM Dihentikan
BPBD Kabupaten Jepara menggunakan perahu karet untuk mengevakuasi warga Donorojo yang terdampak banjir, Minggu (16/1/2022). (Foto:BPBD Kabupaten Jepara)

Peristiwa

Longsor di Jepara Tutup Akses Jalan Penghubung Medani – Kaliombo
Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono bersama Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, dan Bupati Sintang Jarot Winarno meninjau bencana banjir di Sintang dan Melawi, Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (18/11/2021) (Foto:Dok. Kementerian PUPR/Twitter)

Peristiwa

Begini Langkah Pemerintah Tangani Banjir di Sintang Kalbar
Foto: Diskominfo Klaten

Peristiwa

Dzikir dan Sholawat Malam Yaa Qowiyyu Dibanjiri Ribuan Masyarakat
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan bantuan secara simbolis kepada lanjut Usia terlantar dan anak terlantar di Pendopo Parasamya, Kantor Setda Sleman, Senin (6/12/2021). (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Pemkab Sleman Serahkan Bansos Bagi Lanjut Usia dan Anak Terlantar
Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat kunjungannya di perairan Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. (Foto:MC Prov Gorontalo)

Peristiwa

Hiu Paus Botubarani Diberi Nama Sandiaga Salahudin Uno