Home / News

Minggu, 10 April 2022 - 23:10 WIB

JPW Dorong Kepolisian Segera Tangkap Pelaku Klitih yang Tewaskan Daffa

Baharuddin Kamba, Kadiv Humas Jogja Police Watch. (Foto: Istimewa)

Baharuddin Kamba, Kadiv Humas Jogja Police Watch. (Foto: Istimewa)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Sudah sepekan berlalu aksi kejahatan jalanan atau akrab masyarakat Yogyakarta menyebutnya klitih yang menimpa korban Daffa Adzin Albasith (18) pelajar SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, yang juga merupakan anak dari anggota DPRD Kebumen Jawa Tengah meregang nyawa pada Minggu (3/4/2022).

Namun hingga kini para terduga pelaku belum juga tertangkap oleh pihak kepolisian jajaran Polda DIY.

Tentunya, kondisi ini dapat membuat masyarakat Yogyakarta khususnya yang beraktivitas pada malam hari atau dini hari menjadi was-was karena para terduga pelaku kejahatan jalanan (klitih) masih berkeliaran.

Demikian dikatakan Baharuddin Kamba, Kadiv Humas Jogja Police Watch dalam keterangan resmi yang diterima nyatanya.com Minggu (10/4/2022).

“Padahal dalam rilis yang disampaikan pihak kepolisian Polda DIY beberapa waktu lalu berdasar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang berada di Jalan Gedongkuning Yogyakarta ini telah memeriksa 9 kamera CCTV dan 11 orang saksi. Namun, sepekan berlalu para terduga pelaku ini belum juga tertangkap,” ujar Baharuddin Kamba.

Baca juga   Acungkan Celurit Saat Hendak Ditangkap, Cah Klitih Mengkeret Dengar Tembakan Polisi

Seharusnya dengan berbekal 9 kamera CCTV dan 11 orang saksi tersebut kasus yang menewaskan Daffa Adzin Albasith ini tidak butuh lama bagi kepolisian Polda DIY menangkap para terduga pelaku klitihih ini.

Beda hal jika ketiadaan saksi maupun ketiadaan kamera CCTV di lokasi kejadian sehingga menjadi faktor lambannya atau sulitnya para terduga pelaku klitih tertangkap oleh pihak kepolisian.

“Hal lain yang perlu Jogja Police Watch (JPW) adalah pihak kepolisian harus memawaspadai police hazard atau kerawanan di sejumlah lokasi untuk antisipasi terjadinya tindak kejahatan termasuk klitih,” imbuh Baharuddin.

Seharusnya tanpa diminta, di lokasi-lokasi yang termasuk police hazard menjadi perhatian oleh pihak kepolisian. Misalnya jalan minim penerangan lampu jalan/minim kamera CCTV, sepi dilintasi oleh para pengendara lainnya dan peristiwa terjadi pada jam-jam ganjil yakni malam hari atau dini hari. Namun pengawasan yang dilakukan pihak kepolisian jangan hanya musim-musiman tetapi konsisten dan butuh dukungan dari masyarakat.

Baca juga   Pentas Jathilan Yogya Kembali Bergairah, Ini 20 Jadwal untuk Hari Ini dan Besok Lur

Baharuddin Kamba menambahkan, selain itu yang perlu diwaspadai oleh pihak kepolisian dan masyarakat adalah kecepatan berpindahnya lokasi dengan sasaran yang hampir sama (acak) menjadi indikator pelaku (kejahatan jalanan/klitih) telah berpengalaman didunia kejahatan jalanan atau klitih. Artinya, jalan atau lokasi yang selama ini dikenal rawan terjadinya tindak kekerasan klitih bisa jadi berpindah tempat atau lokasi lain.

“Kita sebagai masyarakat hanya bisa berdoa dan berharap kepada pihak kepolisian Polda DIY agar para terduga pelaku yang mengakibatkan Daffa meninggal dunia segera ditangkap, diproses hukum secara adil dan transparan. Mari kita menyudahi persoalan atau perdebatan soal istilah klitih,” tandas dia.

Karena jika kita tidak segera menyudahi perdebatan istilah klitih, maka kita hanya buang energi dan capek.

“Ada hal yang hal subtansial dan produktif yakni menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dengan segera menangkap para terduga pelaku klitih. Jangan sampai ada yang buron,” pungkas Baharuddin Kamba.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meninjau pelaksanaan PTM di salah satu SMP. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Terapkan PTM 100 Persen Secara Bertahap
Presiden Jokowi dalam sambutannya pada Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 secara virtual, Selasa (9/2/2022). (Foto: Amiriyandi InfoPublik)

News

HPN 2022, Presiden Beri Tiga Opsi Wujudkan Industri Pers Kuat dan Sehat
Delegasi G20 diajak mengunjungi destinasi wisata di sekitar Borobudur menggunakan VW. (Foto: humas/beritamagelang)

News

Delegasi G20 Kunjungi Magelang, Prioritaskan Transisi Energi Berkelanjutan
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Kasus Covid-19 Harian Terendah Sejak Februari 2022 Hanya 14 Ribu
Presiden Jokowi saat memberikan sambutannya dalam pembukaan rapat koordinasi nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana (PB) 2022 BNPB, Rabu (23/2/2022). (Foto: Humas BNPB)

News

Minta BNPB Berbenah, Ini 5 Arahan Presiden Jokowi pada Rakornas PB 2022
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate saat memberikan keterangan pers terkait tata kelola pinjaman online. (Foto:Biro Humas Kementerian Kominfo)

News

Menkominfo: Pemerintah akan Lakukan Moratorium Penerbitan Izin Pinjol
Di Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten warga setempat amat membumikan nilai Pancasila. Desa ini juga dijuluki Desa Damai Berbudaya atau juga Desa Pancasila. Foto: Diskominfo Jateng

News

Potret Toleransi Tinggi Warga Desa Pancasila di Klaten, Juga Dijuluki Desa Damai Berbudaya
Warga korban bencana di wilayah Kecamatan Sapuran menerima bantuan. (Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo)

News

Warga Korban Bencana di Sapuran dan Kalikajar Terima Santunan