Home / News

Rabu, 29 September 2021 - 10:04 WIB

Kabar Baik, Tidore Kepulauan Nol Kasus Covid-19

Saiful Salim, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Tidore Kepulauan. (Foto:MCTidore)

Saiful Salim, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Tidore Kepulauan. (Foto:MCTidore)

NYATANYA.COM, Tidore Kepulauan – Kurang lebih 1,5 tahun sejak 23 April 2020 saat diumumkannya kasus Covid-19 pertama di Kota Tidore Kepulauan dengan sebutan kasus 03 dan 04 Provinsi Maluku Utara hingga, Selasa 28 September 2021, Kota Tidore Kepulauan tidak ada lagi kasus positif aktif atau 0 kasus posiitf aktif.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Tidore Kepulauan Saiful Salim, Selasa (28/9/2021).

Saiful mengatakan, rata-rata kasus positif harian di Kota Tidore Kepulauan sejak 2 bulan terkahir di bawah 5 per hari, “Jadi sehari cuma 1 atau 2 yang positif bahkan 0 postif,” kata Saiful.

Lebih lanjut, imbuh Saiful, target testing mingguan Kota Tidore Kepulauan adalah 7 orang per hari. Rata-rata testing harian kurang dari 10 orang per hari melalui pemeriksaan TCM & swab test antigen (RAg).

Baca juga   Puluhan Pengemudi Bus Angkutan Nataru di Terminal Giwangan Ikuti Pemeriksaan Kesehatan

Sedangkan positif rate adalah 2,1% angka ini telah capai target yang ditetapkan Kementerian Kesehatan yakni <5 %, “Oleh karena itu status zonasi kita adalah zona kuning (level 2) dengan kategori resiko rendah,” ucapnya.

Dijelaskan Saiful, Rumah Sakit Daerah (RSD) Tidore Kepulauan sebagai Rumah Sakit Rujukan Covid-19 saat ini ruang isolasinya tidak ada pasien positif yang dirawat.

“Meskipun saat ini kasus positif aktif kita sudah tidak ada (0 kasus positif aktif), namun masih sangat diharapkan kepada seluruh masyarakat agar jangan lengah dan tetap disiplin dengan protokol kesehatan 5M hal ini dikarenakan potensi penyebaran dan penularan Covid-19 masih tetap ada karena kita belum masuk zona hijau,” tuturnya.

Baca juga   Kunjungan Resmi PWKI ke Vatikan: Bawa Hadiah Istimewa dan Khusus untuk Paus Fransiskus, Salah Satunya dari Sri Sultan HB X

Untuk itu, hal lain yang perlu dilakukan selain tetap patuh dengan prokes 5 M adalah diharapkan kepada seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan usia diatas 12 tahun untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19, karena vaksinasi adalah salah satu upaya pencegahan dan perlindungan yang paling efektif dalam menanggulangi penyakit menular di masa pandemik ini.

“Kami harapkan, kita semua sama-sama saling melindungi dengan mengikuti program vaksinasi covid -19 ini, sehingga Kota Tidore Kepulauan bisa terbentuk kekebalan komunitas (Herd Immunity) secara menyeluruh,” harapnya.

Untuk diketahui, data terbaru secara komulatif per tanggal 28 September 2021, Kasus positif di Kota Tidore Kepulauam sebanyak 1506 orang, sembuh 1445 orang, meninggal 61 orang, dan kasus aktif 0. (*)

Share :

Baca Juga

Setelah menempuh penerbangan selama kurang dari tiga jam, pesawat Garuda Indonesia yang ditumpangi Presiden Joko Widodo dan rombongan mendarat di Bandara Internasional Glasgow Prestwick di Glasgow, Skotlandia pada pukul 21.40 waktu setempat, Minggu (31/10/2021). (Foto: Tangkapan Layar BPMI)

News

Presiden Jokowi Tiba di Skotlandia Hadiri COP26
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Kemenkes: Pasien Konfirmasi Positif Covid-19 Tanpa Gejala Cukup Lakukan Hal Ini
Menkominfo Johnny G. Plate. (Foto: Biro Humas Kementerian Kominfo)

News

Respons Kenaikan Covid-19, Menkominfo Perintahkan Pembatasan Kerja di Kantor
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa

News

Foto Penerbangan Komersial Perdana dari Pondok Cabe
Foto: Garuda Indonesia

News

Jelang KTT G20, Garuda Optimalkan Kelancaran Operasional Penerbangan di Bali
Presiden Jokowi saat berpidato pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-18 ASEAN-India. (Foto: BPMI Setpres/ Rusman)

News

Kerja Sama ASEAN-India Penting di Sektor Farmasi
Foto Biro Humas DPR

News

Forum Parlemen Dunia Apresiasi untuk Indonesia di IPU ke-144
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Meningkat, Hari Ini 918 Kasus Positif Covid-19 di DIY Sembuh