Home / News

Rabu, 29 September 2021 - 10:04 WIB

Kabar Baik, Tidore Kepulauan Nol Kasus Covid-19

Saiful Salim, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Tidore Kepulauan. (Foto:MCTidore)

Saiful Salim, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Tidore Kepulauan. (Foto:MCTidore)

NYATANYA.COM, Tidore Kepulauan – Kurang lebih 1,5 tahun sejak 23 April 2020 saat diumumkannya kasus Covid-19 pertama di Kota Tidore Kepulauan dengan sebutan kasus 03 dan 04 Provinsi Maluku Utara hingga, Selasa 28 September 2021, Kota Tidore Kepulauan tidak ada lagi kasus positif aktif atau 0 kasus posiitf aktif.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Tidore Kepulauan Saiful Salim, Selasa (28/9/2021).

Saiful mengatakan, rata-rata kasus positif harian di Kota Tidore Kepulauan sejak 2 bulan terkahir di bawah 5 per hari, “Jadi sehari cuma 1 atau 2 yang positif bahkan 0 postif,” kata Saiful.

Lebih lanjut, imbuh Saiful, target testing mingguan Kota Tidore Kepulauan adalah 7 orang per hari. Rata-rata testing harian kurang dari 10 orang per hari melalui pemeriksaan TCM & swab test antigen (RAg).

Baca juga   Mantan Menteri Penerangan Harmoko Meninggal Dunia

Sedangkan positif rate adalah 2,1% angka ini telah capai target yang ditetapkan Kementerian Kesehatan yakni <5 %, “Oleh karena itu status zonasi kita adalah zona kuning (level 2) dengan kategori resiko rendah,” ucapnya.

Dijelaskan Saiful, Rumah Sakit Daerah (RSD) Tidore Kepulauan sebagai Rumah Sakit Rujukan Covid-19 saat ini ruang isolasinya tidak ada pasien positif yang dirawat.

“Meskipun saat ini kasus positif aktif kita sudah tidak ada (0 kasus positif aktif), namun masih sangat diharapkan kepada seluruh masyarakat agar jangan lengah dan tetap disiplin dengan protokol kesehatan 5M hal ini dikarenakan potensi penyebaran dan penularan Covid-19 masih tetap ada karena kita belum masuk zona hijau,” tuturnya.

Baca juga   Wagub Gus Yasin, Vaksinasi Solo Raya Bagus!

Untuk itu, hal lain yang perlu dilakukan selain tetap patuh dengan prokes 5 M adalah diharapkan kepada seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan usia diatas 12 tahun untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19, karena vaksinasi adalah salah satu upaya pencegahan dan perlindungan yang paling efektif dalam menanggulangi penyakit menular di masa pandemik ini.

“Kami harapkan, kita semua sama-sama saling melindungi dengan mengikuti program vaksinasi covid -19 ini, sehingga Kota Tidore Kepulauan bisa terbentuk kekebalan komunitas (Herd Immunity) secara menyeluruh,” harapnya.

Untuk diketahui, data terbaru secara komulatif per tanggal 28 September 2021, Kasus positif di Kota Tidore Kepulauam sebanyak 1506 orang, sembuh 1445 orang, meninggal 61 orang, dan kasus aktif 0. (*)

Share :

Baca Juga

Para perwakilan asosiasi pelaku wisata di Kota Yogyakarta hadir di deretan sisi kiri dalam jumpa pers terkait one gate system. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Berlakukan Satu Pintu untuk Bus Pariwisata
Donasi KORPRI Sleman untuk korban bencana alam NTT. Foto: nyatanya.com/Humas Sleman

News

Donasikan Rp 60 Juta, Korpri Sleman Bantu Korban Bencana Alam NTT
(ilustrasi:nyatanya.com)

News

Hari Ini 1.027 Pasien Sembuh, Positif Covid-19 DIY Tambah 2.706 Kasus
Ganjar melantik Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jateng, Sumarno sebagai Sekda Jateng definitif. (Foto: Humas Jateng)

News

Setelah Sempat Kosong, Sekda Jateng Kini Dijabat Sumarno
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Mendesak, Pemda DIY Segera Realisasikan RS Sementara untuk Pasien Covid-19
Logo Provinsi Jawa Tengah. (Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Rp1,2 M Pagu Anggaran 9 Parpol di Purbalingga Diserahkan
Bupati Klaten dalam sebuah kesempatan meninjau pelaksanaan vaksinasi. Dalam waktu dekat pihaknya akan menyasar anak usia 12 - 18 tahun untuk divaksin. (Foto: Humas Klaten)

News

Jaga Imunitas, Klaten Targetkan 20.000 Vaksinasi Tiap Hari
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, mengumumkan bahwa Bali siap membuka perjalanan internasional bagi 19 negara. (Foto: Dok InfoPublik)

News

Pemerintah Izinkan Wisatawan dari 19 Negara Berkunjung ke Bali dan Kepri