Home / Plus

Minggu, 6 November 2022 - 21:49 WIB

Kaline Resik, Rejekine Apik! Ratusan Orang Ikuti Prokasih Lereng Merapi

Gereja Santa Maria Assumpta Pakem menggelar Program Kali Bersih (Prokasih) berkolaborasi dengan dua Kalurahan di Kapanewon Pakem, Hargobinangun dan Purwobinangun. Foto: Ist

Gereja Santa Maria Assumpta Pakem menggelar Program Kali Bersih (Prokasih) berkolaborasi dengan dua Kalurahan di Kapanewon Pakem, Hargobinangun dan Purwobinangun. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Sleman – Ratusan orang berbondong-bondong menuju sungai Pelang di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Minggu (6/11/2022) pagi.

Mereka menyusuri sungai untuk memunguti plastik, botol, dan aneka macam sampah yang mengotori sungai.

Kegiatan Program Kali Bersih (Prokasih) ini diadakan oleh Gereja Santa Maria Assumpta Pakem berkolaborasi dengan dua Kalurahan di Kapanewon Pakem, Hargobinangun dan Purwobinangun, dengan melibatkan lebih dari 700 orang, baik warga maupun relawan serta kelompok komunitas.

Lurah Desa Hargobinangun, Amin Sarjito SH mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan Prokasih yang melibatkan warga dan masyarakat di duabelas padukuhan di Hargobinangun.

Kaline resik rejekine apik. Foto: Ist

“Tujuan kegiatan ini untuk membersihkan sungai-sungai di Hargobinangun dan terlebih di alur Sungai Pelang yang membelah desa Hargobinangun. Mengambil falsafah Jawa, kaline resik rejekine apik (sungainya bersih rejekinya baik), kegiatan ini perlu kita dukung bersama,” jelas Amin.

Bagi Amin, adanya program Prokasih ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi wilayah Hargobinangun dan dan lingkungan menjadi bersih serta terjaga. Selaras dengan arah dan rangkaian HUT Kalurahan Hargobinangun.

Baca juga   Hotel Grand Mercure Medan Bangga Ikut Menyukseskan HPN 2023

“Ini adalah kegiatan sinergitas antara Kelurahan Hargobinangun, Pakem dan Gereja St. Maria Assumpta Pakem yang kebetulan hampir bersamaan merayakan ulang tahunnya maka kami berkolaborasi untuk menjaga kebersihan sungai khususnya di Hargobinangun ini. Kegiatan ini juga merupakan edukasi bagi masyarakat untuk menjaga dan mencintai sungai kita,” pungkas Amin Sarjito.

Sukita Giri, panitia kegiatan Prokasih dari Gereja Katolik Wilayah Hargobinangun mengatakan, bahwa kegiatan Prokasih ini merupakan ungkan iman dan syukur atas bumi dan air yang merupakan rahmat dari Tuhan maka kita bertanggungjawab untuk merawatnya.

Warga masyarakat antusias mengikuti gerakan bersih kali. Foto: Ist

Sementara itu Antonius Banu Kurnianto dari Gereja Pakem yang juga hadir dalam kegiatan ini mengatakan bahwa Prokasih adalah rangkaian kegiatan HUT Gereja St. Maria Assumpta Pakem yang bersinergi dengan Kalurahan Hargobinangun dan Purwobinangun.

“Kegiatan ini bukan saja soal membersihkan sungai dari berbagai bentuk sampah namun juga juga sebagai upaya untuk membangun kesadaran bersama bahwa bumi juga sungai ini adalah bagian dari rumah tinggal kita bersama. Dengan kotor dan pencermahan sungai adalah bentuk rusaknya rumah kita bersama,” ujar Banu.

Baca juga   Bupati Optimis Vaksinasi di Kabupaten Sleman Capai Target

Sedangkan Tri Suhadi, warga Wonorejo Hargobinangun yang juga Ketua RT mengaku senang dan bersyukur bisa mengikuti kegiatan Prokasih ini.

“Kalau bukan kita siapa lagi yang harus merawatnya. Sungai ini adalah hidup dan sumber hidup kita terlebih bagi saya sebagai petani ini,” ungkap Suhadi.

Sementara itu Sutoro koordinator untuk kegiatan Prokasih di Kalurahan Purwobinangun yang mengambil alur sungai Gondang, yakni di barat Dusun Bunder, mengatakan kegiatan prokasih dengan melibatkan 100 orang di wilayahnya berhasil mengumpulkan sampah sekitar 1 truk.

Dijelaskan Sutoro yang juga Dukuh Padukuhan Bunder ini mengatakan, kegiatan yang dilakukan bukan hanya bersih sungai tetapi juga melakukan penanaman pohon gayam untuk konservasi air.

Prokasih di Sungai Pelang di Hargobinangun dan Sungai Gondang di Purwobinangun tersebut menurut Wakil Dewan Paroki Santa Maria Assumpta Pakem, Lina Widiyastuti mencapai 3 truk sampah baik plastik dan lainnya yang akan di bawa ke TPA.

(*/N3)

Share :

Baca Juga

Anggota kelompok Lilin Kecil Club foto bersama ibu-ibu usai pelatihan. (Foto: Agoes Jumianto)

Plus

Begini Cara ‘Lilin Kecil Club’ Berbagi di Tengah Pandemi
Sur Gudianto Huang menunjukkan makanan ringan yang ada di dalam taksinya. Foto: Ist/selalu.id

Plus

Viral Taksi di Surabaya Dipenuhi Makanan Ringan, Ini Sosok Sopirnya
Dokumentasi Job Fair yang digelar Pemkot Yogyakarta 2020 lalu. Foto: Dok.Humas Pemkot Yogya

Plus

Virtual Job Fair 2022, Pemkot Yogya Sediakan 3.914 Lowongan Pekerjaan, Berikut Link Pendaftarannya
Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022, di Desa Keling, Jumat (25/2/2022). Pemuda Desa Keling mampu membuat tempat pengolahan sampah (TPS) modern, dengan sistem reduce, reuse, dan recycle (3R). (Foto: Dian/ Diskominfo Jepara)

Plus

Modal Rp1 Juta, Pemuda Desa Keling Bangun TPS Modern
Kolang kaling banyak diburu saat bulan Ramadan. Foto: Ist/Pixabay

Plus

Banyak Diburu Saat Ramadan, Ini Lima Manfaat Kolang Kaling
Foto: MC Kab.Kudus

Plus

Bantu 10 Rumah Sederhana Layak Huni, Bupati Kudus Apresiasi PT Djarum
Pohon Natal di perayaan Natal ASN dan karyawan Pemkot Yogya terbuat dari susunan alat-alat kebersihan. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Unik! Pohon Natal di Perayaan Natal ASN Pemkot Yogya Terbuat dari Susunan Peralatan Kebersihan, Ini Maknanya
Maxim Yogyakarta menggelar kampanye amal di bulan Ramadan 1445 Hijriah. (Dok.Maxim)

Plus

Maxim Yogyakarta Beri Bantuan Pengganti THR untuk Mitra Driver dan Santuni Panti Asuhan