Home / Wisata

Jumat, 8 Oktober 2021 - 22:03 WIB

Kampung Rejowinangun Masuk 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2021

Penandatanganan prasasti Rejowinangun sebagai 50 desa wisata terbaik ADWI 2021 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Penandatanganan prasasti Rejowinangun sebagai 50 desa wisata terbaik ADWI 2021 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Kampung wisata Rejowinangun Kota Yogyakarta ditetapkan masuk sebagai 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Penetapan itu diharapkan dapat membangkitkan desa maupun kampung wisata dan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Penetapan diresmikan dengan penandatanganan prasasti Rejowinangun sebagai 50 desa wisata terbaik ADWI 2021 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Kampung Wisata Rejowinangun, Jumat (8/10/2021).

Piagam penghargaan itu diserahkan kepada Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi. Kampung Wisata Rejowinangun juga mendapatkan fasilitas penunjang akses internet gratis selama setahun dan paket Cleanliness Health Safety and Environment Sustainability (CHSE).

“Selamat untuk Kampung Wisata Rejowinangun karena masuk dalam 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia. Ada banyak hal yang bisa dinikmati di kampung wisata ini,” kata Sandiaga, saat berkunjung di Kampung Wisata Rejowinangun.

Baca juga   Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Masuk 50 Desa Wisata Kemenparekraf

Dalam kunjungannya, Sandiaga disambut pasukan bregodo dan tarian edan-edanan serta permainan wayang dari dalang cilik Alby Ersani. Dengan berjalan kaki menyusuri gang-gang kampung Sandiaga melihat produk-produk kerajinan, kuliner seperti aneka kripik dan agro wisata di Kampung Rejowinangun. Termasuk bersepeda menikmati Kampung Wisata Rejowinangun.

“Saya mencoba keripik petai. Terasa petai-nya dan ada kriuk-kriuk krispinya. Jadi ini merupakan daya tarik juga untuk para pecinta kuliner, khususnya di Kampung Wisata Rejowinangun,” paparnya.

Pihaknya menyatakan akan memperluas ujicoba pembukaan wisata berbasis permintaan. Semua yang diajukan oleh pemerintah, lanjutnya, harus melalui proses resmi dan ditindaklanjuti.

Sandiaga menegaskan prinsip pariwisata di masa pandemi dilakukan dengan protokol kesehatan dan integrasi dengan aplikasi peduli lindungi.

“Kami harapkan ini menjadi kebangkitan dan pemulihan untuk UMKM dan wirausaha supaya lapangan kerja kembali terbuka,” ujar Sandiaga.

Menurut Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dengan Kampung Wisata Rejowinangun masuk dalam 50 desa wisata terbaik menjadi hadiah ulang tahun ke-265 Kota Yogyakarta.

Baca juga   PT TWC Akan Kelola TMII Menjadi Indonesia Opera

Pemkot Yogyakarta akan bekerja sama dengan semua pihak untuk mengembangkan kampung wisata. Dalam kesempatan itu dilakukan penandatangan perjanjian kerja sama antara Pemkot Yogyakarta dengan Gojek dan Loket.

“Kami punya gerakan Gandeng Gendong. Termasuk Monalisa (sepeda wisata) harapannya hotel-hotel bisa membawa tamu-tamunya ke kampung-kampung wisata. Termasuk teman-teman Gojek menyiapkan paket oleh-olehnya sehingga menjadi bagian paket wisata serta marketing dan mempromosikannya,” terang Heroe.

Sementara itu Ketua Kelompok Sadar Wisata Rejowinangun Dadik Rahmanto menyampaikan Kampung Wisata Rejowinangun mengembangkan potensi berdasarkan klaster-klaster unggulan yang ada. Setidaknya 5 klaster yakni budaya, agro, herbal, kerajinan dan kuliner.

“Keunggulan Kampung Wisata Rejowinangun pada pemberdayaan masyarakat dan klaster-klaster. Kami juga ada wisata edukasi seperti pembuatan jamur, kerajinan batik dan agro,” ucap Dadik. (*)

Share :

Baca Juga

Sambanggo, jadi program andalan Pemkab majukan pariwisata di Kulonprogo. (Foto:Humas Kulonprogo)

Wisata

Sambanggo, Andalan Kulonprogo Tata Pariwisata di Tengah Pandemi
“Eling Mbansari” merupakan kawasan pedesaan Eduwisata yang memadukan wisata alam, ekonomi kreatif dan wisata penjelajahan. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Wisata

Temanggung Buka Kawasan Pedesaan Eduwisata “Eling Mbansari”
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat peluncuran Kamelia di Cavinton Hotel, (23/9/2021). Aplikasi Kamelia merupakan upaya Pemkot Yogya untuk meningkatkan layanan prima kepada wisatawan dengan memberikan kemudahan untuk mengakses informasi, reservasi dan pembayaran terhadap paket kampung wisata yang akan dikunjungi. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Wisata

Pemkot Yogya Pasarkan Kampung Wisata Lewat Aplikasi “Kamelia”
Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi wisata yang akan dibuka dalam pelaksanaan simulasi. (Foto: media_twc)

Wisata

Candi Borobudur Segera Simulasi Buka Kembali
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meresmikan lima bangunan seni instalasi di Dusun Tegal Loegood Girikerto Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (15/10/2021). (Foto: MC Kab Sleman)

Wisata

Bupati Sleman Resmikan 5 Bangunan Seni Instalasi Senilai Rp1,2 Miliar
Pembukaan Pelatihan Tata Kelola, Bisnis Dan Pemasaran Destinasi Pariwisata Kabupaten Magelang oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, mewakili Bupati Magelang.(Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Pelaku Wisata Magelang Ikuti Pelatihan Kelola Destinasi dan Homestay
Penampakan Rumah Adat Batak Samosir atau Rumah Gorga hasil penataan Kementerian PUPR. (Foto: Dok.Kementerian PUPR)

Wisata

Masuk KSPN ‘Bali Baru’, Danau Toba Punya Wajah Baru
Pemerintah memutuskan untuk membuka kembali pintu internasional menuju Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mulai 14 Oktober 2021 mendatang di mana turis mancanegara yang diperbolehkan masuk Bali hanya berasal dari lima negara yaitu Korea Selatan, Tiongkok, Jepang, Uni Emirat Arab, dan Selandia Baru. (Foto:InfoPublik)

Wisata

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Dibuka, Wisman 5 Negara Ini yang Boleh Masuk