Home / Peristiwa

Kamis, 24 November 2022 - 17:38 WIB

Kapolda Papua Tegaskan Pelaku Kerusuhan di Dogiyai Bakal Diproses Hukum

Foto: Ist/tribratanews

Foto: Ist/tribratanews

NYATANYA.COM, Dogiyai – Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, S.I.K., menegaskan para pelaku kerusuhan Dogiyai, Papua Tengah akan diproses secara hukum dan pelakunya akan dibawa ke pengadilan. 

Untuk itu Kapolda memerintahkan Kapolres Dogiyai untuk melakukan penegakan hukum, tanpa mengurangi akar budaya setempat. 

“Untuk kasus pembakaran juga akan kami proses supaya masyarakat di tanah Papua bisa diedukasi tentang bagaimana yang harus dilakukan,” ungkap Kapolda saat berada di Gedung A Mako Polda Papua, Selasa (22/11/22) lalu.

Baca juga   Kunjungan Kerja ke Distrik Yambi, Ini yang Dilakukan Dandim 1714/Puncak Jaya

Mantan Wakapolda Pabar tersebut mengatakan, kini pihaknya akan melakukan pendekatan secara persuasif kepada dua kelompok besar yang ada di Dogiyai.

“Kita dekati semua masyarakat khususnya di Dogiyai ada 2 kelompok besar, kita tanpa melihat kelompok A kelompok B supaya kejadian tersebut tidak berulang kembali,” jelas kapolda Papua dikutip dari tribratanews.polri.go.id.

Sebagai informasi, kerusuhan di Dogiyai terjadi pada Sabtu (12/11/2022). Kerusuhan itu bermula dari insiden seorang balita berusia 5 tahun, Noldi Goo tewas dilindas truk di Kampung Ikebo, Distrik Kamu, sehingga memicu kemarahan warga dan keluarga korban.

Baca juga   Langgar Lintas Perbatasan, 5 WNI asal Merauke Diamankan di PNG

Dampak dari kerusuhan tersebut, dilaporkan ada 102 unit bangunan seperti rumah, kios, hingga ruko dibakar massa.

Dirreskrimum Polda Papua, Kombes Pol Faizal Ramadhani, melaporkan sedikitnya 27 unit rumah tinggal, 51 kios, 9 rumah kos-kosan, 9 unit ruko, dan 6 unit bangunan pemerintahan yang dibakar massa.

Massa juga membakar 11 unit truk, 20 sepeda motor, dan 1 unit ekskavator.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengapresiasi tim peneliti dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM yang meneliti deteksi penyebaran Covid-19 melalui air limbah. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Wagub DIY Dukung Riset FK-KMK UGM Deteksi Covid Lewat Limbah
Kedua tersangka pengeroyokan dan penganiayaan yang menyebabkan meninggalnya Tri Fajar Firmansyah dihadirkan dalam pers conference. Foto: @polresleman

Peristiwa

Tri Fajar Firmansyah Meninggal Dunia, Dua Pelaku Pengeroyokan Suporter Jadi Tersangka
Forum group discussion (FGD) Kelompok Terpumpum Penetapan Warisan Geologi Dieng yang digelar Bappeda Wonosobo di Pendopo Taman Syailendra, Senin (22/11/2021). (Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo)

Peristiwa

Selangkah Lagi, Dieng Segera Ditetapkan sebagai Warisan Geologi
Penanaman padi program Indeks Pertanaman (IP) 400 kembali dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia di Kabupaten Bantul, Rabu (9/3/2022) di lahan sawah di Tegallayang, Caturharjo, Pandak, yang dikelola oleh kelompk tani rukun. (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Tanam Padi Program IP 400 Kembali Digelar Kementan di Pandak Bantul
Sudah saatnya BUMDes merambah ke dunia e-commerce untuk memasarkan produk-produknya. Saat ini ada sudah 1.852 Badan Usaha Milik Desa yang merambah ke e-commerce. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Ribuan BUMDes Kini Andalkan e-Commerce untuk Pasarkan Produk
Sejak 2015 Karimunjawa menjadi terang 24 jam setelah listrik memenuhi kebutuhan pulau yang masuk wilayah Jawa Tengah ini. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Cerita Karimunjawa Setelah Listrik Menyala 24 Jam
Pemerintah Kota Pekalongan mulai menggencarkan pelaksanaan vaksinasi booster atau vaksin dosis ketiga. Salah satunya menyasar Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat, yang mulai divaksinasi pada Senin (24/1/2022). (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Jadi Contoh Masyarakat, ASN Pekalongan Didorong Ikuti Vaksinasi Booster
Polres Magelang resmi naik tipe menjadi Kepolisian Resor Kota (Polresta) Magelang. Foto: Humas/beritamagelang

Peristiwa

Polres Magelang Naik Tipe Jadi Polresta Magelang