Home / Peristiwa

Kamis, 24 November 2022 - 17:38 WIB

Kapolda Papua Tegaskan Pelaku Kerusuhan di Dogiyai Bakal Diproses Hukum

Foto: Ist/tribratanews

Foto: Ist/tribratanews

NYATANYA.COM, Dogiyai – Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, S.I.K., menegaskan para pelaku kerusuhan Dogiyai, Papua Tengah akan diproses secara hukum dan pelakunya akan dibawa ke pengadilan. 

Untuk itu Kapolda memerintahkan Kapolres Dogiyai untuk melakukan penegakan hukum, tanpa mengurangi akar budaya setempat. 

“Untuk kasus pembakaran juga akan kami proses supaya masyarakat di tanah Papua bisa diedukasi tentang bagaimana yang harus dilakukan,” ungkap Kapolda saat berada di Gedung A Mako Polda Papua, Selasa (22/11/22) lalu.

Baca juga   Kerahkan 500 Drone, Pembukaan Peparnas Papua Bakal Bertabur Kilauan Cahaya

Mantan Wakapolda Pabar tersebut mengatakan, kini pihaknya akan melakukan pendekatan secara persuasif kepada dua kelompok besar yang ada di Dogiyai.

“Kita dekati semua masyarakat khususnya di Dogiyai ada 2 kelompok besar, kita tanpa melihat kelompok A kelompok B supaya kejadian tersebut tidak berulang kembali,” jelas kapolda Papua dikutip dari tribratanews.polri.go.id.

Sebagai informasi, kerusuhan di Dogiyai terjadi pada Sabtu (12/11/2022). Kerusuhan itu bermula dari insiden seorang balita berusia 5 tahun, Noldi Goo tewas dilindas truk di Kampung Ikebo, Distrik Kamu, sehingga memicu kemarahan warga dan keluarga korban.

Baca juga   Mensos Siapkan Apresiasi bagi Atlet Peparnas Berprestasi

Dampak dari kerusuhan tersebut, dilaporkan ada 102 unit bangunan seperti rumah, kios, hingga ruko dibakar massa.

Dirreskrimum Polda Papua, Kombes Pol Faizal Ramadhani, melaporkan sedikitnya 27 unit rumah tinggal, 51 kios, 9 rumah kos-kosan, 9 unit ruko, dan 6 unit bangunan pemerintahan yang dibakar massa.

Massa juga membakar 11 unit truk, 20 sepeda motor, dan 1 unit ekskavator.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat Kabupaten Boyolali masih terus dikebut oleh Dinkes, ditargetkan Agustus capai 50 warga Boyolali divaksin. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Terus Dikebut, Vaksinasi Boyolali Baru 34 Persen
Paguyuban guru TK PAUD desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, mengadakan kegiatan temu kangen di wisata air panas Plumpung, Nglobo, Sabtu, (16/10/2021). (Foto: Priyo Puji R)

Peristiwa

Cintai Alam, Guru PAUD Temu Kangen di Wisata Air Panas Nglobo
Foto: InfoPublik/ Eko Budiono

Peristiwa

Efek MotoGP Mandalika 2022, Pelaku UMKM Lombok Kulakan di Jawa dan Bali
Walikota Yogyakarta Haryadi secara simbolis menerima bantuan 15 unit konsentrator oksigen dari Goto kepada Pemkot Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pemkot Yogya Terima Donasi Konsentrator Oksigen dari Goto
Ilustrasi. Foto: Ist/InfoPublik

Peristiwa

Dua Haji asal Sragen Debarkasi Solo Ditinggal di Medan, Ini Alasannya
Sebanyak 71 pasang pengantin baru, saat tiba di Pendapa Kartini, Senin (21/3/2022).Mereka bukan hanya dinikahkan secara gratis oleh Bupati Jepara, namun juga dimanjakan dengan arak-arakan menggunakan andong dan resepsi. (Foto: Diskominfo Jepara)

Peristiwa

Bupati Jepara Mantu Geden, Pengantin Diarak dengan Andong
Setiap pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah setidaknya memperoleh bantuan logistik selama 10 hari. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pelaku ‘Gandeng Gendong’ Cukupi Kebutuhan Permakanan Pasien Isoman Kota Yogya
Suhajar Diantoro Plh Dirjen Adwil Kemendagri, batik merah bersama Bupati Boyolali M. Said Hidayat saat berada di Isolasi terpusat Brotowali 3 Singkel Desa Karanggeneng. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Isolasi Terpusat Tetap Menjadi Prioritas Tangani Pasien Covid-19