Home / Peristiwa

Jumat, 1 Oktober 2021 - 09:47 WIB

Kapolres Purworejo Siap Lindungi Warga Pendukung Proyek Bendungan Bener dari Ancaman dan Intimidasi

Kapolres Purworejo menerima audensi warga Wadas pendukung proyek pemerintah dan menagatakan akan mendamingi dan melindungi warga.    (Foto: Istimewa)

Kapolres Purworejo menerima audensi warga Wadas pendukung proyek pemerintah dan menagatakan akan mendamingi dan melindungi warga. (Foto: Istimewa)

NYATANYA.COM, Purworejo – Kapolres Purworejo AKBP Fachrurozi SIK memberikan pernyataan dengan tegas bahwa polisi akan memberikan dan menjamin keamanan, keselamatan sekaligus akan mengawal dan mendampingi warga Desa Wadas yang selama ini mendapat perkusi berupa intimidasi, ancaman dan tekanan dari sekelompok orang akibat mendukung proyek pemerintah berupa penambangan batu andesit sebagai bahan material pembangunan Bendungan Bener.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Purworejo saat menerima 100 orang lebih warga Desa Wadas yang mendatangi Mapolres Purworejo guna menyampaikan keluhan sekaligus mendukung kinerja dan tugas-tugas kepolisian Polres Purworejo dalam menjalankan fungsinya sebagai pelayan, pelindung serta pengayom masyarakat, Selasa (28/9/2021) siang.

“Terimakasih atas kedatangan sekaligus dukungan yang diberikan bapak-bapak dan ibu kepada kami. Saya terima keluhan dan akan segera mengambil tindakan dengan menerjunkan anggota untuk senantiasa berada di tengah-tengah warga Wadas. Ini negara hukum, sehingga tidak boleh siapapun melakukan tindakan-tindakan yang melanggar batas-batas hukum. Saya akan perintahkan Kapolsek beserta anggotanya untuk setiap saat memantau dan mendampingi warga Wadas,” tegas AKBP Fachrurozi.

Baca juga   Tiba di Bandara Sentani, Ganjar Disambut Maskot PON dan Putra-putri Papua

Sementara, perwakilan warga Wadas, Sabar (46)  menyampaikan, sudah banyak tindakan pelanggaran hukum dan pelanggaran HAM dilakukan oleh kelompok warga penolak proyek pemerintah terhadap warga pendukung pemerintah. Laporan juga sudah dilayangkan ke sejumlah instansi terkait serta aparat penegak hukum. Namun dirinya sangat menyayangkan, ketika polisi melaksanakan patroli di Wadas justru diisukan telah melakukan intimidasi kepada warga penolak proyek pemerintah.

“Warga penolak poyek pemerintah tersebut telah memutar balikkan fakta, telah membuat berita bohong dan fitnah. Mereka mengatakan menerima intimidasi dari polisi akibat laporan kami. Padahal justru mereka yang telah memperkusi warga,” kata Sabar.  

Sedangkan, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menanggapi, bahwa sejumlah personel kepolisian disebut mendatangi Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah, sejak 20 September, dimana desa tersebut menjadi lokasi penambangan batu andesit untuk proyek pembangunan Bendungan Bener.

Baca juga   365 Perajin UKM di Borobudur Dilatih Jualan Online

Ia menjelaskan bahwa kedatangan polisi di Wadas tersebut untuk patroli dan membagikan masker.

“Melaksanakan patroli. Patroli adalah tugas Polri dalam rangka harkamtibmas (pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat),” tegas Kombes Iqbal.

Menurut Iqbal, masyarakat yang mendukung penambangan justru mendapat intimidasi dan ancaman dari suatu kelompok. Polri pun memiliki bukti adanya intimidasi dan ancaman dari pihak di luar wilayah setempat.

“Kenapa harus terintimidasi dengan kehadiran patroli Polri kalau tidak merasa salah. Polri jangan dijadikan kambing hitam hanya karena melindungi masyarakat yang terancam jiwanya karena mendukung pembangunan Bendungan Wadas,” kata Iqbal beberapa waktu lalu.  (N2)

Share :

Baca Juga

Akses jalan tol Boyolali dibuka kembali sejak Minggu (25/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Gerbang Tol dan 20 Ruas Jalan di Boyolali Kembali Dibuka
Menkominfo Johnny G. Plate. (Foto: Humas Kominfo)

Peristiwa

Kominfo Umumkan Mitra 9 Area Paket KSO di Wilayah 3T
Job Fair Virtual Bantul 2021 resmi digelar mulai 12 Juli – 14 Juli 2021. (Foto:nyatanya.com/Humas Bantul)

Peristiwa

Job Fair Virtual Bantul 2021 Siap Tampung 2000 Tenaga Kerja Baru
Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyerahkan bantuan sembako kepada warga Banyubiru yang isoman. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Dana Desa Habis, 106 Warga Banyubiru Isoman
Selama musim panen tembakau diperkirakan terjadi peningkatan konsumsi elpiji di masyarakat hingga 12 persen. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Stok Elpiji Selama Musim Tembakau Aman
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X secara simbolis menanam pohon pencanangan Agroforestry di Alas Pengkol Sriharjo Imogiri Bantul. (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Hutan Tematik Agroforestry Dibangun di Kawasan Alas Pengkol
Upacara Perayaan HUT ke-75 Pemkot Surakarta berlangsung khidmad dan segerhana. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Gibran Rakabuming Raka, Pimpin Upacara Hut ke-75 Pemkot Surakarta
Jejaring 'Isoman Iso' sedang menyiapkan logistik untuk disalurkan kepada warga yang sedang isoman. (Foto: Humas Magelang)

Peristiwa

Komunitas Jejaring ‘Isoman Iso’ Bantu Warga Terpapar Covid-19