Home / Panggung

Jumat, 26 November 2021 - 10:36 WIB

Karanganyar Juarai Pertunra, Wonogiri Menangi Film Pendek

FK Metra Kabupaten Karanganyar menyabet juara pertama Petunra dengan mengangkat judul “Tratap Jingkat”. Sementara, film pendek milik KIM Sendang Kuncara Kabupaten Wonogiri meraih titel juara dengan judul “Isoman”. (Foto: Diskominfo Jateng)

FK Metra Kabupaten Karanganyar menyabet juara pertama Petunra dengan mengangkat judul “Tratap Jingkat”. Sementara, film pendek milik KIM Sendang Kuncara Kabupaten Wonogiri meraih titel juara dengan judul “Isoman”. (Foto: Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Pemprov Jateng mengapresiasi diseminasi informasi yang dilakukan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Apresiasi tersebut mewujud dalam pemberian hadiah lomba, pertunjukan rakyat (Petunra) dan film pendek, yang memuat informasi tentang adaptasi kebiasaan baru saat pandemi.

Pemberian hadiah bagi pemenang Petunra dan film pendek, disiarkan langsung melalui kanal Youtube Kominfo Jateng dan TVRI Jawa Tengah, Kamis (25/11/2021). Ada masing-masing enam karya pemenang yang berasal dari FK Metra maupun KIM.

FK Metra Kabupaten Karanganyar menyabet juara pertama Petunra dengan mengangkat judul “Tratap Jingkat”. Sementara, film pendek milik KIM Sendang Kuncara Kabupaten Wonogiri meraih titel juara dengan judul “Isoman”.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno mengatakan, perlombaan Petunra dan film pendek adalah bentuk apresiasi pemerintah, terhadap FK Metra dan KIM. Menurutnya, peran lembaga ini penting sebagai penyampai informasi di akar rumput.

“Komunikasi tradisional yang membumi kepada masyarakat penting. Karena sekarang tak semua masyarakat melek teknologi. Inilah Peran KIM dan FK Metra. Apalagi sekarang masyarakat membutuhkan informasi yang cepat,” ujarnya, seusai acara.

Baca juga   38 Perupa Lolos Seleksi Pameran Representasi #4: Pahlawan Nasional

Selain penyampai informasi, karya yang dibuat diharapkan dapat mengeliminasi peredaran berita palsu alias hoaks.

“Acara ini merupakan bentuk apresiasi kepada FK Metra dan KIM. Agar ke depan dapat mengkomunikasikan program pemerintah langsung ke masyarakat, secara mudah dan cepat,” imbuhnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jateng Riena Retnaningrum menyebut, fungsi FK Metra dan KIM merupakan jembatan komunikasi kepada masyarakat. Menurutnya, masyarakat saat ini membutuhkan informasi yang kaya kandungan manfaat.

“Adanya lomba ini sangat membantu terkait informasi protokol kesehatan. Program kearifan masyarakat Jogo Tonggo yang ditetapkan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur dapat diinformasikan agar warga bisa melaksanakan adaptasi kebiasaan baru dengan benar,” sebutnya.

Ke depan, ia berharap kedua lembaga ini dapat lebih inovatif dan memberikan informasi yang kaya kepada masyarakat. Ajang tersebut memberikan hadiah jutaan rupiah bagi para pemenang. Harapannya, apresiasi tersebut bisa menjadi pelecut kreativitas FK Metra dan KIM di Jateng.

Baca juga   Paranoia, Film Baru Riri Reza dan Mira Lesmana

Perlu diketahui, ajang Petunra FK Metra dan film pendek KIM telah digelar pada medio 2021. Pada lomba Petunra terdapat 32 wakil yang mengikuti acara. Sedangkan, pada ajang film pendek ada 24 kelompok yang ikut serta.

Pada ajang final, Petunra membuahkan enam pemenang. Juara I disabet oleh FK Metra Karanganyar, Juara II FK Metra Bahari Kota Tegal, Juara III FK Metra Kabupaten Temanggung. Kemudian Juara Harapan I FK Metra Kota Semarang, Juara Harapan II FK Metra Kota Surakarta, dan Juara Harapan III FK Metra Kabupaten Brebes.

Sedangkan, lomba film pendek KIM, Juara I KIM Sendang Kuncara Wonogiri, Juara II KIM Kelurahan Secang Magelang, Juara III KIM Manteb Karanganyar. Juara Harapan I KIM Desa Penggarit Pemalang, Juara Harapan II KIM Jatibarang Lor Brebes, dan Juara Harapan III KIM Desa Kapencar Wonosobo.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Denny Caknan. (Foto:nyatanya.com/YouTube Denny Caknan)

Panggung

Denny Caknan feat Guyon Waton Rilis ‘Widodari’
Kartun Edi Dharma berjudul Tembak. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Panggung

Edi Dharma, Kartunis Pejuang Kemanusiaan Asal Jambi
Pergelaran wayang bertemakan "Amanat 5 September". (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Panggung

Disbud Kota Yogya Gelar Wayang Sejarah “Amanat 5 September”
Via Vallen dalam single Ngalah. (Foto:Nyatanya.com/YouTube ascadamusik)

Panggung

Via Vallen Rilis Single Ngalah
Film drama dokumenter berjudul “Sun On The Lake” ini hanya menggunakan satu artis profesional, Noviana Sapitri yang berperan sebagai Dara. Sementara pemain lain diperankan oleh para pegawai Balai Taman Nasional Danau Sentarum. (Foto: Biro Humas KLHK)

Panggung

Sarat Pesan, Film “Sun On The Lake” Tak Sekadar Potret Keindahan Danau Sentarum
Karya Mella Jaarsma. (Foto:Biennale Jogja XVI)

Panggung

Digelar Hybrid, Biennale Jogja XVI Equator #6 Resmi Dibuka
Manteb Sudarsono, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Magelang menyerahkan wayang Werkudara kepada dalang muda Ki Teguh Setyanto. (Foto: humas/beritamagelang)

Panggung

Gali Potensi Pewayangan, Disdikbud Magelang Pentaskan Dalang Madya
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto: Humas Pemda DIY)

Panggung

Peringati Hari Aksara Internasional, Gubernur DIY Ajak Optimalkan Ranah Digital