Home / Militer

Kamis, 14 Oktober 2021 - 09:13 WIB

Kasal: Banggalah Menjadi Prajurit Marinir

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono saat memberikan motivasi kepada para siswa calon prajurit petarung Marinir TNI AL yang sedang menjalani tahap Lintas Medan (Limed) Latihan Praktek Pendidikan Komando (Lattek Dikko) saat melintas di lautan pasir, Gunung Bromo, Probolinggo, Rabu (13/10/2021). (Foto Dispenal)

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono saat memberikan motivasi kepada para siswa calon prajurit petarung Marinir TNI AL yang sedang menjalani tahap Lintas Medan (Limed) Latihan Praktek Pendidikan Komando (Lattek Dikko) saat melintas di lautan pasir, Gunung Bromo, Probolinggo, Rabu (13/10/2021). (Foto Dispenal)

NYATANYA.COM, Probolinggo – Bergabung menjadi prajurit Marinir Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) merupakan suatu kebanggaan, sehingga setiap individu harus mampu menunjukkan kebanggaannya dengan menjaga kehormatan dan kemampuan tempur prajurit Marinir.

“Sanggup kalian menjadi Marinir?, Sanggup kalian menjadi Marinir?,” demikian pertanyaan yang dilontarkan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat memberikan motivasi kepada para siswa calon prajurit petarung Marinir TNI AL yang sedang menjalani tahap Lintas Medan (Limed) Latihan Praktek Pendidikan Komando (Lattek Dikko) saat melintas di lautan pasir, Gunung Bromo, Probolinggo, Rabu (13/10/2021).

Kebanggaan tersebut menurut Kasal harus ditanamkan dalam diri setiap calon prajurit Marinir, karena memiliki kemampuan tempur yang tidak dimiliki prajurit lain. Bangga sebagai prajurit-prajurit yang tangguh, yang profesional dan harus kuat menghadapi segala medan, di hutan, di gunung dan di laut dengan segala resikonya menjadi prajurit marinir.

Baca juga   Satgas Yonif 512/QY Bagikan Pakaian di Tapal Batas Papua

“Banggalah kalian menjadi prajurit yang bisa di darat, di laut, di udara yang tidak dimiliki prajurit-prajurit lain, ya sehingga kalian harus bangga menjadi prajurit-prajurit Marinir,” lanjut Kasal memberi semangat.

Kemudian Kasal juga berpesan bahwa beratnya mengikuti Dikko Marinir harus diambil hikmahnya.

“Ambil hikmahnya bahwa nanti kalian juga akan mengalami seperti ini ketika nanti dinas, kalian akan melaksanakan operasional di lapangan setelah lulus nanti, di medan-medan seperti ini, sehingga sudah dilatihkan dari awal, medan baik di gunung, di laut, baik di datar maupun ketinggian, jurang, itulah yang akan kalian jalani selama melaksanakan kedinasan,” ujarnya.

Limed dari Banyuwangi hingga Surabaya yang menempuh jarak sekitar 300 kilometer ini merupakan tahap akhir dari rangkaian Pendidikan Komando yang harus ditempuh oleh seorang calon prajurit Marinir.

Dikko berlangsung selama kurang lebih 77 hari, diawali dengan tahap dasar komando, tahap laut, tahap hutan, tahap Gerilya Lawan Gerilya (GLG) dan ditutup dengan Limed.

Baca juga   Satgas Yonif 512/QY Amankan Penyaluran Dana Desa di Papua Agar Patuhi Prokes

Lattek Dikko Angkatan ke-166 ini diikuti sebanyak 520 orang, terdiri dari 23 Taruna AAL Korps Marinir Tingkat III Angkatan ke-68, 149 siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XL/1, 150 Dikmaba TNI AL Angkatan XL/2, dan 198 siswa Dikmata TNI AL Angkatan XL/2 yang sedang menempuh pendidikan di Kodikmar.

Selanjutnya Kasal yang didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono melepas keberangkatan Limed Etape-11 Gunung Bromo-Nongko Jajar dan mengikuti para siswa Dikko hingga sejauh 5 kilometer.

Turut serta mengikuti kegiatan ini para pejabat diantaranya Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksdya TNI Nurhidayat, para Asisten Kasal, Pangkoarmada II, Dankormar, Gubernur AAL, Kadispenal, Danpasmar 2 serta Dankodikmar. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Danrem 072/Pamungkas (Danrem 072/Pmk) Brigjen TNI Afianto mengikuti upacara peringatan HUT ke-76 TNI di wilayah DIY secara virtual di Akademi Angkatan Udara. (Foto: Penrem 072)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Ikuti Upacara Peringatan HUT ke-76 TNI Secara Virtual
Bupati Klaten, Sri Mulyani membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III dan Karya Bhakti Mandiri Klaten Bersinar (KBMKB) Ke-10 tahun 2021 Kodim 0723/ Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

Militer

Betonisasi Jalan dan Rehab Tempat Ibadah, TMMD Sengkuyung Tahap III di Klaten Dimulai
Panglima TNI Marsekal TNI (H.C) Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P didampingi Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dan Menkes Ir. Budi Gunadi tinjau PPKM Darurat di Prambanan. (Foto:nyatanya.com/Penrem072)

Militer

Panglima TNI Tinjau Serbuan Vaksinasi dan PPKM Darurat di Yogyakarta
Prajurit Yonmek 512/QY bagikan pakaian kepada warga perbatasan. (Foto: Penerangan Yonmek 512/QY)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Bagikan Pakaian di Tapal Batas Papua
Ketua Persit KCK Koorcab Rem 072 PD IV/Diponegoro Ny Rina Afianto berfoto bersama anak Yatim Keluarga Besar TNI. (Foto: Penrem 072/Pmk)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Santuni Anak Yatim Keluarga Besar TNI
Prajurit Sagas Yon 512/QY berikan layanan kesehatan warga perbatasan. (Foto: dokumentasi Penerangan Yon 512/QY)

Militer

TNI Berikan Pelayanan Kesehatan dan Sosialisasikan Prokes di Tapal Batas
Prajurit Yonmek 512/QY melakukan pengecekan suhu tubuh kepada warga yang melintas. (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Jadi Motivator Pendisiplinan Prokes Covid-19 di Ujung Timur Indonesia
Dansatgas Yonif 403/WP potong tumpeng dalam acara syukuran HUT ke-56 satuannya. (Foto: dukomentasi Yonif 403/WP)

Militer

HUT Batalyon Ke-56, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Gelar Tumpengan di Perbatasan RI-PNG