Home / Militer

Selasa, 19 April 2022 - 17:39 WIB

Kasdim 0734/Kota Yogyakarta Hadiri Pencanangan Wisma Pancasila Lapas Wirogunan

Pencanangan Wisma Pancasila Lapas kelas IIA (Wirogunan) Yogyakarta, serta Penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan sebagai Semangat untuk Mencintai Pancasila di Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Tamansiswa Yogyakarta, Selasa (19/04/2022).
 Foto: Pendim 0734/Yk

Pencanangan Wisma Pancasila Lapas kelas IIA (Wirogunan) Yogyakarta, serta Penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan sebagai Semangat untuk Mencintai Pancasila di Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Tamansiswa Yogyakarta, Selasa (19/04/2022). Foto: Pendim 0734/Yk

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Kasdim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Arh Tjatur Supriyono, S.Si., M.Sc mewakili Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Arif Harianto menghadiri acara Pencanangan Wisma Pancasila Lapas kelas IIA (Wirogunan) Yogyakarta, serta Penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan sebagai Semangat untuk Mencintai Pancasila di Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Tamansiswa Yogyakarta, Selasa (19/04/2022).

Kasdim dalam sambutannya menyampaikan, Pancasila adalah Ideologi Bangsa Indonesia. Pasca era reformasi muncul fobia terhadap Pancasila, lunturnya jiwa nasionalisme, moralitas bangsa menurun dan masyarakat merasa asing terhadap Pancasila serta nilai-nilai Pancasila.

Hal Ini menjadi tantangan kita semua untuk bersama-sama menguatkan kembali Ideologi Negara yaitu Pancasila dalam kehidupan Sehari-hari.

Foto: Pendim 0734/Yk

“Terimakasih kepada Lapas Kelas IIA Yogyakarta yang sudah mencanangkan Wisma Pancasila. Hal ini sejalan dengan program pemerintah Kota Yogyakarta bersama Kodim 0734/Kota Yogyakarta yang pada saat ini telah dan sedang membentuk kampung Pancasila di masing-masing Kemantren minimal satu Kampung Pancasila. Setidaknya ini bisa sebagai percontohan untuk Lapas yang lain di wilayah DIY,” ucap Kasdim.

Baca juga   Desa Anti Korupsi, Implementasi Nyata dalam Mendukung Budaya Anti Korupsi

Ka Lapas Kelas IIA Yogyakarta Soleh Joko Sutopo, Bc.I.P., S.H., M.Si menyampaikan bahwa saat ini Lembaga Pemasyarakatan telah menggunakan Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN), yang menjadi syarat bagi Warga Binaan untuk mendapatkan remisi dan program integrasi tidak terkecuali bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Yogyakarta.

“Kesadaran hukum, berbangsa dan bernegara adalah bagian penting dalam pembinaan kepribadian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Dengan mengikuti penyuluhan wawasan kesadaran berbangsa dan Pencanangan Wisma Pancasila warga binaan pemasyarakatan diharapkan bisa mendapatkan pengetahuan dan memperkuat akan kesadaran berbangsa dan bernegara,” tutur Ka Lapas.

Baca juga   Pemkot Yogyakarta Mulai Terapkan Identitas Kependudukan Digital

Ditempat yang sama Kepala Divisi Lembaga Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kumham DIY Ibu Gusti Ayu Putu Suwardani menyampaikan rasa terimakasih kepada Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Kesbangpol Kota Yogyakarta dan Polresta Yogyakarta atas kerjasamanya sehingga terbentuk Wisma Pancasila di Lapas Kelas IIA Yogyakarta.

“Semoga awal dicanangkannya Wisma Pancasila di Lapas Kelas IIA Yogyakarta menjadi contoh bagi Lapas/ Rutan yang lain untuk juga mencanangkan dibentuknya Lapas/Rutan yang berwawasan Pancasila,” ucapnya.

Acara tersebut di hadiri juga Kapolsek Pakualaman Kompol Sigit Ariyanto Adi S.St., M.N, Danramil 05 Pakualaman Mayor Inf Joko Susanto, Sekretaris Kesbangpol Kota Yogyakarta bapak Rumpis.

(N1)

Share :

Baca Juga

Batalyon Infanteri Mekanis 403/WP melalui kegiatan berbagi Takjil untuk berbuka puasa pada masyarakat pengguna jalan yang melintasi depan Asrama Yonif Mekanis 403/WP. (Foto: Dok.Yonif Mekanis 403/WP)

Militer

Momentum Ramadan, Yonif Mekanis 403/WP Berbagi Takjil untuk Masyarakat
Pelda Daryono bergabung dengan ibu-ibu warga Karangasem untuk bantu memasak. (Foto : Pendim0732/Sleman)

Militer

Jago Masak, Pelda Daryono Bantu Siapkan Makan di Lokasi TMMD Reg Kodim Sleman
Kasrem 072/Pamungkas hadiri acara HUT Bhayangkara. (Foto:istimewa)

Militer

Kasrem 072/Pamungkas Hadiri Syukuran Hari Bhayangkara Ke-77
Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya dipimpin Serda Yulius Nampe memberikan bantuan alat tulis kepada anak-anak sekolah di wilayah binaan Kampung Kaugapu Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika, Kamis (5/1/2023). Foto: Pen Kodim 1710/Mimika

Militer

Bagikan Buku Tulis, Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Motivasi Semangat Belajar Anak-anak Perbatasan
Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono dan Ketua PWI DIY, Drs Hudono SH dalam gelar coffee morning. Foto: Agoes Jumianto

Militer

Bangun Sinergitas dan Silaturahmi, Korem 072/Pamungkas Gelar Coffee Morning Bersama Insan Media
Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono S.I.P., M.Si. bersilaturahmi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bertempat di Gedhong Wilis, kompleks Kepatihan Suryatmajan, Kapanewon Danurejan, Kota Yogyakarta, Kamis (16/6/2022). Foto: Penrem 072/Pmk

Militer

Danrem 072/Pamungkas Silaturahmi dengan Gubernur DIY
Menjelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, TNI Angkatan Laut (TNI AL) memperkuat pengamanan di akses masuk ke wilayah Bali melalui perairan. Foto: Dispenal

Militer

Jelang KTT G20, TNI AL Perkuat Pengamanan Akses Pelabuhan
Foto: Penrem 174/ATW Merauke

Militer

Dankolakopsrem 174/ATW Merauke Lepas Purna Tugas Pamtas Yonif 123/RW dan Yonif 410/ALG