Home / News

Jumat, 2 Juli 2021 - 13:25 WIB

Kasus Corona Terus Melonjak, Klaten Siapkan Isolasi Terpusat di Tiap Kecamatan

Bupati Klaten Sri Mulyani. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten

Bupati Klaten Sri Mulyani. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten

NYATANYA.COM, Klaten – Bupati Klaten Sri Mulyani meminta para camat di wilayahnya, segera menyiapkan isolasi terpusat di 26 kecamatan. Langkah ini merupakan respon terhadap lonjakan Covid-19 di wilayah tersebut yang sepekan terakhir menyentuh angka kumulatif 14.457 kasus.

Instruksi tersebut disampaikannya pada Rakor Penanganan Covid 19 di Pendopo Agung Setda Klaten, Rabu (30/6/2021). Bupati memerintahkan agar segera disiapkan lokasi, sarana prasarana kesehatan, dan operasionalnya, dengan melibatkan tenaga medis maupun potensi masyarakat.

“Dengan adanya kasus ini, kita harus mengambil tindakan memaksimalkan isolasi terpusat di tingkat kecamatan. Kriteria lokasi diusahakan jauh dari lingkungan masyarakat. Perhatikan segi kenyamanan, untuk menghindari kontak erat dengan masyarakat yang sehat,” jelasnya.

Kemudian untuk memenuhi sarana dan prasarana isolasi terpusat yang masih kurang, Sri Mulyani meminta camat berperan aktif mencari solusi mengatasi kendala tersebut. Salah satunya dengan menggerakan semangat gotong royong.

Baca juga   Berantas Konten Judi Online, Kominfo Siagakan Patroli Siber 24 Jam

“Undang kepala desa dan setiap desa di Klaten pasti ya ana wong sugih atau orang mampu. Pasti bisa dan mau kalau diajak rembugan menyiapkan isolasi terpusat. Jadi isolasi terpusat tidak hanya sekadar setor lokasi, tapi bagaimana dari teknisnya nanti tidak membuat para pasien positif corona ini tidak mlayu nyangdi-nyangdi,” tegas bupati.

Pada kesempatan tersebut, Sri Mulyani juga menyorot rendahnya disiplin masyarakat, utamanya di wilayah pelosok, untuk mematuhi aturan. Padahal sudah dibuat regulasi melalui Surat Edaran Bupati.

“Saya minta tolong kepada camat untuk mengumpulkan seluruh kepala desa, agar Jogo Tonggo-nya dimaksimalkan. Kalau perlu kita datangi dan segera membuat isolasi terpusat di daerah tersebut. Kita ambil orang di daerah dengan kasus yang banyak dan kita tempatkan di isolasi terpusat. Isyaallah efek jera masyarakat kita akan ada,” ujar Sri Mulyani.

Baca juga   Vanessa Angel dan Bibi Dimakamkan di Taman Makam Islam Jakarta

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten Ronny Roekmito menerangkan, ada empat faktor pengungkit penyebab lonjakan kasus Covid-19. Faktor ini penting dipahami sebagai bahan evaluasi.

Yang pertama, katanya, efek libur lebaran, di mana mobilitas masyarakat meningkat tajam. Kedua, ditengarai adalah varian baru yang masuk ke Indonesia penyebarannya lebih cepat dan dampaknya yang besar.

“Ketiga yang tidak kita rasakan adalah euforia (kegembiraan) pascavaksin. Jadi setelah menerima vaksinasi, beberapa masyarakat merasa kebal sudah merasa imunitasnya tinggi, sehingga abai terhadap protokol kesehatan. Dan keempat adalah kejenuhan masyarakat dalam menghadapi situasi (pandemi) Covid ini,” terang Ronny.(*)

Share :

Baca Juga

Foto: InfoPublik.id

News

Antisipasi Lonjakan Penumpang Lebaran, Bandara YIA Tambah Jam Operasional
Menteri Bappenas, Suharso Monoarfa. (Foto: Bappenas)

News

“Nusantara” akan Jadi Nama Ibu Kota Negara Baru di Kalimantan Timur
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melaksanakan Salat Idulfitri di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Senin (2/5/2022). Foto: Humas Jateng

News

Salat Id di Simpang Lima, Ganjar: Masyaallah Ini Luar Biasa
Bupati Karanganyar Juliyatmono meninjau kesiapan peralatan siaga bencana milik Satgas gabungan. (foto: istimewa)

News

Bupati Karanganyar : Antisipasi Karhutla Butuh Kerjasama Semua Elemen
Foto: ANTARA

News

Ini yang Harus Dilakukan Agar Paspor RI Tak Ditolak di Jerman
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (Foto: Puspen TNI)

News

Panglima TNI Tinjau Kesiapan Keamanan dan Gladi Pembukaan PON Papua
Presiden Jokowi menerima Penghargaan Perdamaian Internasional Imam Hasan bin Ali 2022 yang diserahkan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (7/11/2022). Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Jokowi Terima Penghargaan Perdamaian Internasional Imam Hasan bin Ali 2022
Tim gabungan melakukan operasi pencarian korban pasca longsor yang melanda Dusun Supit, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur pada Selasa (4/6/2024). Foto: BPBD Kab.Lumajang.

News

Petugas Gabungan Lakukan Pencarian Korban Longsor di Lumajang, 1 Korban Ditemukan Meninggal