Home / News

Jumat, 25 Februari 2022 - 23:29 WIB

Kasus Covid -19 di DIY Meroket, Sri Sultan Imbau Tingkatkan Prokes

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau masyarakat untuk tetap patuh pada penerapan disiplin protokol kesehatan. (Foto: Humas Pemda DIY)

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau masyarakat untuk tetap patuh pada penerapan disiplin protokol kesehatan. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Beberapa hari terakhir, konfirmasi kasus Covid-19 semakin meningkat hingga menyentuh angka di atas 2000 kasus per hari.

Berdasarkan hal tersebut, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau masyarakat untuk tetap patuh pada penerapan disiplin protokol kesehatan.

Ditemui di kantornya, Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta, pada Kamis (24/2/2022) Sri Sultan memaparkan, saat ini permasalahan bukan pada penutupan ataupun pembukaan akses ke DIY. Namun lebih kepada disiplin protokol kesehatan, terutama menghindari kerumunan dan memakai masker.

“Kesadaran masyarakat disiplin protokol kesehatan seperti memakai masker itu penting. Kalau kena OTG ya sudah di rumah aja,” kata Sri Sultan.

Varian baru Omicron ini menurut Sri Sultan memang sangat cepat penularannya. Untuk itu menghindari kerumunan memang menjadi salah satu upaya ampuh mencegah penularan.

Sri Sultan bahkan tidak akan segan meniadakan kesenian-kesenian yang digelar di ruang publik seperti misalnya Malioboro agar menghindari kerumunan.

“Saya minta diberhentikan aja dulu karena semua terus bergerombol di situ, nanti risikonya jadi besar. Tolong teman-teman media juga turut mengedukasi masyarakat untuk mau menjaga penerapan protokol kesehatan dan memakai masker, itu sesuatu yang sangat penting.”

Baca juga   Temui Kapolres Sleman, Korban Penganiayaan Berharap Laporan Kasusnya Ditindaklanjuti

Mengantisipasi jumlah kenaikan kasus yang diprediksi masih akan terjadi, Sri Sultan mengatakan sudah menyiapkan shelter tambahan. Menurutnya, saat ini kebutuhan shelter masih bisa diatasi.

Namun Sri Sultan tetap menekankan penambahan jumlah shelter ini tetap harus diikuti dengan disiplin prokes yang ketat.

“Penambahan shelter tidak ada masalah, kita sudah menyiapkan di Hotel Mutiara, kalau penuh kami masih punya shelter PU di Kalasan. Tetapi masalahnya saat ini adalah bagaimana kesadaran warga masyarakat itu tidak turun. Dalam arti tidak turun itu semaunya sendiri berkerumun, tidak memakai masker dan sebagainya ya jangan,” ungkap Sri Sultan.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas, Biro Umum, Humas dan Protokol Setda DIY Ditya Nanaryo Aji menjelaskan bahwa penambahan angka kasus harian Covid-19 di DIY telah melampaui rekor tertinggi sebelumnya.

Menurutnya, per 24 Februari 2022 terjadi penambahan kasus konfirmasi Covid-19 di DIY sebanyak 2.866 kasus. Total kasus terkonfirmasi menjadi 182.758 kasus.

Baca juga   Waduh! Pesawat Kargo Asal Tiongkok Mendarat Tanpa Izin di Bandara Soetta

Untuk penambahan kasus sembuh sebanyak 814 kasus, sehingga total sembuh menjadi 155.671 kasus. Penambahan kasus meninggal sebanyak 8 kasus, sehingga total kasus meninggal menjadi 5338 kasus.

“Distribusi kasus terkonfirmasi Covid-19 menurut domisili wilayah Kabupaten dan Kota adalah, Kota Yogyakarta 508 kasus, Bantul 844 kasus, Kulon Progo 254, Gunungkidul 149 dan Sleman 1111 kasus,” papar Ditya.

Ditya menambahkan, distribusi kasus sembuh menurut domisili wilayah kabupaten dan kota adalah, Yogyakarta 262 kasus, Bantul 151 kasus, Kulon Progo 38 kasus, Gunungkidul 13 kasus dan Kabupaten Sleman 350 kasus.

Untuk kasus meninggal, Kabupaten Bantul 3 kasus, Kabupaten Kulon Progo 1 kasus, Kabupaten Gunungkidul 1 kasus, Kabupaten Sleman 3 kasus dan tidak ada kasus meninggal di Kota Yogyakarta.

“Kalau untuk rincian per hari ini, sementara mereka yang terkonfirmasi ini ada 713 kasus yang periksa atau swab mandiri, sedangkan sisanya atau 2153 kasus dari hasil tracing kasus positif,” tutup Ditya.

(N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Humas BSI

News

BSI Salurkan Bantuan Tahap Pertama untuk Korban Gempa Cianjur
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan usai melakukan Rapat Koordinasi Pembukaan Bandara Juanda untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) termasuk umrah di Hotel JW Marriot Surabaya, Jumat (11/3/2022). (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

News

Perjalanan Umrah dan Luar Negeri Lewat Bandara Juanda Segera Dibuka
Presiden Jokowi. Foto: BPMI Setpres

News

Peroleh Penghargaan dari IRRI, Bukti Indonesia Swasembada Pangan
Foto: mypertamina.id

News

Beberapa Jam Lagi Harga BBM Naik! Pertamina Mengimbau Masyarakat Tak Perlu Panik
Petugas gabungan kembali menggelar penyekatan di Tugu Ireng, Kecamatan Salam, Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Petugas Gabungan Kembali Gelar Penyekatan di Perbatasan Jateng-DIY
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

News

Puan: Undang-Undang yang Benar Adalah Berguna bagi Bangsa dan Bermanfaat untuk Rakyat
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Istimewa)

News

Sampaikan Ucapan Jumat Agung, Kapolri: Momen Perbaiki Diri Jadi Lebih Baik
Sri Sultan saat bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-76 RI di Istana Kepresidenan Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

HUT ke-76 RI di Yogya Digelar Sederhana, Sri Sultan Ajak Warga Berbesar Hati