Home / Peristiwa

Sabtu, 20 November 2021 - 00:51 WIB

Kayu Sengon Indonesia Berpeluang Kuasai Pasar Global

Menurut Dirjen PEN Kemendag, pihaknya terus berupaya memanfaatkan potensi kayu Indonesia, dengan memperkuat jaringan rantai bisnis ekspor kayu sengon untuk pasar global. (Foto: Antara)

Menurut Dirjen PEN Kemendag, pihaknya terus berupaya memanfaatkan potensi kayu Indonesia, dengan memperkuat jaringan rantai bisnis ekspor kayu sengon untuk pasar global. (Foto: Antara)

NYATANYA.COM, Jakarta – Perusahaan Indonesia dinilai berpeluang untuk menguasai pasar kayu global, dengan meningkatnya kebutuhan komoditas tersebut di seluruh dunia, seiring dengan pertumbuhan populasi manusia.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Dirjen PEN Kemendag), Didi Sumedi, mengatakan peluang tersebut bisa diraih melalui strategi memasok produk kayu ringan yang ramah lingkungan, seperti sengon secara berkesinambungan ke pasar negara maju.

“Indonesia sebagai salah satu lumbung kayu terbesar di dunia harus dapat menguasai pasar global. Salah satunya dengan cara memasok kayu ringan secara berkesinambungan. Strategi ini sejalan dengan kecenderungan permintaan konsumen yang menginginkan material ringan, fleksibel dalam pengaplikasiannya, dan yang terpenting ramah lingkungan,” ujar Dirjen PEN Kemendag dalam keterangan resmi yang diterima InfoPublik pada Kamis (18/11/2021).

Baca juga   Seluncuran Kenpark Surabaya Ambrol Kondisinya Sudah Lapuk, Ini Kata Polisi

Menurut Dirjen PEN Kemendag, pihaknya terus berupaya memanfaatkan potensi kayu Indonesia, dengan memperkuat jaringan rantai bisnis ekspor kayu sengon untuk pasar global.

Hal ini karena kebutuhan kayu dunia yang mencapai US$2,1 triliun per tahun (sekitar Rp29,8 kuadraliun) dinilai sangat berpotensi mendukung upaya menyejahterakan petani dan mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.

“Sebagai upaya memperkuat rantai bisnis kayu ringan sengon, Kemendag memfasilitasi pertemuan bisnis antara petani kayu sengon dari Kalimantan Tengah dan pelaku industri kayu ringan se-Indonesia dengan menggelar penjajakan kesepakatan dagang (business matching) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah Senin (15/11/2021) lalu,” imbuh dia.

Kegiatan tersebut, kata dia, diikuti 25 petani sengon binaan Fairventures Worldwide dan perusahaan-perusahaan anggota Indonesia Light Wood Association (ILWA).

Baca juga   Meski Diizinkan Buka Kembali, Belum Semua Pedagang Pasar Berjualan

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan menambahkan, business matching tersebut bertujuan mempertemukan petani sengon Palangkaraya sebagai pemasok dengan industri dalam negeri sebagai offtaker.

Kegiatan business matching ini, menurutnya merupakan rangkaian dari program pengembangan ekspor kayu ringan yang dijalankan Kemendag bersama berbagai pemangku kepentingan sejak 2014.

“Ketika petani panen raya perdana sengon pada 2022 mendatang, telah ada mekanisme rantai pasok yang terbentuk dan menguntungkan kedua belah pihak. Hal ini penting untuk memastikan bahwa program pelestarian alam berkontribusi terhadap kegiatan perdagangan, sehingga di masa depan akan terus berkelanjutan,” kata Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Odong-odong yang sebabkan 10 orang meninggal akibat ditabrak kereta api di Serang. Foto: Ist

Peristiwa

Perakit Odong-odong yang Tewaskan 10 Orang Ditetapkan Terssangka, Namun Tak Ditahan
Pemkot Surakarta kembali dapat bantuan oksigen dari PT Shopee Indonesia. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Pemkot Surakarta Kembali Terima Bantuan 200 Tabung Oksigen dari PT Shopee Indonesia
Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Batang, Tri Bakdo S, mengutarakan, Narkoba bisa disalahgunakan oleh siapa pun. Maka pelaku seni yang dianggap dekat dengan penyalahgunaan Narkoba digandeng BNN untuk bersama-sama melakukan pencegahan. (Foto:MC Kab Batang)

Peristiwa

Rangkul Pelaku Seni, BNNK Batang Sosialisasi Bahaya Narkoba
Launching Sistem Informasi Pariwisata Kota Wali (SIPARTALI) di Panggung Kesenian Tembiring Demak, Kamis (18/11/21). (Foto:Kominfo/put/ist)

Peristiwa

Demak Berpeluang Masuk ke Jejaring Indonesia Creative City Network
Kapolres Sorong AKBP Iwan P Manurung, S.IK, saat menggelar konferensi pers di Mapolres Aimas, Selasa (9/8/2022). Foto: Ist/InfoPublik.id

Peristiwa

Bunuh Bayi Hugel Secara Sadis, Seorang Ibu di Sorong Dijerat Pasal Berlapis
Foto: Dispenal

Peristiwa

Tim SAR Gabungan TNI AL Evakuasi Korban KM Express Cantika 77
Vaksinasi yang digelar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

PCNU Klaten Vaksinasi 1.000 Warganya
Bupati Jepara Dian Kristiandi saat mengunjungi salah satu gurunya Sri Wasitoningsih, bertepatan dengan Hari Guru Nasional. (Foto: MC Kab Jepara)

Peristiwa

Senangnya Guru Ini Didatangi Muridnya yang Jadi Bupati Jepara