Home / Peristiwa

Sabtu, 20 November 2021 - 00:51 WIB

Kayu Sengon Indonesia Berpeluang Kuasai Pasar Global

Menurut Dirjen PEN Kemendag, pihaknya terus berupaya memanfaatkan potensi kayu Indonesia, dengan memperkuat jaringan rantai bisnis ekspor kayu sengon untuk pasar global. (Foto: Antara)

Menurut Dirjen PEN Kemendag, pihaknya terus berupaya memanfaatkan potensi kayu Indonesia, dengan memperkuat jaringan rantai bisnis ekspor kayu sengon untuk pasar global. (Foto: Antara)

NYATANYA.COM, Jakarta – Perusahaan Indonesia dinilai berpeluang untuk menguasai pasar kayu global, dengan meningkatnya kebutuhan komoditas tersebut di seluruh dunia, seiring dengan pertumbuhan populasi manusia.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Dirjen PEN Kemendag), Didi Sumedi, mengatakan peluang tersebut bisa diraih melalui strategi memasok produk kayu ringan yang ramah lingkungan, seperti sengon secara berkesinambungan ke pasar negara maju.

“Indonesia sebagai salah satu lumbung kayu terbesar di dunia harus dapat menguasai pasar global. Salah satunya dengan cara memasok kayu ringan secara berkesinambungan. Strategi ini sejalan dengan kecenderungan permintaan konsumen yang menginginkan material ringan, fleksibel dalam pengaplikasiannya, dan yang terpenting ramah lingkungan,” ujar Dirjen PEN Kemendag dalam keterangan resmi yang diterima InfoPublik pada Kamis (18/11/2021).

Baca juga   Bantu Cakupan Gizi Anak, Pemkot Yogya Tambah Kampung Sayur

Menurut Dirjen PEN Kemendag, pihaknya terus berupaya memanfaatkan potensi kayu Indonesia, dengan memperkuat jaringan rantai bisnis ekspor kayu sengon untuk pasar global.

Hal ini karena kebutuhan kayu dunia yang mencapai US$2,1 triliun per tahun (sekitar Rp29,8 kuadraliun) dinilai sangat berpotensi mendukung upaya menyejahterakan petani dan mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.

“Sebagai upaya memperkuat rantai bisnis kayu ringan sengon, Kemendag memfasilitasi pertemuan bisnis antara petani kayu sengon dari Kalimantan Tengah dan pelaku industri kayu ringan se-Indonesia dengan menggelar penjajakan kesepakatan dagang (business matching) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah Senin (15/11/2021) lalu,” imbuh dia.

Kegiatan tersebut, kata dia, diikuti 25 petani sengon binaan Fairventures Worldwide dan perusahaan-perusahaan anggota Indonesia Light Wood Association (ILWA).

Baca juga   BMKG: Hujan Lebat Masih Berpotensi Terjadi 3 Hari ke Depan di Kota Padang

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan menambahkan, business matching tersebut bertujuan mempertemukan petani sengon Palangkaraya sebagai pemasok dengan industri dalam negeri sebagai offtaker.

Kegiatan business matching ini, menurutnya merupakan rangkaian dari program pengembangan ekspor kayu ringan yang dijalankan Kemendag bersama berbagai pemangku kepentingan sejak 2014.

“Ketika petani panen raya perdana sengon pada 2022 mendatang, telah ada mekanisme rantai pasok yang terbentuk dan menguntungkan kedua belah pihak. Hal ini penting untuk memastikan bahwa program pelestarian alam berkontribusi terhadap kegiatan perdagangan, sehingga di masa depan akan terus berkelanjutan,” kata Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Wagub Jateng Gus Yasin Maimoen saat mendampingi kunjungan kerja Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ke Solo Raya. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Wagub Gus Yasin, Vaksinasi Solo Raya Bagus!
Sisi barat selasar Malioboro ini biasanya dipenuhi lapak pedagan kerajinan dan oleh-oleh. Selama PPKM Level 4 mereka pun patuhi buka sesuai peraturan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Patut Dicontoh! PKL Tertib Jalankan Aturan PPKM Level 4
Sri Sultan melihat stand-stand UKM DIY yang berpartisipasi pada Gelaran SiBakul didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, serta Kepala PT Pos Indonesia. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Berdayakan Koperasi dan UMKM Melalui Pasar “Gelaran SiBakul”
Suhajar Diantoro Plh Dirjen Adwil Kemendagri, batik merah bersama Bupati Boyolali M. Said Hidayat saat berada di Isolasi terpusat Brotowali 3 Singkel Desa Karanggeneng. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Isolasi Terpusat Tetap Menjadi Prioritas Tangani Pasien Covid-19
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meresmikan program rintisan Polsek Ramah Anak (PRA) Jumat (10/12/2021) di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta.

Peristiwa

Kota Yogyakarta Kini Punya Polsek Ramah Anak
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi melantik Pengurus Karang Taruna Kota Yogyakarta (KT Kota) Periode 2021 – 2026 pada Minggu (14/11/2021) di ruang Bima, Kompleks Balaikota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Wakil Walikota Lantik Pengurus Karang Taruna Kota Yogya
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo secara simbolis menyerahkan bantuan kepada anak yatim piatu korban Covid-19. (Foto:Humas Sleman)

Peristiwa

Kemensos Serahkan Bantuan Nutrisi untuk Anak Korban Covid-19 di Sleman
Pengelola Stand Blessing, Sitha menjual boneka maskot PON Kangpho dan Drawa. (Foto: Humasppm)

Peristiwa

Raup Untung dari Jual Maskot, Gebyar PON XX Gerakkan Ekonomi Papua