Home / News

Minggu, 27 November 2022 - 08:40 WIB

Kebaya Diklaim 4 Negara ASEAN, Ini Kata Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo. Foto: Diskominfo Jateng

Ganjar Pranowo. Foto: Diskominfo Jateng

NYATANYA.COM, Surakarta – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanggapi isu pakaian kebaya yang diklaim oleh empat negara ASEAN sebagai warisan budayanya.

Bahkan keempat negara, yakni Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia dan Thailand, telah mengajukan klaimnya ke UNESCO.

“Iya, sebenarnya kita langsung gabung ikut mendaftarkan saja,” ujar Ganjar, seusai membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) E-Sports Jawa Tengah di Surakarta, Sabtu (26/11/2022) dikutip dari portal resmi Pemprov Jateng.

Bukan hanya kebaya, kata Ganjar, perlu dilakukan identifikasi terkait dengan kekayaan tak benda yang dimiliki Indonesia. Lalu, didaftarkan segera ke UNESCO.

Baca juga   Pacu Penuntasan RTLH, Pemprov Jateng Akan Tingkatkan Dana Bankeupemdes

“Dan seluruh kekayaan tak benda kita, karena kondisi dunia seperti itu, sekarang daftarkan semuanya. Banyak-banyakan kalau tidak, nanti akan diambil orang,” terangnya.

Diakui, negara lain dapat mengklaim kebaya, seperti halnya batik. Pakaian khas Indonesia itu sempat diklaim, di antaranya Malaysia dan China.

“Semua bisa mengklaim layaknya batik, tapi rasa-rasanya orang berkebaya yang saya tahu ya orang indonesia. Maka, pakailah kebaya, jangan pakai baju adat orang lain,” tegas Ganjar.

Baca juga   Kunjungi Pasar Beringharjo, Iriana Jokowi dan Wury Maaruf Amin Borong Produk UMKM Lokal

Politikus berambut putih itu sebenarnya sudah mengajak masyarakat untuk mencintai adat budaya dalam negeri. Salah satunya, dengan kebijakan kewajiban ASN berbusana adat tiap hari Kamis.

Pada Kamis pekan pertama hingga ketiga, ASN wajib mengenakan busana adat Jawa. Sedangkan Kamis pekan terakhir mengenakan busana adat nasional.

“Jadi, setiap Kamis minggu pertama, kedua dan ketiga mengenakan busana daerah Jawa, Kamis minggu terakhir menggunakan busana adat nusantara,” tandasnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: garuda-indonesia.com

News

Kejagung Periksa Tiga Saksi Kasus Pengadaan Pesawat Garuda
Foto: Istimewa

News

Wujudkan Antikorupsi, KPK Bentuk Direktorat Khusus
Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan berdasarkan data per 21 Oktober 2022, jumlah kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) pada anak sebanyak 241 kasus di 22 provinsi dengan 133 kematian atau 55 persen dari jumlah kasus. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nz

News

Cerita Orang Tua yang Kehilangan Anaknya Usai Minum Paracetamol
Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Zona Merah Covid-19 di Jateng Turun
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (Foto: Puspen TNI)

News

Panglima TNI Tinjau Kesiapan Keamanan dan Gladi Pembukaan PON Papua
Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Salatiga, Imam Sutomo, saat bertemu dengan Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi, Kamis (1/9/2022). Foto: Diskominfo

News

Muhammadiyah Segera Bangun Rumah Sakit di Salatiga, Ini Lokasinya
Presiden Joko Widodo ketika memberikan sambutan secara virtual di One Ocean Summit pada Jumat (11/2/2022). (Foto: BPMI/Setpres)

News

Presiden Jokowi: Indonesia Terdepan dalam Perlindungan Laut Dunia
Ganjar Pranowo memimpin upacara HUT Kemerdekaan RI di RSDC Asrama Haji Donohudan dengan memakai hazmat. (Foto: Humas Jateng)

News

Pakai Hazmat, Ganjar Pimpin Upacara Kemerdekaan di RSDC Donohudan