Home / Peristiwa

Jumat, 10 Juni 2022 - 12:29 WIB

Kecelakaan Pesawat Derazona Air di Papua, Kemenhub Apresiasi Tim Evakuasi

Ilustrasi. Foto: Ist/InfoPublik.id

Ilustrasi. Foto: Ist/InfoPublik.id

NYATANYA.COM, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan apresiasi dan ucapan terimakasihnya kepada AirNav Indonesia, Tim Sar Gabungan TNI AU dan Polres Mimika, UPBU Mozes Kilangin, ERG PT Freeport, Dinas Kesehatan Mimika dan unsur-unsur lain yang terlibat dalam evakuasi dan pencarian korban kecelakaan pesawat Derazona Air di Papua.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub telah menerima laporan kecelakaan pesawat nomor registrasi PK-DAR/B412 milik PT. Derazona dengan rute penerbangan Jila (WAYJ) menuju Timika (WAYY) Papua pukul 09.20 WIT pada Rabu (8/6/2022).

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Nur Isnin Istiartono, menjelaskan dari 11 korban, 10 orang telah dievakuasi dalam keadaan selamat, sedangkan satu anak balita yang hilang masih dalam proses pencarian.

Baca juga   Wagub Gus Yasin, Vaksinasi Solo Raya Bagus!

Ia menambahkan, pesawat PK-DAR ini disewa oleh Pemerintah Daerah Mimika untuk program kesehatan Puskesmas Keliling Udara. Pesawat ini akan terbang dengan rute Timika-Jila-Timika.

“Awalnya pesawat terbang dari Kantor Bupati Mimika menuju puskesmas yang berada di Jila dengan membawa paramedis dan pasien yang membutuhkan penanganan kesehatan (kasus melahirkan dengan kondisi tali plasenta tidak keluar). Setelah itu pesawat kembali terbang dari Jila menuju Timika dengan 11 orang terdiri dari Pilot, Co-Pilot, 6 penumpang dewasa dan 3 anak-anak,” jelas Nur Isnin dalam keterangannya pada Kamis (9/6/2022).

Pada saat kembali ke Timika, dalam perjalanan pesawat mengalami crash, dan mendarat darurat akibat cuaca buruk. Melalui pantauan dari AirNav dan panggilan telepon satelit, maka diketahui titik koordinat jatuhnya pesawat.

Baca juga   Ganjar Pranowo Apresiasi Anak-anak yang Antusias Divaksin

Tim SAR gabungan berangkat dari hanggar Bandara Mozes Kilangin bergerak cepat melakukan evakuasi dan pencarian ke titik lokasi pesawat mengalami crash (emergency landing).

Adapun proses pencarian korban yang belum ditemukan menurut Nur Isnin, akan terus dilanjutkan oleh Tim SAR gabungan.

“Semoga satu korban lagi dapat segera ditemukan, dan kita berharap tidak ada lagi kecelakaan yang memakan korban jiwa. Penerbangan yang selamat, aman dan nyaman harus selalu menjadi prioritas utama,” ucapnya.

(DT/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa memantau pelaksanaan PPKM Darurat di sejumlah lokasi di Solo. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Pantau Langsung Pelaksanaan PPKM Darurat
Barang bukti yang diamankan berupa 163.000 butir pil ekstasi dan 20 bungkus sabu-sabu dengan berat 21.400 gram. Foto: Polres Aceh Utara/Tribratanews

Peristiwa

Dua Pengedar Narkoba Jaringan Internasional Senilai Rp68 Miliar Berhasil Ditangkap di Aceh
Ganjar Pranowo saat mengunjungi salah satu rumah guru honorer yang kurang mampu. Rumah-rumah guru honorer yang tidak layak itu, mendapat bantuan program rehab rumah tidak layak huni (RTLH) dari Pemprov Jateng. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Ibunda Guru Honorer Ini Tak Kuasa Tahan Tangis, Rumahnya Direhab Ganjar
Heroe Poerwadi saat peluncuran apliaksi vaksinasi JSS. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Buka Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Melalui Aplikasi Jogja Smart Service
Kapolres Bantul AKBP Ihsan dalam konferensi pers tertangkapnya sindikat curat asal Lampung. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Sindikat Curat Pecah Kaca Mobil Asal Lampung, Dibekuk di Bantul
Kelima pelaku penembakan istri TNI di Semarangg ditangkap. Foto: Ist

Peristiwa

Ini Tampang Pelaku Penembakan Istri TNI di Semarang, 4 Orang Ditembak Kakinya
Evakuasi jenazah wanita tewas di hotel di Surabaya. Foto: Ist/selalu.id

Peristiwa

Hasil Otopsi Perempuan Paruh Baya Tewas Telanjang di Hotel Surabaya, Paru-paru Terisi Air
ANTARA FOTO/Aji Styawan/tom

Peristiwa

Foto: Operasi Pasar Minyak Goreng Curah di Semarang