Home / Peristiwa

Jumat, 26 Agustus 2022 - 09:44 WIB

Kejagung Tetapkan Pengacara PT Palma Satu Tersangka Obstruction of Justice

Kejagung menahan Pengacara PT Palma Satu, DFS setelah ditetapkan sebagai tersangka obstruction of justice. Foto: Istimewa

Kejagung menahan Pengacara PT Palma Satu, DFS setelah ditetapkan sebagai tersangka obstruction of justice. Foto: Istimewa

NYATANYA.COM, Jakarta – Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan DFS, seorang pengacara di perusahaan milik Surya Darmadi, PT Palma Satu sebagai tersangka obstruction of justice atau merintangi penyidikan.

“Tersangka DFS disangkakan melanggar Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” kata Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum Kejagung) Ketut Sumedana dalam keterangan tertulis, Jumat (26/8/2022).

Ketut menjelaskan, DFS diduga dengan sengaja menghalangi atau merintangi secara langsung atau tidak langsung terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam kegiatan usaha perkebunan kelapa sawit yang dilakukan oleh PT Duta Palma Group milik Surya Darmadi di Kabupaten Indragiri Hulu.

“DFS yaitu perbuatan menghalangi, merintangi, mencegah dalam penggeledahan dan penyitaan yang dilakukan oleh Tim Penyidik terhadap 8 bidang tanah perkebunan kelapa sawit beserta bangunan yang ada diatasnya seluas kurang lebih 37.095 HA di Pekanbaru, Provinsi Riau,” urai Ketut.

Baca juga   139 KPM Ditetapkan sebagai Penerima BLT-DD Rahun 2022 di Kalurahan Sukoharjo

Sebagai informasi, DFS ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan Surat Penetapan Tersangka Direktur Penyidikan Nomor: TAP-48/F.2/Fd.2/08/2022 tanggal 25 Agustus 2022 dan langsung ditahan berdasarkan Surat Perintah Penahanan Direktur Penyidikan Nomor: PRIN-37/F.2/Fd.2/08/2022 tanggal 25 Agustus 2022.

“DFS ditahan di Rutan Kelas I Jakarta Pusat selama 20 hari terhitung sejak 25 Agustus 2022 s/d 13 September 2022,” jelas Ketut.

Surya Darmadi adalah pemilik PT Dulta Palma Group. Dia menjadi tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dan pencucian uang yang rugikan negara hingga Rp 78 triliun.

Kasus korupsi dan pencucian uang yang dilakukan oleh yang bersangkutan terkait penyerobotan lahan oleh PT Duta Palma Group di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Kasus hukum Surya Darmadi tak hanya berproses hukum di Kejaksaan Agung. Dia juga merupakan buronan Komusi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan suap terkait pengajuan revisi alih fungsi hitan di Provinsi Riau, tahun anggaran 2014.

Baca juga   Kejagung Kembali Setujui 14 Perkara Dihentikan Lewat Restorative Justice, Ini Daftarnya

Surya Darmadi ditetapkan KPK sebagai tersangka bersama-sama dengan Legal Manager PT Duta Palma Group, Suheri Terta. KPK juga menetapkan PT Palma Satu sebagai tersangka korporasi yang ikut terlibat dalam kasus ini.

Penetapan tersangka terhadap ketiga pihak tersebut merupakan pengembangan dari kasus dugaan suap alih fungsi hutan Riau yang menjerat mantan Gubernur Riau; Annas Maamun dan Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia; Gulat Medali Emas Manurung, serta Wakil Bendahara DPD Riau Partai Demokrat; Edison Marudut Marsadauli Siahaan.

Surya Darmadi diduga bersama-sama Suheri Terta menyuap Annas Maamun. Suap sebesar Rp3 miliar bertukar dengan pengajuan revisi alih fungsi hutan di Provinsi Riau kepada Kementerian Kehutanan.

Diketahui, Suheri merupakan orang kepercayaan Surya Darmadi untuk mengurus perizinan terkait lahan perkebunan milik Duta Palma Group dan anak usahanya, termasuk PT Palma Satu. (*)

Share :

Baca Juga

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. Foto: Humas Polda Jateng/Tribratanews

Peristiwa

Top! Polda Jateng Berhasil Amankan 37 Ton BBM Senilai Rp11 Miliar
Pencanangan vaksinasi dengan sasaran penderita DM dan HT dilakukan Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM di RSUD Ir Soekarno. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Penderita Diabetes dan Hipertensi Mulai Disasar Vaksinasi
Video viral dua pria menyeret anjing menggunakan motor di Badung Bali. Foto: ist/tribratanews

Peristiwa

Polisi Ungkap Alasan Sebenarnya Dua Pria di Badung Seret Anjing Menggunakan Motor
Proses pencarian dan evakuasi korban terdampak erupsi Gunung Semeru oleh tim satuan tugas gabungan, Senin (6/12/2021). (Foto: BPBD Provinsi Jawa Timur)

Peristiwa

Lebih dari 900 Personel Gabungan Lakukan Operasi Penanganan Darurat Paska Erupsi Semeru
Bantuan untuk pengembangan UMKM secara simbolis diserahkan Ganjar saat meresmikan kantor cabang Bank Jateng di Mungkid Magelang, Rabu (16/3/2022). (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Genjot UMKM, Ganjar Gelontorkan Rp 1 Miliar Setiap Kabupaten
Bupati Klaten Sri Mulyani menyapa para tukang becak dan memberikan bantuan paket sembako. (Foto: Humas Klaten)

Peristiwa

Sapa Tukang Becak, Bupati Klaten Bantu Paket Sembako
Suasana kemacetan lalu lintas saat warga hendak mengungsi ke tempat yang lebih aman menyusul adanya peringatan dini tsunami di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Selasa (14/12/2021). Gempa berkekuatan 7,4 skala richter pada pukul 11.20 Wita di Laut Flores tersebut disusul adanya peringatan dini tsunami dari BMKG sehingga mengakibatkan warga di Kota Maumere berhamburan mengungsi karena trauma dengan tsunami yang pernah terjadi pada tahun 1992. (ANTARA FOTO/Siska/KK/hp)

Peristiwa

Ami nai ia o…, Cerita Lindu Berbasis Kearifan Lokal
Gadjahmada Airport Transporter electric atau Mobil GATe merupakan hasil riset kendaraan listrik kerja sama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Direktorat Peneliatian UGM. (Foto: Kemenhub)

Peristiwa

Mobil Listrik Made in Lokal Akan Digunakan di 2 Bandara dan dukung Event G20