Home / Peristiwa

Rabu, 2 Februari 2022 - 13:58 WIB

Kelola Sampah Berbasis Keluarga, Kota Yogya Menuju Zero Sampah

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyerahkan gerobak sampah untuk RW 12 pada Selasa (1/2/2022) di Balai RW 12 Bumijo, Jetis. Pemkot Yogya terus berupaya untuk menekan angka pembuangan sampah rumah tangga melalui pengelolaan sampah berbasis keluarga. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyerahkan gerobak sampah untuk RW 12 pada Selasa (1/2/2022) di Balai RW 12 Bumijo, Jetis. Pemkot Yogya terus berupaya untuk menekan angka pembuangan sampah rumah tangga melalui pengelolaan sampah berbasis keluarga. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemkot Yogya terus berupaya untuk menekan angka pembuangan sampah rumah tangga melalui pengelolaan sampah berbasis keluarga. Di mana setiap sampah rumah tangga yang organik maupun non organik dipilah dan diolah menjadi barang yang bisa dimanfaatkan lagi.

Sedangkan sampah rumah tangga yang sudah tidak bisa diolah maka akan dikelola kelurahan hingga mendekati nol residu sampah (zero sampah).

Sampah organik dari sisa sayur, nasi, buah bisa diolah menjadi pupuk kompos, pupuk cair dan ecoenzym sedangkan sampah non organik bisa didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat ekonomis.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam penyerahan gerobak sampah untuk RW 12 pada Selasa (1/2/2022) di Balai RW 12 Bumijo, Jetis.

Ketua RW 12 Bambang Saptono menuturkan potensi yang dimiliki warganya dari mulai UMKM yang bergerak di bidang olahan pangan seperti roti, jajanan pasar hingga catering, dan bebrapa UMKM kerajinan seperti ras rajut dan tas batik.

Baca juga   Banjir Landa Kutai Timur, Ribuan Jiwa Mengungsi

“Saat ini kami berkeinginan untuk mengelola sampah agar menjadi barang yang bisa dimanfaatkan melalui kegiatan bank sampah,” kata Bambang.

Selanjutnya disampaikan Bambang bahwa potensi yang dimiliki warga RW 12 bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata yang menguatkan Kawasan Tugu.

Menanggapi hal itu Wakil Walikota Yogyakarta menyampaikan bahwa Pemkot mendukung upaya warga dalam membangun lingkungan yang asri, nyaman dan layak huni melalui penataan lingkungan dan pengelolaan sampah.

“Lingkungan asri dan potensi UMKM yang ada bila dikolaborasikan bisa menjadi kekuatan baru dalam mewujudkan Bumijo sebagai destinasi wisata maupun penyangga kawasan Tugu, Malioboro dan Kraton,” papar Heroe.

Baca juga   Pentas Teater Linimasa #6 di TBY, Sanggar Muara Garap Lakon 'Ontran-Ontran Rangsangcarita'

Untuk mencapai itu diperlukan orang yang ‘gila kerja’ yang fokus pada upaya pengembangan tersebut, dari mulai menata lingkungan, mengembangkan brand lokal hingga memasarkan produk tersebut.

“PT Kereta Api Indonesia melalui Daerah Operasional 6 pernah menyampaikan bahwa Stasiun Tugu ke depannya akan menghadap utara dan bila itu terjadi maka kampung Bumijo merupakan halaman depannya. Oleh karena itu, harus direncanakan mulai sekarang apa yang harus disiapkan dalam sebuah master plan kampung,” ungkap Heroe.

Seusai dialog Wakil Walikota Heroe Poerwadi menyerahkan gerobak sampah pada Ketua RW 12 Bumijo dengan didampingi Kepala DLH, Mantri Pamong Praja Jetis dan Lurah Bumijo.

Sebelumnya juga diadakan dialog warga dengan Wakil Walikota Yogyakarta terkait dengan upaya warga untuk menciptakan lingkungan yang asri dan nyaman.

(N1)

Share :

Baca Juga

Sejumlah rokok ilegal yang berhasil disita petugas. Foto: MC Kab.Sleman

Peristiwa

Satpol PP Sleman Amankan 2.500 Batang Rokok Ilegal di Sejumlah Kios
Vaksinasi dosis pertama ini menyasar 450 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Bantul. (Foto: Humas Pemkab Bantul)

Peristiwa

Pemkab Bantul Gelar Vaksinasi Bagi Penyandang Disabilitas
Dittipid Narkoba Bareskrim Polri bekerjasama dengan Bea Cukai berhasil mengungkap empat kasus narkotika jaringan Malaysia-Indonesia, dengan total barang bukti 270,283 kg sabu. Foto: Humas Polri/Tribratanews

Peristiwa

Polri Ungkap Kasus Peredaran Sabu Jaringan Malaysia-Indonesia, Total BB 270,283 Kg
Sebanyak 100 konsentrator oksigen siap pakai diberikan secara langsung oleh Wakil Walikota (Wawali) Surakarta, Teguh Prakosa dan diterima oleh Bupati Boyolali, M. Said Hidayat. (Foto:Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Bantuan 100 Konsentrator Oksigen Pemkot Surakarta Diterima Pemkab Boyolali
Tiga warga binaan kasus terorisme menyatakan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Jumat (18/2/2022). (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

Tiga Warga Binaan Kasus Terorisme Lapas Surabaya Ikrar Setia kepada NKRI
Barang bukti peralatan yang digunakan pelaku bom ikan di Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah. (Foto: Humas KKP)

Peristiwa

KKP Amankan Lima Pelaku Bom Ikan di Morowali
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Gudang BMN Terbakar, Kemenkumham: Tidak Ada Arsip Penting yang Terbakar
Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Nurul Azizah. (Foto: Ist/Tribrata)

Peristiwa

Bareskrim Polri Geledah Tiga Gudang Afifarma, Ini Hasilnya