Home / Panggung

Minggu, 3 Oktober 2021 - 15:27 WIB

Kelompok Termos85 Siapkan Pameran “GoART” di Leman Art House

Alex Pracaya dengan karya yang akan dipamerkan bersama kelompok Termos85 di Leman Art House berjudul

Alex Pracaya dengan karya yang akan dipamerkan bersama kelompok Termos85 di Leman Art House berjudul "Irontruk Made in China". (Foto:Dok.pribadi)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Sebanyak 25 perupa kelompok Termos85 bakal menggelar pameran bersama di Leman Art House, 10-23 Oktober 2021 bertajuk “GoART”. Tema yang merujuk pada perkembangan teknologi industri 5.0.

Seni rupa adalah salah satu dari 17 subsektor industri kreatif, hendaknya menjadi pintu bagi bangkitnya kembali perekonomian Indonesia. Lewat seni rupa, kita bisa membangun optimisme kebangkitan ekonomi saat pandemi.

”Saya melihat, optimisme tersebut tersirat dan tersurat dari semangat Kelompok Termos85 dalam menggelar pameran ini,” demikian Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB) Ir Indah Juanita MM yang menyambut baik rencana Pameran GoART kelompok Termos85.

BOB mendukung kegiatan Pameran GoART yang digelar 10-23 Oktober 2021 di Leman Art House, galeri baru yang berlokasi di Jalan Tegalsari Bayen RT 05 RW 02 Purwomartani Kalasan Sleman, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa pada 12 September 2021.

Indah berharap pameran GoART bisa menginspirasi pihak lain untuk tetap semangat dan optimistis akan masa depan dan kebangkitan industri kreatif.

Baca juga   Digelar Daring, Biennale Jogja XVI Suguhkan Puluhan Program

Menurut Indah, semangat dan optimisme dari komunitas seperti ini harus didukung oleh komponen Pentahelix lainnya seperti pemerintah, akademisi, kalangan dunia usaha dan media.

”Jika pancaran optimisme dan semangat ini terus dipelihara, terus dibangkitkan, mudah-mudahan, kita semua akan benar-benar kembali berada pada kondisi kemajuan dan kejayaan. Ekonomi tumbuh, Indonesia maju,” tegasnya.

Ketua Termos85 Tri Wiyono menjelaskan Termos85 ingin berperan dalam membangkitkan gairah pariwisata dan industri kreatif di Yogyakarta, khususnya wilayah Yogya Timur.

”Kebetulan, ada sejumlah orang yang menaruh perhatian pada kebangkitan wilayah kawasan Yogya Timur ini. Salah satu anggota kami pun menawarkan ide dan ruang untuk berekspresi. Gayung bersambut, kolaborasi pun terjadi dan Termos85 sepakat bersinergi, menggelar pameran ini. Tema GoART pun kami pilih dalam pameran kali ini,” paparnya dalam rilis yang diterima nyatanya.com, Minggu (3/10/2021).

Sebanyak 25 perupa ikut ambil bagian pada pameran GoART yang akan dibuka Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB) Ir Indah Juanita MM. Mereka adalah Abi Heni Lanank, Alex Pracaya, Ardha Pinayung, Christina Anggiyani, Coozmos, Daliya, Dewantoro Purbo Gesang, Djoko Maruto, Egi Wahyono, Erwan Widyarto, Faizal Budiharso, Fahrur Rozi, Hajar Pamadhi, Herjaka HS, Muhammad Basuki, Ninik Purwanti, Podank Suroto, Pratiwi Endang Lestari, Prihhadi Moeljono, Sarjianto Sekar, Teguh Prihadi, Triwiyono, Yoset Wibowo, dan Wasis Subroto.

Baca juga   I Made Arya Dwita Dedok, Lahirkan Lukisan Magelang in Love di Hari Jadinya

Ke 25 perupa akan membangun dan membagikan spirit mereka melalui pameran ini. Optimisme. Semangat tak pernah padam. Sebagaimana air di dalam termos yang tidak cepat dingin, seperti semboyan kelompok Termos85, “Awet Angete” (awet hangatnya).

Salah satu peserta pameran, ALex Pracaya, kepada nyatanya.com menjelaskan, dengan pameran GoART dirinya ingin menunjukkan semangat dan kebangkitannya untuk tak berdiam diri di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Semangat itu yang saya tumbuh kembangkan dalam diri saya untuk terus bergerak dan berhenti berkreativitas. Semoga semangat pameran ini juga menular kepada teman-teman yang lain untuk kembali menggairahkan seni rupa dalam ajang pameran,” ucap Alex Pracaya di sela menyiapkan karyanya di pameran GoART. (Aja)

Share :

Baca Juga

(Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Panggung

Diskominfo Boyolali Gelar Pentas Seni Tradisional 13 Hari Berturut
Ahat Band debut mini album "Hari". (Foto: Dokumentasi Ahat)

Panggung

Ahat Debut Mini Album “Hari”
Salah satu kartun karya peserta Kontes Kartun 'Merdeka Guyonan, Guyonan Merdeka'. (Foto: Instagram Pakarti)

Panggung

Pakarti Gelar Kontes Kartun ‘Merdeka Guyonan, Guyonan Merdeka’
Siti Aisyah Mardhiya Amilia yang akrab disapa Amel. (Foto:nyatanya.com/Instagram melamilia_id)

Panggung

Si Cantik Amel yang Viral Karena Wajahnya Mirip Nike Ardilla
GKR Hemas menggoreskan kuas mengawali kegiatan Vaksinasi Live Painting On The Spot yang digelar di Sasono Hinggil Kraton Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

Panggung

Ini Istimewanya Yogya, Vaksinasi Live Painting On The Spot
Tiho Syl dengan single Ulo Weling. (Foto:nyatanya.com/YouTube PT Aoma Record Indonesia)

Panggung

Anton Obama Hadirkan ‘Ulo Weling’ untuk Penyanyi Tiho SYL
Dari kiri ke kanan, perwakilan seniman Kelompok YOS, Dra. Y Eni Lestari Rahayu dan Bapak Dunadi berbincang mengenai karya kelompok YOS untuk Kalurahan Margodadi. (Foto: Dok.JSSP 4)

Panggung

Pameran Maket JSSP 4 ‘Jogja Patung Publik Nyawiji’ di Pendhapa Art Space
Koes Hendratmo dan Aprilia Puspitawati (Foto: www.instagram.com/p/B8bs7NpgRpI/)

Panggung

Koes Hendratmo ‘Berpacu Dalam Melodi’ Meninggal Dunia