Home / Peristiwa

Jumat, 3 September 2021 - 17:03 WIB

Kelompok Wanita Tani Purwotani Panen Hidroponik

Kelompok Wanita Tani Purwotani panen hasil tanam hidroponik. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Kelompok Wanita Tani Purwotani panen hasil tanam hidroponik. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta bersama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Purwotani panen hasil tanam hidroponik yang dilaksanakan di Puro Belakang Rt 47, Rw 10, Kelurahan Purwokinanti, Kemantren Pakualaman Kota Yogyakarta, Rabu (1/9/2021).

“Biasanya panen sayuran hidroponik bisa dilakukan mulai 14 hari setelah tanam, tergantung jenis tanamannya. Hari ini kita bersama KWT Purwotani memanen Kangkung, Caisim, dan Selada,” Ungkap Sita Diani Putri, Penyuluh Pertanian Pertama.

Ia menambahkan, untuk jumlah kelompok tani hidroponik yang tercatat saat ini di Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarya sebanyak 14 KWT yakni KWT Purwotani Pakualaman, KWT Warsimah, Pakualaman, KT Taman Berseri Gedongkuning, KT Mataram Binangun, KT Winongo Asri Wirobrajan, KT Swa Katon Asri Wirobrajan, KTD Gemah Ripah, KWT Bustan Adi Danurejan, KT Caping Tani Danurejan, KWT Gemati Mergangsan, KWT Migunani Gedongkuning, KT Surya Farm, KT Ben Peni Tegalrejo, serta KT Naga Asri.

Baca juga   Pemerintah Akan Beri Anugerah Gelar Pahlawan Nasional pada 5 Tokoh Ini, Salah Satunya Bikin Bangga Warga Yogyakarta

“Sampai saat ini sudah ada 14 KWT, lima diantaranya sudah panen hasil tanam hidroponik. Salah satunya panen di KWT Purwotani ini,” jelasnya.

Sita mengungkapkan, hasil panen ini bisa di beli oleh umum. Panen yang dilakukan KWT Purwotani meliputi Selada dengan berat 30 Kg, Kangkung seberat 40 Kg, Caisim sebanyak 20 Kg, serta Pakcoy sebanyak 8 Kg.

Baca juga   Konsumsi Obat Kuat, Seorang Kakek Meninggal Dunia di Panti Pijat di Mojokerto

Harapannya, walaupun panen ini dilaksanakan pada situasi pandemi semua kelompok tani ini tetap menerapkan protokol kesehatan dan unggul dalam teknologi budidaya pertanian yang soilless, dimana penggunaan media tanam adalah komponen usaha tani yang paling mahal.

“Harapannya KWT di Kota Yogyakarta tetap meningkatkan ketahanan pangan bersama anggota kelompok tani dan masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan pangan,” ujarnya. (*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Rebutan Lahan, Sekelompok Massa Ngamuk dan Bakar Bangunan Milik GAJ Padang Ratu
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo melakukan pencanangan indeks pertanaman padi (IP) 400 dengan empat kali tanam padi dalam setahun di Kabupaten Klaten.di Desa Sribit, Kecamatan Delanggu, Klaten, Selasa (11/1/2022). (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Kementan Canangkan Setahun 4 Kali Tanam Padi di Klaten

Peristiwa

Putri Candrawathi Ditetapkan Tersangka Pembunuhan Brigadir J, Usai Polisi Temukan Fakta Ini
Ganjar Pranowo saat menghibur anak-anak di yang mengungsi karena rumahnya terdampak bencana tanah gerak di Desa Karanggintung, Kabupaten Cilacap. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Bahagianya Anak di Pengungsian Karanggintung, Dapat Hadiah dari Ganjar
Anggota Duta Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Kemantren Tegalrejo, Suryani gencar membagikan masker kepada warga. (Foto: dokumentasi pribadi)

Peristiwa

Aksi Duta Perubahan Perilaku, Gencar Kampanyekan Pakai Masker
Pasien Covid-19 asal Kudus sudah dipulangkan dari Asrama Haji Donohudan Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kudus)

Peristiwa

Sudah Negatif, Semua Pasien Covid-19 Asal Kudus Dipulangkan
Ditemani superhero Spider-man, anak-anak tambah semangat ikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar BIN dan Pemkab Temanggung pada Kamis (20/1/2022) di Taman Bambu Runcing. (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Ditemani Spider-man, Ribuan Anak Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Temanggung
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi anak yang digelar Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) DIY. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Gandeng Berbagai Pihak Genjot Vaksinasi Anak