Home / Peristiwa

Rabu, 30 Juni 2021 - 21:00 WIB

Kelurahan Giwangan Kini Jadi Kampung Tangguh Melawan Narkoba

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi melaunching Kelurahan Giwangan, Kampung Tangguh Melawan Narkoba. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi melaunching Kelurahan Giwangan, Kampung Tangguh Melawan Narkoba. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Kelurahan Giwangan Kemantren Umbulharjo Kota Yogyakarta kini siap menjadi kampung yang bukan saja bersih dari Narkoba, tetapi juga siap melawan segala tindak penyalahgunaan Narkotika dan obat/bahan berbahaya (Narkoba). Kalurahan Giwangan pun memproklamirkan diri menjadi Kampung Tangguh Narkoba.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi melaunching Kampung Tangguh Melawan Narkoba Kelurahan Giwangan, Selasa (29/6/2021) di Pendopo Kelurahan Giwangan ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan kesepakatan Kampung Tangguh Melawan Narkoba.

Dalam kesempatan tersebut Heroe mengatakan, walaupun di masa pandemi saat ini jangan sampai lalai dalam tindak penyalahgunaan narkoba.

“Jadi jangan sampai kejadian-kejadian yang berkaitan dengan narkoba ini masyarakat seolah-olah abai dan bukan suatu kewajiban bersama, kita semua harus saling menjaga dan memberikan informasi kepada pihak berwajib jika sekitar kita ada yang kecanduan narkoba. Dengan demikian masyarakat punya kesadaran untuk melawan terhadap narkoba sebagai persoalan kita semua,” jelas Heroe.

Baca juga   Ribuan Guru Honorer Ikuti Tes Kompetensi Calon PPPK

Heroe berharap, diawalinya Kampung Tangguh Melawan Narkoba di Kelurahan Giwangan ini kedepannya akan banyak kampung yang menjadi Kampung Tangguh Melawan Narkoba berikutnya, agar banyak generasi muda yang terselamatkan.

Sementara itu, Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol. Purwadi Wahyu Anggoro mengatakan, sebagai Kampung Tangguh Melawan Narkoba di Kelurahan Giwangan ini melalui proses yang panjang. Sehingga menghasilkan penilaian dimana Kelurahan Giwangan menjadi awalan terpilihnya Kampung Tangguh Melawan Narkoba.

“Dalam merancang dan memilih Kampung Tangguh Melawan Narkoba, kita ada seleksi. Dengan mengumpulkan data awal dan kampung Kelurahan Giwangan yang kita anggap sebagai kampung yang siap. Mulai dari lingkungannya, masyarakatnya sudah memenuhi syarat untuk kita ajak bersama-sama menjadikan Kampung Tangguh Melawan Narkoba,” jelasnya.

Baca juga   Lapas di Jateng Bakal Jadi Kantong Plasma Konvalesen

Purwadi mengungkapkan, untuk saat ini rata-rata penggunaan narkoba memakai jenis pil dan ganja dengan rentan usia 20-30 Tahun. Diharapkan dengan terbentuknya Kampung Tangguh Melawan Narkoba di Kelurahan Giwangan adanya tingkat penyalahgunaan narkoba akan menurun kedepannya.

Sementara itu, Lurah Giwangan Dewi Ernayati berharap, masyarakat di Kelurahan Giwangan dapat bekerjasama dan semangat dalam memberantas narkoba.

“Kami sangat bersemangat untuk menjadikan Kampung Tangguh Melawan Narkoba dengan melibatkan para tokoh masyarakat dalam mendukung program ini. Semoga apa yang diupayakan akan membuahkan hasil kedepannya,” tandasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Peristiwa

PMI Kota Magelang Siap Layani Donor Plasma Konvalesen
Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa meninjau screening donor plasma konvalesen. (Foto:Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Aksi Gotong Royong Skrining Donor Plasma Konvalesen
Penyekatan di perbatasan Magelang-DIY makin diperketat. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Penyekatan Perbatasan Magelang-DIY Diperketat, Mobilitas Masyarakat Masih Tinggi
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani dan penghargaan Pengelolaan JDIH Jawa Tengah. (Foto: Humas Sukoharjo)

Peristiwa

Sukoharjo Juara I Pengelolaan JDIH Jawa Tengah
Bupati Karanganyar Juliyatmono meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal di De Tjolomadoe. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Karanganyar)

Peristiwa

Antusias! 48.000 Pelaku UMKM dan Masyarakat Vaksinasi di De Tjolomadoe
Wali kota Yogyakarta meninjau pelaksanaan vaksinasi masal yang digelar di klinik Bidokes Polda DIY Klitren, Gondokusuman. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Jasa Raharja dan Polda DIY Dukung Penuh ‘Jogja Merdeka Vaksin’
Penghargaan diberikan kepada Bupati Kulon Progo atas jasa dan darma bakti bupati yang telah memajukan, mengembangkan, dan melakukan pembinaan terhadap kegiatan koperasi dan UKM di Kabupaten Kulon Progo. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Kulonprogo)

Peristiwa

Bupati Kulon Progo Terima Penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan UKM Tahun 2021
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Bupati Klaten saat meninjau kegiatan vaksinasi massal di Mapolres Klaten. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Kasus Corona Masih Tinggi di Klaten, Polda Jateng Terapkan Manajemen Kontigensi