Home / News

Selasa, 12 Juli 2022 - 12:55 WIB

Kembali Jadi Syarat Perjalanan, Pemkot Yogya Genjot Vaksinasi Boster

Pemkot Yogyakarta terus genjot pemberian vaksin ketiga atau vaksin booster. Hingga Senin (11/7/2022) pemberian vaksin booster sudah mencapai 89,30 persen atau 264.692 warga yang menjadi sasaran vaksin di Kota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

Pemkot Yogyakarta terus genjot pemberian vaksin ketiga atau vaksin booster. Hingga Senin (11/7/2022) pemberian vaksin booster sudah mencapai 89,30 persen atau 264.692 warga yang menjadi sasaran vaksin di Kota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta terus genjot pemberian vaksin ketiga atau vaksin booster. Hingga Senin (11/7/2022) pemberian vaksin booster sudah mencapai 89,30 persen atau 264.692 warga yang menjadi sasaran vaksin di Kota Yogyakarta.

Harapannya masyarakat yang belum melakukan vaksin ketiga untuk segera melakukan vaksin, karena nantinya ada ketentuan wajib vaksin booster jika akan melakukan perjalanan dalam negeri atau luar negeri.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Emma Rahmi Aryani bahwa pemberlakuan vaksin booster tertuang pada SE Satgas No. 21 Tahun 2022 Mengenai Ketentuan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri yang berlaku mulai 17 Juli 2022.

“Nantinya pelaku perjalanan dalam melakukan transportasi harus memenuhi syarat salah satunya sudah melakukan vaksin ketiga atau vaksin booster. Dengan demikian untuk swab antigen atau PCR tidak berlaku lagi. Hal ini sesuai dengan SE Satgas No. 21 Tahun 2022,” jelasnya.

Baca juga   Satgas Covid-19 Kapanewon Depok Pantau Uji Coba PTMT

Ditambahkan Emma, untuk warga yang sudah melakukan vaksin dosis dua yang akan melakukan perjalanan diwajibkan menunjukan hasil negatif antigen yang berlaku 1×24 jam atau RT-PCR yang berlaku 3X24 jam dan dapat melakukan booster on-site saat keberangkatan.

Sedangkan pada warga yang baru vaksin dosis pertama wajib menunjukan hasil negatif RT-PCR yang berlaku 3X24 jam.

Untuk yang belum bisa vaksin karena kondisi kesehatan khusus maka wajib menunjukan hasil negatif RT-PCR yang berlaku 3X24 jam dan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Selanjutnya, jika melakukan perjalanan ke Luar Negeri diwajibkan mengikuti peraturan berdasarkan SE Satgas No. 22 Tahun 2022 Mengenai Ketentuan Pelaku Perjalanan Luar Negeri yang berlaku mulai 17 Juli 2022.

Baca juga   Puncak HPN 2022, Ketua PWI Pusat: Arus Jurnalisme Clickbait Harus Dikendalikan

Dengan persyaratan pelaku perjalanan dengan usia 18 tahun ke atas yang akan berangkat ke luar negeri, wajib menunjukan sertifikat vaksin dosis ketiga.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Yogyakarta Lana Unwanah mengatakan, pemerintah terus melakukan upaya edukasi ke masyarakat mengenai pentingnya pemberian vaksin booster untuk menekan Covid-19 yang saat ini menurut data harian mengalami kenaikan namun masih fluktuatif.

Ia menghimbau kepada warga Kota Yogyakarta untuk selalu taat protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi lengkap dan vaksin booster.

Setelah vaksin warga disarankan untuk mengakses fasilitas kesehatan bila mengalami gejala-gejala gangguan seperti gangguan saluran pernafasan.

“Mari terus perketat protokol kesehatan. Sehingga vaksin lengkap ditambah booster akan terbentuk badan yang kuat dan sehat,” ujarnya.

(Hes/N1)

Share :

Baca Juga

Presiden Jokowi saat kunjungan kerja di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada Kamis (13/1/2022) guna mengecek kesiapan organisasi dalam menghadapi MotoGP di Maret 2022. (Foto: Adit/InfoPublik)

News

Persiapan MotoGP Mandalika 2022, Presiden Cek Tiga Hal ini
Gubernur Papua Lukas Enembe. ANTARA/HO-Tangkapan layar

News

Masyarakat Adat Dukung KPK dalam Pengusutan Dugaan Korupsi Gubernur Papua
Tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, pada Kamis (25/11/2021), pukul 14.00 WIB mengakibatkan dua warga meninggal dunia dan satu lainnya masih dalam pencarian. (Foto: BPBD Kabupaten Gianyar)

News

Tim Gabungan Masih Lakukan Pencarian Korban Longsor di Gianyar
Presiden Joko Widodo (tengah), UN Deputy Secretary-General Amina Mohammed (keempat kiri) dan Wakil Presiden Zambia W.K. Mutale Nalumango (keempat kanan) berfoto bersama Kepala BNPB Suharyanto (kiri), Special Representative of the Secretary-General for Disaster Risk Reduction Mami Mizutori (Kedua kiri), Menko PMK Muhadjir Effendi (ketiga kiri), The President of the United Nations General Assembly Abdulla Shahid (ketiga kanan), Menlu Retno Marsudi (kedua kanan), Gubernur Bali Wayan Koster (kanan) beserta perwakilan delegasi sebelum upacara pembukaan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Nusa Dua, Bali, Rabu (25/5/2022). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

News

PBB Minta Dunia Mencontoh Indonesia dalam Resiliensi Bencana
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Gereja Katolik Pugeran. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Libatkan Gereja, Pemkot Yogya Terus Genjot Vaksinasi Covid-19
Foto: Humas Jateng

News

Serap Tenaga Lokal Bergaji di Atas UMK, Ganjar Optimistis KIK Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Waspada Klaster PTM, Mulai Ditemukan Kasus Covid-19 Sekolah di Jateng
PT Kereta Api Indonesia/KAI (persero) menghadirkan layanan tes PCR seharga Rp195.000 di stasiun selama periode Natal dan Tahun Baru 2021/2022 yang dimulai sejak Kamis, 23 Desember 2021. (Foto: KAI)

News

Layanan Tes PCR Nataru di 17 Stasiun KA Mulai Dibuka, Berikut Daftar Lengkapnya