Home / Wisata

Selasa, 14 Februari 2023 - 09:00 WIB

Kembangkan Buah Anggur Unggulan, Wawan Siap Tularkan Pengalaman Pada Generasi Milenial 

Wawan ditengah kebun buah anggur miliknya yang kini jadi destinasi wisata keluarga.  (Foto: Zainuri Arifin

Wawan ditengah kebun buah anggur miliknya yang kini jadi destinasi wisata keluarga. (Foto: Zainuri Arifin

NYATANYA.COM, Sleman – Nama Wawan Maryuliono (49), bapak 3 anak warga Siwil RT 05/20, Sukoharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman saat ini kian melambung. Namanya terus menjadi bahan pembicaraan, khususnya di kalangan para petani buah. Hal itu mengingat keberhasilannya mengembangkan sekaligus membudidayakan buah anggur dengan kualitas super, terbukti mampu membawa keberhasilan serta kesuksesan. Pundi-pundi rupiah terus mengalir dan bertambah ke kantongnya. 

Bukan sekadar itu, pria yang menekuni sebagai petani buah anggur hanya hitungan 3 tahun, selepas meninggalkan pekerjaannya di salah satu perusahaan ternama di Tangerang ini juga mampu membuat dan menciptakan bibit-bibit buah anggur,  yang akhirnya kini banyak diburu oleh sejumlah petani buah seantero negeri ini.

Tak ayal, di rumahnya yang cukup asri dan terdapat kebun anggur yang dimanfaatkan sebagai wahana wisata keluarga dan edukasi, terdapat ribuan bibit anggur.

Menariknya, seiring keberhasilannya dalam membudidayakan serta membuat bibit buah anggur tersebut, menjadikannya pula pria baya yang murah senyum dan sederhana ini kerap dimintai bantuan beragam kelompok tani maupun instansi pertanian dan perkebunan untuk menjadi narasumber. Dilain sisi ia juga kerap diminta membagikan ilmu serta pengalamannya di bidang budidaya serta mengembangkan tanaman buah anggur.

Baca juga   Pameran Jayapatra: Dedikasi Yogyakarta bagi Bangsa Resmi Dibuka untuk Wisatawan

“Sejak buah anggur hasil pembibitan saya mampu berbuah lebat, saya pun terus melakukan pembibitan. Saban bulan tak kurang dari 150 hingga 250 bibit anggur harus saya kirim ke sejumlah daerah di luar Sleman, seperti Sumatra dan Sulawesi. Sejak itu, setahun terakhir saya kerap memberikan motivasi berikut pengalaman kepada petani buah, khususnya para pemula yang ingin mengembangkan anggur,” kata Wawan yang saat ini kerap mendapat sapaan dan sebutan “Bapak Anggur”-nya Jogja.

Sementara, Wawan mengisahkan bahwa dirinya tak memiliki darah agraria yang diwariskan keluarga atau menuntunnya menjadi seorang petani. Dirinya mengaku hampir separoh hidupnya telah banyak dihabiskan sebagai karyawan di salah satu perusahaan besar dan ternama di Tangerang. Gaji yang diterimanaya kala itu pun sangat fantastis.

“Tuhan yang menuntun saya. Demikian pula alam lah yang telah memberikan pelajaran dan ilmu kepada saya hingga menjadi petani buah seperti ini, sambungnya.

Baca juga   Gerakan Wajib Kunjung Museum, Dorong Anak Muda Mengenal Sejarah

Kini Wawan mengaku akan terus berusaha dengan semangat untuk tetap menjadikan bibit anggur miliknya menjadi varietas anggur unggulan di Sleman dan di Tanah Air.

“Hati saya serasa terus terpanggil untuk mengembangkan bibit pertanian, yaitu buah anggur” katanya semangat.

Sementara, Wawan memiliki harapan besar di masa mendatang, yaitu membuka peluang luas dan lebar kepada kaum milineal untuk mengembangkan potensi pertanian. Dirinya siap membantu dan memberikan pendampingan kepada petani pemula dan milienial. Dan tentu harus dibarengi komitmen kuat dari generasi milenial untuk mengembangkan ke depan.

“Asal ada kemauan potensi pertanian itu terbuka untuk dikembangkan,” urai Wawan.

Ia mencontohkan peluang usaha penangkaran bibit tanaman buah-buahan cukup besar. Hal ini seperti yang sekarang tengah dan terus dikembangkan.

“Ada banyak buah anggur di area kebun saya. Kebun ini sudah menjadi destinasi tujuan wisata keluarga dan pendidikan. Masyarakat bisa berkunjung dan memetik buah anggur sesuka hati,” pungkasnya.  (N2)

Share :

Baca Juga

Para juara Duta Museum 2022 Kabupaten Rembang. (Foto: Kominfo Rembang)

Wisata

Duta Museum Diminta Optimalkan Teknologi untuk Tarik Wisatawan
Masjid Tiban Wonokerso di Desa Sendangrejo, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri. (Foto: Diskominfo Jateng)

Wisata

Jejak Wali Songo di Masjid Wonokerso Wonogiri, Cikal Bakal Pembangunan Masjid Demak
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Ir. Singgih Raharjo, SH. M.Ed., menghadiri acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Bank BPD DIY dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Rabu (3/11/2021). (Foto: Humas Pemda DIY)

Wisata

Bank BPD DIY Launching QRIS, Tiket Masuk Destinasi Wisata Diskon 50%
Wakil Bupati Yuli Hastutiberharap para pengelola desa wisata di Purworejo didorong untuk menerapkan program inklusi, dengan cara menyediakan fasilitas yang ramah bagi warga penyandang disabilitas. (Foto: Diskominfo Purworejo)

Wisata

Purworejo Kembangkan Desa Wisata Inklusi
Kepala Dispapora Kabupaten Batang Yarsono. Foto: MC Batang

Wisata

Wisata Batang Banjir Pengunjung Selama Libur Lebaran 2022, Dongkrak PAD Sebanyak Ini
Foto: BPMI Setwapres

Wisata

Kunjungi Museum Benteng Vredeburg, Wapres: Museum Sarana Pendidikan Karakter Generasi Muda
Seniman Didik Nini Thowok saat tampil dalam pembukaan FLG ke 21 di studio Mendut Mungkid. Foto: Ist/beritamagelang

Wisata

Digelar Lebih Meriah, Festival Lima Gunung 2022 Usung Tema “Wahyu Remagang”
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyerahkan katalog daftar UMKM premium di Kota Yogyakarta melalui PHRI untuk membantu akses pemasaran. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Pemkot Yogya Dorong Integrasi dan Kolaborasi Pelaku Pariwisata