Home / Peristiwa

Minggu, 19 September 2021 - 22:10 WIB

Kembangkan Varietas Padi Srimulyo, Mahasiswa Turun ke Sawah

Penanaman varietas padi Srimulyo oleh petani di Dusun Clapar, Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Penanaman varietas padi Srimulyo oleh petani di Dusun Clapar, Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Varietas padi organik Srimulyo kini menjadi idola para petani di Kabupaten Magelang. Kali ini pengembangan padi Srimulyo dilakukan pada sawah di Dusun Clapar, Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang oleh petani setempat. Sejumlah mahasiswa Agroteknologi Untidar Magelang pun dilibatkan dalam pengembangan padi asal Kecamatan Salaman ini.

“Kegiatan ini sebagai salah satu cara mahasiswa untuk memahami teori yang sudah diajarkan dan pengaplikasiannya di lapangan,” kata Defani Ihsa Izzaty, Ketua Kelompok Mahasiswa Agroteknologi 2018 Untidar Magelang disela penanaman padi organik Srimulyo, Sabtu (18/9/2021).

Menurut Ihsa, pertanian organik menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan mengingat tanah sudah mengalami penurunan kesuburan tiap tahunnya. Hal itu akibat akumulasi penggunaan pupuk kimia dan pestisida berlebih yang dapat membahayakan lingkungan.

Baca juga   Wisata Edukasi Lereng Menoreh Gelar Simulasi Pembukaan Kembali

“Adanya kegiatan menjadi pengalaman yang bermanfaat bagi mahasiswa dalam aplikasi pertanian organik,” papar Ihsa.

Beberapa bulan terakhir petani di wilayah Kecamatan Muntilan banyak yang menanam padi varietas Srimulyo karena memberi keuntungan.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang juga tengah melakukan pengembangan padi Srimulyo sebagai varietas unggulan nasional.

Sementara itu, petani padi Srimulyo Muhamad Khoirul Arisnanto, asal Desa Kalisalak, Kecamatan Salaman mengatakan dalam kesempatan kali ini pihaknya mendampingi penanaman padi Srimulyo milik petani di Dusun Clapar, Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, luasnya 4 hektar lebih.

Hal menarik lainnya adalah penggunaan input pupuk organik dengan sistem penanaman jajar legowo 4-1-4.

Baca juga   Daop VI Yogyakarta Canangkan Stasiun Tugu Wajib Masker dan Vaksin

“Untuk tandur diterapkan jajar legowo, tanaman padi ada jarak untuk memaksimalkan rumpun pertumbuhannya,” jelas Anto.

Bibit padi Srimulyo yang dikembangkan Anto berasal dari jenis padi jangir yang ditanam warga Kalisalak secara turun temurun. Anto mengaku mendapat bibit padi jangir dari simpanan ibunya sekitar 10 tahun lalu. Dulu ada 2 jenis padi jangir yang ditanam warga Desa Kalisalak, yang satu pulen dan yang lainnya pera (keras atau kering).

Guna menjamin kualitas dan volume hasil panen padi Srimulyo ini, proses tanam hingga panen dilakukan oleh petani Kawungsari Agro Kalisalak Salaman bersama mahasiswa Untidar Magelang.

“Target panen sekitar 3,5 ton. Sekarang baru pembenahan, semoga ke depan meningkat,” harapnya. (*)

Share :

Baca Juga

Pelatihan IKM Go Digital di Kota Surakarta merupakan salah satu rangkaian kegiatan Solo Great Sale 2021, bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para pelaku IKM di Kota Surakarta mengenai seluk beluk pemasaran digital. (Foto: InfoPublik.id)

Peristiwa

Bisnis Online Makin Legit, Kemenperin Pacu IKM Go Digital
Ibu hamil yang memenuhi kriteria untuk divaksinasi di Kabupaten Sukoharjo mencapai 2.300 orang. (Foto: Humas Sukoharjo)

Peristiwa

Sukoharjo Canangkan Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil
Ganjar Pranowo mengunjungi makam jurnalis yang menyebarkan kabar kemerdekaan Indonesia kepada dunia dengan sandi morse. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Ganjar Ziarah ke Makam Soegiarin, Jurnalis yang Viralkan Kemerdekaan Indonesia
Sri Nugroho, Sekretaris Umum Panitia Peringatan Hari Jadi Klaten Ke-217. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

HUT ke-217 Klaten Akan Diperingati Secara Ringkas dan Sederhana
Ember berisi nyamuk Wolbachia ditempatkan dengan metode penyebaran berbasis grid dalam luasan 75 meter persegi. (Foto:nyatanya.com/media TWC)

Peristiwa

PT TWC Dukung Pengentasan Demam Berdarah di Sleman
Pemerintah Kota Surakarta meluncurkan inovasi Strategi Pemanfaatan dan Aksesibilitas Cagar Budaya dengan digitalisasi, Teman Gardagita. (Foto: HUmas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Teman Gardagita, Aplikasi Online Akses Benda Cagar Budaya
Bupati Grobogan Sri Sumarni saat melakukan monitoring pelaksanaan PPKM Darurat di Kecamatan Gubug. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Masyarakat Grobogan Jangan Putus Asa, Ada Apa?
Haryadi Suyuti saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di BPD DIY. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Tambah Gerai Vaksin di Kantor Pusat BPD DIY