Home / News

Rabu, 20 Oktober 2021 - 22:47 WIB

Kemen PPPA Kecam Keras Kasus Pemerkosaan di Halmahera Tengah

(Ilustrasi:nyatanya.com/istimewa)

(Ilustrasi:nyatanya.com/istimewa)

NYATANYA.COM, Jakarta – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) mengecam keras kasus pemerkosaan terhadap seorang perempuan berinisial NU (18) di Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara hingga mengakibatkan meninggalnya korban.

Kemen PPPA menegaskan tidak mentolerir kasus kekerasan terhadap perempuan dalam bentuk apapun dan memastikan akan memantau penegakan hukum kasus ini.

“Kasus pemerkosaan adalah kekerasan terhadap perempuan yang sangat keji, bahkan ini hingga mengakibatkan korbannya meninggal dunia. Kasus ini perlu mendapat perhatian penuh dari semua pihak, dan sanksi hukum terhadap pelaku harus benar-benar ditegakkan,” ujar Deputi Perlindungan Hak Perempuan, Kemen PPPA, Ratna Susianawati, dalam keterangan tertulis, Rabu (20/10/2021).

Baca juga   Bantu Tanggulangi Dampak Gempa Cianjur, Mendagri Ajak Seluruh Pemda Berikan Hibah

Ratna mengatakan, Kemen PPPA mengapresiasi atas kerja cepat kepolisian mengungkap kasus ini dan menangkap empat pelakunya, namun diketahui jumlah pelaku ada enam orang. Kemen PPPA meminta agar kasus ini diusut tuntas dan penegakan hukum berjalan semestinya.

Kemen PPPA telah melakukan koordinasi dengan Dinas PPPA Halmahera Tengah terkait kasus tersebut. Ratna mengatakan, berdasarkan laporan dari Dinas PPPA, korban diperkosa dengan mata tertutup oleh para pelaku.

Setelah kejadian pemerkosaan, korban merasakan kesakitan pada organ intimnya hingga dibawa ke rumah sakit. Korban juga mengalami depresi berat dan sempat dirujuk ke RSJ Sofifi untuk penanganan medis dan psikis.

Baca juga   Kunker ke Wonogiri, Ganjar Pranowo Diwaduli Beban Pasien Luar Provinsi

“Dinas PPPA berupaya melakukan penjangkauan dan pendampingan psikologis terhadap korban ke RSJ Sofifi namun tidak dapat menemui korban karena sedang dirawat intensif. Pada 17 Oktober 2021, korban meninggal dunia,” jelas Ratna.

Dari enam orang pelaku pemerkosaan, diketahui salah satunya adalah kekasih korban yang merupakan karyawan PT IWIP. Ratna menegaskan kasus ini adalah kasus yang sangat berat, dapat dikenakan pasal berlapis dalam KUHP dari mulai pemerkosaan, penganiayaan dan pembunuhan.

“Kami terus melakukan koordinasi dengan Dinas PPPA Halmahera Tengah terutama dalam pendampingan penegakan hukum terhadap pelaku,” imbuh Ratna. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Saat membagikan paket sembako kepada buruh yang tinggal di Rusunawa Kaligawe dan Sawah Besar, Kota Semarang, Rabu (27/4/2022) Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bertemu Royta yang mengeluh tak bisa bayar tunggakan BPJS. (Foto: Humas Jateng)

News

Tunggakan BPJS Dua Tahun Dilunasi Ganjar, Royta Lega Bisa Daftar KIS
Warga korban bencana di wilayah Kecamatan Sapuran menerima bantuan. (Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo)

News

Warga Korban Bencana di Sapuran dan Kalikajar Terima Santunan
Presiden Jokowi menyampaikan, pembangunan Persemaian Mentawir wujud nyata keseriusan pemerintah dalam menata lingkungan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto: BPMI Setpres/Twitter Presiden Joko Widodo

News

Persemaian Mentawir Wujud Keseriusan Pemerintah Lestarikan Lingkungan IKN
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Jaga Kestabilan Ekspor, Sri Sultan Minta Percepat Barcode 75 Perusahaan Usulan
Menhan RI, Prabowo Subianto mengikuti US-ASEAN Defense Ministers’ Meeting, pada rangkaian acara International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022, yang berlangsung 10 - 12 Juni 2022 di Singapura. Foto: Dok. Tim Media Prabowo Subianto

News

Menhan RI Optimis ASEAN Terus Menjaga Netralitas dalam Lingkungan Strategis
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. Foto: Humas Kemendag

News

Mendag Dorong Generasi Muda Berbisnis Waralaba, Ini Alasannya
Guna memastikan persediaan sembako menjelang hari raya Idulfitri 1443 Hijriah telah tercukupi, Pemerintah Kabupaten Sleman bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sleman melakukan peninjauan ke sejumlah tempat. (Foto: Humas Sleman)

News

Jelang Idulfitri, Pemkab Sleman Pastikan Persediaan Sembako Aman
Mendagri M. Tito Karnavian. (Foto: kemendagri.go.id)

News

Mendagri Uraikan Persiapan Pengamanan Arus Mudik Idulfitri 2022