Home / Plus

Sabtu, 25 Mei 2024 - 23:50 WIB

Kemenag Sleman Gelar Pembinaan Siswa Katolik Tingkat Menengah Atas untuk Peningkatan Moderasi Beragama

Romo Paulus Erwin Sasmita, PR menyampaikan materi Be an Influencer for God. (Foto: Istimewa)

Romo Paulus Erwin Sasmita, PR menyampaikan materi Be an Influencer for God. (Foto: Istimewa)

NYATANYA.COM, Sleman – Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman menyelenggarakan Pembinaan Siswa Katolik Tingkat Menengah Atas untuk Peningkatan Moderasi Beragama.

Kegiatan dilaksanakan di Seminari Tinggi Santo Paulus, Kentungan dan Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma, Jalan Kaliurang, Sleman, D.I Yogyakarta pada Sabtu (24/5/2024).

Kegiatan yang diikuti perwakilan siswa siswi SMA dan SMK Negeri di Kabupaten Sleman ini menghadirkan pembicara A.M. Bebet Darmawan, Doni Yudika (Tim Nawayaksa) dan Romo Paulus Erwin Sasmita, Pr (Staf Seminari Tinggi Santo Paulus, Kentungan).

Penyelenggara Katolik Kemenag Sleman, CB Ismulyadi dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada peserta dalam kegiatan pembinaan iman yang diselenggarakan Kemenag Sleman.

Doni Yudika menyampaikan ice breaking dengan materi Always be Happy! (Foto: Istimewa)

“Kegiatan ini menjadi sarana bagi kita untuk saling mengenal antarkita, lebih mengenal potensi dan kemampuan, serta menjadi bagian dari regenerasi,” ungkap Ismulyadi.

Lebih lanjut disampaikan, “Semoga apa yang kita dapatkan dari kegiatan ini dapat meneguhkan iman kekatolikan kita, menjadikan kita sebagai pribadi tangguh dan siap berbagi bagi sesama.”

Melalui tema Always be Happy!, Doni Yudika mengajak para peserta untuk ice breaking dan saling mengenal antar peserta.

“Kebahagiaan menjadi sesuatu yang penting bagi kita. Jika kita bahagia, maka kita akan dapat berbagi secara lebih efektif dan berdaya guna,” kata Doni.

Baca juga   Anda Punya Rencana Bisnis Frozen Food? Ini Izin yang Harus Dipenuhi

Dalam materi Duc In Altum (Bertolak ke Tempat Lebih Dalam), A.M. Bebet Darmawan menegaskan keberadaan manusia sebagai citra Allah.

“Kita bersyukur dapat mengikuti dan mengalami kegiatan ini. Sebagai makhluk yang diciptakan secara sempurna, kita dapat mengolah karunia Tuhan, memanfaatkan, dan membagikan bagi Gereja dan Negara,” ujarnya.

A. M. Bebet Darmawan menyampaikan materi Duc In Altum. (Foto: Istimewa)

Melalui pengenalan dan pengolahan Mind, Body and Soul, Bebet juga mengajak para peserta untuk memraktekkan keserasian antara apa yang dipikirkan dan tindakan yang dilakukan.

Sementara Romo P Erwin Sasmita yang mengampu materi Be an Influencer for God (Menimba inspirasi dari Santo Carlo Acutis) menggiring peserta untuk memiliki keyakinan kuat.

“Mari kita menjadi influencer, memberi pengaruh yang baik bagi sesama. Untuk sampai pada tahap itu, kita perlu memiliki keyakinan diri yang kuat. Pertemuan kita ini menjadi inspirasi yang menggerakkan,” jelas Romo Erwin.

Melalui materi yang disampaikan, Romo Erwin juga mengajak para peserta untuk melihat peluang dan keunggulan diri ditengah gempuran teknologi Informasi. “Kita bisa meneladan seorang muda dalam Gereja Katolik, Carlo Acutis,” Romo Erwin mencontohkan.

Baca juga   Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar Lewat Program Laskar Digital

Carlo Acutis adalah seorang remaja, yang mendokumentasikan mukjizat Ekaristi di seluruh dunia dan menuliskan semuanya pada situs web yang dibuat sendiri.

Carlo Acutis terkenal karena keceriaannya, keterampilan komputer, dan pengabdiannya yang mendalam terhadap Ekaristi, yang menjadi tema inti dalam hidupnya. “Ia kemudian diangkat menjadi Santo dalam Gereja Katolik,” tutur Romo Erwin.

Salah satu peserta, Gilda Valın Haliana, siswa SMA Negeri 1 Mlatı Sleman menyampaikan, pembinaan siswa Katolik tingkat menengah tahun ini seru.

“Ice breakingnya asyik, tentunya karena lebih banyak praktik dan interaksi dinamika bersama. Semoga tetap dilaksanakan pada tahun berikutnya sehingga menambah solidaritas siswa Katolik se Kabupaten Sleman,” ungkapnya.

Sedangkan Stevanus Arka Putra, siswa SMKN 2 Depok Sleman berharap, acara seperti ini dapat diselenggarakan lagi, dengan materi yang lebih seru dan mengikuti perkembangan jaman generasi muda, dan tentunya dengan peserta yang berbeda agar makin banyak siswa siswi Katolik di kabupaten Sleman yang pintar dan berani.

“Acara yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Katolik Sleman ini sangat seru dan bermanfaat bagi peserta karena selain materi yang selain menambah ilmu, ada juga praktek-praktek yang dilakukan,” ujar Arka Putra. (N1)

Share :

Baca Juga

Wajah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terpampang di kemasan salah satu produk kopi lokal Temanggung, dengan merek Tugiman. Foto: Diskominfo Jateng

Plus

Jeli Melihat Peluang! Pasang Wajah Ganjar, Kopi Tugiman Banjir Pesanan
Mbah Teguh dengan sepeda mininya berkeliling Indonesia dan sertifikat pengunjung ke 254.267 kilometer nol Indonesia yang didapat dari Pemerintah Kota Sabang. (Foto: Agoes Jumianto)

Plus

Awalnya Disepelekan, Mbah Teguh Selesaikan Misi Gowes Klaten – Aceh PP dalam 100 Hari
Talkshow#1 bertajuk "Kolaborasi Kampus dan Industri Kreatif, Mau Dibawa Kemana?" pada Sabtu (18/12/2021) mewarnai agenda dibukanya Hetero Space Solo. (Foto: Dok DKV ISI Surakarta)

Plus

Hetero Space Gairahkan Insan Kreatif, Undang Dosen DKV ISI Surakarta sebagai Narasumber Diskusi
Dua tim Robotika ITS, ITS Champion in Robocup (Ichiro) dan ITS Robotics with Intelligent System (IRIS) juara di Thailand. Foto: Ist

Plus

Tim Robot ITS Juarai Laga Internasional RoboCup 2022 di Thailand, Begini Perjuangannya
Demplot budidaya bunga Bougenville di Desa Paten. Foto: beritamagelang

Plus

Di Tangan Petani Milenial Desa Paten, Satu Batang Bunga Bougenville Bisa Lahirkan Puluhan Warna Cantik
Disperinkopukm Kota Yogyakarta akan meluncurkan enam Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) di enam kemantren yang berbeda. Sentra IKM pertama yang diresmikan adalah kemantren Umbulharjo. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Sentra Industri Kecil Menengah Kota Yogya Resmi Diluncurkan, Ini Lokasinya
Event pergelaran busana tahunan AIRA Fashion On The Spot (AFOTS) akan digelar di Jogja City Mall Yogyakarta, 17-20 November 2022. Foto: Ist

Plus

AIRA Fashion on The Spot Digelar di JCM, 17 – 20 November 2022
Lomba Panjat Pinang digelar warga Blunyahrejo, Tegalrejo, Kota Yogyakarta untuk menyemarakkan HUT ke-77 RI, Sabtu (20/8/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Lomba Panjat Pinang HUT RI, Wujud Semangat Kerja Sama dan Gotong Royong