Home / Peristiwa

Jumat, 12 Agustus 2022 - 14:05 WIB

Kemendag Musnahkan 3 Kontainer Baju Bekas Impor Ilegal Senilai Rp9 Miliar

Kementerian Perdagangan bersama Bea Cukai memusnahkan 750 bal pakaian impor bekas ilegal. Foto: Ist

Kementerian Perdagangan bersama Bea Cukai memusnahkan 750 bal pakaian impor bekas ilegal. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Jakarta – Kementerian Perdagangan bersama Bea Cukai memusnahkan 750 bal pakaian impor bekas ilegal.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan, bahwa kegiatan pemusnahan baju bekas impor tersebut perlu digiatkan karena dapat merusak industri tekstil dalam negeri.

Zulkifli juga menuturkan, bahwa selain merusak industri tekstil dalam negeri, peredaran baju bekas impor juga mengancam kesehatan masyarakat.
Sebab, setelah diuji lab, baju-baju bekas impor yang berhasil disita, terdapat jamur yang bisa menimbulkan penyakit kulit seperti herpes.

“Karena dibilang murah tapi kan berbahaya ada jamurnya, dan ini bisa merusak industri dalam negeri,” kata Zulkifli, Jumat (12/8/2022).

Baca juga   “Bu Ponirah”, Jadi Sarana Tingkatkan Variasi Media Pembelajaran

Politikus PAN itu enggan menyebutkan asal baju-baju bekas impor ilegal tersebut sehingga masuk ke Indonesia.

Dia menyebutkan baju-baju tersebut berasal dari negara-negara tetangga Indonesia melalui pelabuhan kecil atau “jalur tikus” kemudian masuk ke Tarakan, Kalimantan Utara.

Ditambahkan Zulkifli, 750 bal baju-baju bekas impor yang berhasil diamankan ditaksir dapat merugikan negara sekitar Rp8-9 miliar. Baju tersebut diperkirakan diangkut menggunakan 3 kontainer.

“Banyak sekali 750 bal kira-kira kalau bekas ini nilainya Rp8-9 miliar ini bisa 3 container. Jadi mari sama-sama kita awasi,” sebutnya.

Diketahui, pakaian bekas ini merupakan hasil penindakan yang dilakukan sejak Juni 2022 lalu. Artinya, ada waktu kurang lebih dua bulan untuk mengumpulkan 750 bal barang ilegal ini. Selanjutnya, proses pemusnahan akan menunggu pendalaman kasus terlebih dahulu. Itu untuk mencari pelaku impor ilegal, termasuk menindak sesuai aturan yang berlaku.

Baca juga   Polri akan Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi Gerobak UMKM Kemendag

“Kita mengimbau masyarakat memang mesti berhati-hati kita akan terus galakan tindakan-tindakan dari Kementerian barang-barang yang ilegal tapi juga kami akan edukasi masyarakat agar tidak mempergunakan barang bekas luar negeri,” imbau Zulkifli.

Dalam konteks pakaian bekas imopor ilegal, ini merupakan penindakan kedua kali. Sebelumnya, Dirjen PKTN Kemendag juga melakukan pemusnahan pada 2019 lalu. (*)

Share :

Baca Juga

Penandatanganan dan penyerahan hibah gamelan dilakukan oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi. (Foto: Humas DIY)

Peristiwa

Pemda DIY Hibahkan 3 Set Gamelan untuk KBRI Helsinki, Brussel, dan New York
Rekonstruksi tragedi di Stadion Kanjuruhan digelar di Mapolda Jatim, Rabu (19/10/2022). Foto: selalu.id

Peristiwa

Polisi Gelar Rekonstruksi Tragedi Kanjuruhan, 3 Tersangka Lakukan 30 Adegan
Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Agus Suryo Nugroho sangat mengapresiasi penegakan operasi knalpot brong di wilayah hukum Kabupaten Temanggung. (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Dirlantas Polda Jateng Apresiasi Penegakan Bebas Knalpot Brong di Temanggung
(Foto: Dok.ISI Surakarta)

Peristiwa

Talkshow dan Workshop Awali Event “Nyantel#2” DKV ISI Surakarta
Pemkab Pasuruan melalui BPBD Badan Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan terus membuat dapur umum untuk warga terdampak banjir di Desa Kedawung Kulon dan Kedawung Wetan, Kecamatan Grati, maupun di beberapa desa di Kecamatan Rejoso dan Winongan. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

Pemkab Pasuruan Perbanyak Dapur Umum untuk Warga Terdampak Banjir

Peristiwa

Fakta Mengejutkan Kejahatan Seksual pada Anak yang Dibongkar Polda DIY, Orang Tua Perlu Waspada!
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi (berbaju putih) saat mewakili Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hadir dalam Pembukaan GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2021 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/11/2021). ( Foto: Kemenhub)

Peristiwa

Melalui GIIAS 2021 Pemerintah Dorong Masyarakat Gunakan Kendaraan Listrik
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto membagikan masker kepada tukang becak di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (27/2/2022). (Foto: BNPB)

Peristiwa

Bagikan Masker di Malioboro, BNPB Imbau Wisatawan Tetap Taat Prokes