Home / News

Selasa, 7 Juni 2022 - 11:32 WIB

Kemendagri: Seluruh Daerah Terapkan PPKM Level 1, Kecuali Satu Kabupaten Masih Level 2

Foto: ANTARA

Foto: ANTARA

NYATANYA.COM, Jakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kali ini telah berada di level 1 PPKM dan hanya 1 kabupaten yang masih berada di level 2.

Hal tersebut disampaikan Dirjen Bina Adminsitrasi Wilayah Kemendagri, Safrizal ZA, melalui keterangan tertulisnya, Senin (6/6/2022)

“Kita patut bersyukur setelah lebih dari 2 tahun berjibaku dengan penanggulangan Covid-19, di perpanjangan Inmendagri kali ini kita lihat kondisinya semakin membaik. Seluruh daerah atau 128 kabupaten/kota di Jawa-Bali berada di PPKM level 1,” kata Safrizal.

Kemudian, kata dia lagi, untuk daerah di luar Jawa-Bali, 385 kabupaten/kota berada di PPKM level 1, dan hanya 1 kabupaten yaitu Kabupaten Teluk Bintuni yang masih berada di level 2.

“Serta tidak ada kabupaten/kota baik di Jawa, Bali dan di luar Jawa-Bali yang berada di level 3 dan level 4,” kata Safrizal.

Baca juga   Kedatangan 1.737 Juta Dosis Vaksin Pfizer Amankan Stok Vaksinasi

Menurut Safrizal, penanggulangan Covid-19 di Indonesia menunjukkan kondisi yang semakin membaik itu tercantum pemberlakuan PPKM melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 29 Tahun 2022 untuk Pengaturan PPKM di Jawa-Bali.

Dan Inmendagri Nomor 30 Tahun 2022 untuk Pengaturan PPKM di luar Jawa Bali, yang akan berlaku mulai 7 Juni 2022 hingga 4 Juli 2022.

Safrizal menegaskan, asesmen pemerintah daerah dalam perpanjangan PPKM kali ini dilakukan dengan menggunakan indikator transmisi komunitas pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

“Konsekuensi daerah yang telah ditetapkan berada di level 1 berarti kegiatan masyarakat bisa dikatakan dapat beroperasi normal dengan kapasitas maksimal 100 persen di berbagai sektor,” kata dia lagi.

Baca juga   Tingkatkan Kualitas Produk Lokal, Ganjar Bentuk Satgas TKDN

Namun, Safrizal tetap dan selalu mengimbau walaupun relaksasi kebijakan penggunaan masker telah dikeluarkan, masyarakat tetap harus waspada terhadap potensi-potensi yang dapat menyebabkan penularan Covid-19.

Selain itu, dalam pengaturan PPKM kali ini juga dilakukan relaksasi kebijakan terhadap pembatasan pintu masuk bagi pelaku perjalanan internasional, termasuk penentuan gerbang perjalanan udara bagi jamaah haji yang menunaikan ibadahnya pada 2022.

Khusus untuk pintu masuk udara, inmendagri kali ini diselaraskan dengan Surat Edaran Satgas Nasional Covid-19 Nomor 19 tentang protokol kesehatan perjalanan luar negeri pada masa pandemi Covid-19.

“Sebagaimana yang telah pemerintah sampaikan sebelumnya bahwa kita sudah menyusun strategi menuju status endemi Covid-19, sehingga seluruh pihak untuk terus bekerja maksimal agar upaya kita dapat segera terealisasi,” ujar Safrizal.

(EB/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Foto: dok Puspenkum

News

Kejagung Periksa Empat Saksi Kasus Proyek Pabrik Krakatau Steel
(Foto: Kemenkes)

News

Omicron Terus Mengancam, Masyarakat Diminta Hindari Kerumunan
Polres Metro Jakarta Selatan menggelar rilis pengungkapan kasus perampok bersenjata di kawasan Duren Sawit. (Foto: PMJNews)

News

Komplotan Perampok Bersenpi Dibekuk Polisi Saat Beraksi di Duren Sawit Jakarta Timur
Polres Sukoharjo patroli Kamtibmas waspada Karhutla. (Dokumen Polres Sukoharjo)

News

Cuaca Ektrem, Polres Sukoharjo Patroli Kamtibmas Waspada Karhutla
Prosesi penyampaian penghargaan Koperasi Berprestasi, pihak dari Koperasi PPKDY (kiri) diwakili oleh sekretarisnya. (Foto:istimewa)

News

20 Koperasi Berprestasi Raih Penghargaan
Presiden Joko Widodo tiba di Pangkalan TNI AU Soewondo, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara, pada Rabu (8/2/2023). Salah satu kegiatan yang akan dilakukannya adalah menghadiri puncak Hari Pers Nasional 2023. Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Jokowi Hadiri Puncak Hari Pers Nasional 2023 di Medan
Foto: dok. BNPB

News

Update! Korban Jiwa Gempa Cianjur Bertambah Menjadi 271 Orang
Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah Iwanuddin Iskandar. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

PTUN Tolak Gugatan Warga Wadas, Pemprov Jateng Rangkul Semua Masyarakat