Home / News

Rabu, 22 Mei 2024 - 00:51 WIB

Kemenhub Awasi Kelaikan Bus Pariwisata Jelang Libur Panjang Waisak

Dinas Perhubungan tengah memeriksa surat-surat kelengkapan dan kelaikan jalan bus yang akan beroperasi. (Foto: Kemenhub)

Dinas Perhubungan tengah memeriksa surat-surat kelengkapan dan kelaikan jalan bus yang akan beroperasi. (Foto: Kemenhub)

NYATANYA.COM, Jakarta – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan pengawasan terhadap kelaikan jalan bus pariwisata, bersama dengan Korlantas Polri dan Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota.

Hal itu dilakukan sehubungan dengan adanya libur panjang memperingati Hari Waisak 2024 dan potensi meningkatnya mobilitas masyarakat menuju ke tempat-tempat wisata.

“Kami akan mengawasi dan mengecek bus-bus pariwisata. Bus yang beroperasi harus berizin dan laik jalan. Sebisa mungkin kita berkolaborasi dengan pihak kepolisian dan juga Dinas Perhubungan dalam hal pengawasan, pengecekan hingga penegakkan hukum,” ungkap Dirjen Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno, di Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Lebih lanjut, ia menyampaikan, saat ini Ditjen Perhubungan Darat tengah menyiapkan beberapa langkah strategis untuk menertibkan operasional bus pariwisata dan mencegah terjadinya kecelakaan bus berulang, seperti akan dirumuskannya regulasi mengenai jual beli bus.

Baca juga   Tak Banyak yang Tau, Ada Sendang Kanjengan di Dalam Gedung Perpustakaan Klaten

“Nanti akan diatur bagaimana penjual dan pembeli bus wajib memastikan kelaikan kendaraannya sebelum melakukan transaksi. Kemudian, penjual dan pembeli wajib melaporkan pengalihan kepemilikan kendaraan untuk proses klarifikasi perizinan,” ujarnya.

Ke depan juga akan dilakukan integrasi data uji berkala kendaraan bermotor berbasis aplikasi yang bekerja sama dengan Pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan.

Selain itu, Ditjen Perhubungan Darat bersama stakeholders terkait akan membentuk proyek percontohan di enam provinsi yakni Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara.

Tujuannya, lanjut Hendro, untuk dilakukan pendataan, evaluasi, dan sosialisasi keselamatan bus pariwisata dan bus umum, termasuk prosedur rampcheck.

“Kami bersama Korlantas Polri juga telah membahas penyesuaian regulasi terkait usulan Kartu Pengawasan dan Bukti Lulus Uji Berkala (BLU-e) sebagai syarat dalam menerbitkan perpanjangan STNK,” kata Hendro.

Baca juga   Gunung Merapi Masih Luncurkan Awan Panas

Itu semua dilakukan sebagai upaya untuk menertibkan operasional bus-bus pariwisata, serta bus umum dengan mengutamakan aspek keselamatan jalan.

Di samping dari upaya-upaya tersebut, diharapkan juga kepada para pengguna jasa bisa berperan serta melakukan pengecekan izin dan kelaikan jalan armada bus melalui aplikasi Mitra Darat dan spionam.dephub.go.id.

“Kami tidak pernah bosan untuk mengajak serta masyarakat atau pengguna kendaraan bus umum untuk mengecek kondisi kendaraannya sebelum keberangkatan.”

“Caranya cukup mudah hanya dengan memasukkan nomor polisi kendaraan yang akan digunakan. Pastikan kendaraan tersebut laik jalan agar tidak menimbulkan kekhawatiran,” tutupnya. (N1)

Share :

Baca Juga

Menkominfo Johnny Gerard Plate. (Foto: Berto/Humas Kominfo)

News

Pemerintah Targetkan Vaksinasi 208,2 Juta Penduduk Tercapai pada Maret 2022
Direktur Utama BPJS Kesehatan, Prof dr Ali Ghufron Mukti meresmikan gedung baru BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sleman, Jumat (8/4/2022). Foto:Eko Purwono

News

Wujud Peningkatan Layanan, BPJS Kesehatan Resmikan Gedung Kantor Cabang Sleman
Ilustrasi. Foto: Ist

News

Pemerintah akan Stabilkan Harga Tiket Pesawat, Begini Penjelasan Kemenhub
Tim Paskibraka peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Foto: BPMI Setpres

News

Pancasila Tangguh, Nama Tim Paskibraka Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI
Kendaraan arus balik Lebaran dari Sumatra yang tiba di Dermaga 6 Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (7/5/2022). Foto: Jhon/InfoPublik

News

Penumpang Arus Balik di Pelabuhan Merak Meningkat 28 Persen
Anggota MPR RI Andika Pandu Puragabaya mesnsosialisasikan 4 Pilar di hadapan masyarakat Sleman. (Foto : Istimewa)

News

Andika Pandu Puragabaya: “Empat Pilar Memperkokoh Semangat Persatuan…!”
Gubernur Ganjar Pranowo saat memantau hari perttama PTM di SMP 13 Semarang. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Laksanakan PTM, Pemprov Jateng Usul Aplikasi Skrining Pribadi Siswa
Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar. (Foto: kemlu.go.id)

News

Wamenlu RI: Pernyataan Inggris Soal Nol Deforestasi Menyesatkan