Home / News

Rabu, 6 Oktober 2021 - 10:46 WIB

Kemenhub Hapus Pembatasan Penumpang Internasional di Bandara Soetta

Dengan adanya peningkatan kapasitas PCR yang ada, pembatasan penumpang di Bandara Soetta sudah tidak diperlukan. (Foto: Dokumentasi Humas Kemenhub)

Dengan adanya peningkatan kapasitas PCR yang ada, pembatasan penumpang di Bandara Soetta sudah tidak diperlukan. (Foto: Dokumentasi Humas Kemenhub)

NYATANYA.COM, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghapus ketentuan pembatasan kapasitas penumpang penerbangan internasional yang masuk melalui Bandar Udara Soekarno – Hatta (Soetta) yang pada ketentuan sebelumnya diberlakukan pembatasan 90 orang per penerbangan.

Dengan peningkatan kapasitas pemeriksaan PCR di Bandara Soetta, potensi terjadinya penumpukan penumpang dan pelanggaran protokol kesehatan dapat dihindari.

Oleh karena itu pembatasan kedatangan penumpang tidak dibutuhkan lagi, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan pelaksanaan karantina selama 8 (delapan) hari sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kemenhub melakukan berbagai upaya untuk menekan potensi penyebaran virus Covid-19 termasuk masuknya varian baru melalui jalur transportasi udara. Pembatasan penumpang internasional adalah salah satu upaya untuk itu, mengingat keterbatasan tes PCR yang dapat dilakukan di bandara,” ujar Dirjen Perhubungan Udara, Novie Riyanto, Selasa (5/10/2021).

Baca juga   230 Orang Ngeyel Tak Pakai Masker Terjaring Razia di Obwis Dieng

Dengan adanya peningkatan kapasitas PCR yang ada sekarang, Novie menilai pembatasan sudah tidak diperlukan.

“Namun demikian kami meminta kepada semua stakeholders untuk berkomitmen melaksanakan semua ketentuan dengan baik dan melakukan pengawasan yang optimal,” ujarnya.

Dirjen Novie menambahkan, saat ini regulator dan penyelenggara bandara telah siap dengan peningkatan kapasitas pemeriksaan tes PCR yang hasilnya dapat diperoleh paling lama 1 jam. Sehingga potensi antrian dapat dikurangi dan para penumpang mendapat pelayanan yang nyaman selama melakukan tes di Bandar Udara Soetta.

Baca juga   Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E 2022

“Fasilitas ini telah ditingkatkan dengan target menjadi 600 orang per jam dan telah memenuhi ketentuan Lab Bio Security Level II (BSL2),” katanya.

Perlu diketahui bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub juga mempertimbangkan berbagai krisis yang dialami oleh sektor penerbangan.

“Harapan kita bersama, sektor penerbangan dapat segera pulih, salah satunya dengan pelaksanaan fungsi testing dan peningkatan vaksinasi baik secara global maupun di dalam negeri. Kedua hal ini diharapkan dapat memberikan masa depan yang lebih baik bagi dunia penerbangan dan mencegah meluasnya penularan maupun masuknya varian baru,” pungkasnya. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Presiden Jokowi menanam mangrove bersama masyarakat Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap. (Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

News

Tanam Mangrove Bersama Masyarakat, Presiden: Antisipasi dan Mitigasi Perubahan Iklim
Serbuan Vaksin Nasional di Salatiga yang dipantau Presiden Jokowi secara virtual. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Dipantau Jokowi, Ribuan Siswa di Salatiga Ikuti Serbuan Vaksin Nasional
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Pasien Sembuh Covid-19 di DIY Tambah 1.123 Orang
Presiden Joko Widodo meresmikan peluncuran Program Penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) di Malioboro, Yogyakarta, Sabtu 9 Oktober 2021. (Foto:Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

News

Presiden Jokowi Luncurkan BT-PKLW Pertama di Malioboro
Usai dilepas oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, rombongan gowes Walikota se-Indonesia ini langsung menyusuri perkampungan serta objek objek wisata andalan Kota Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Walikota se-Indonesia Gowes Bareng Keliling Kota Yogya
Vaksin Covid-19 merk AstraZeneca yang diterima pemerintah Indonesia dari Italia. (Foto:Amiri Yandi/InfoPublik)

News

Dubes Italia: Kebersaman Membantu Penagggulangan Covid-19
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Waspada! Varian Delta Mulai Ditemukan di Beberapa Wilayah Jateng
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate saat memberikan keterangan pers terkait tata kelola pinjaman online. (Foto:Biro Humas Kementerian Kominfo)

News

Menkominfo: Pemerintah akan Lakukan Moratorium Penerbitan Izin Pinjol