Home / News

Rabu, 6 Oktober 2021 - 10:46 WIB

Kemenhub Hapus Pembatasan Penumpang Internasional di Bandara Soetta

Dengan adanya peningkatan kapasitas PCR yang ada, pembatasan penumpang di Bandara Soetta sudah tidak diperlukan. (Foto: Dokumentasi Humas Kemenhub)

Dengan adanya peningkatan kapasitas PCR yang ada, pembatasan penumpang di Bandara Soetta sudah tidak diperlukan. (Foto: Dokumentasi Humas Kemenhub)

NYATANYA.COM, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghapus ketentuan pembatasan kapasitas penumpang penerbangan internasional yang masuk melalui Bandar Udara Soekarno – Hatta (Soetta) yang pada ketentuan sebelumnya diberlakukan pembatasan 90 orang per penerbangan.

Dengan peningkatan kapasitas pemeriksaan PCR di Bandara Soetta, potensi terjadinya penumpukan penumpang dan pelanggaran protokol kesehatan dapat dihindari.

Oleh karena itu pembatasan kedatangan penumpang tidak dibutuhkan lagi, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan pelaksanaan karantina selama 8 (delapan) hari sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kemenhub melakukan berbagai upaya untuk menekan potensi penyebaran virus Covid-19 termasuk masuknya varian baru melalui jalur transportasi udara. Pembatasan penumpang internasional adalah salah satu upaya untuk itu, mengingat keterbatasan tes PCR yang dapat dilakukan di bandara,” ujar Dirjen Perhubungan Udara, Novie Riyanto, Selasa (5/10/2021).

Baca juga   IndoVac, Ini Vaksin Covid-19 Hasil Karya Anak Bangsa Diproduksi Biofarma

Dengan adanya peningkatan kapasitas PCR yang ada sekarang, Novie menilai pembatasan sudah tidak diperlukan.

“Namun demikian kami meminta kepada semua stakeholders untuk berkomitmen melaksanakan semua ketentuan dengan baik dan melakukan pengawasan yang optimal,” ujarnya.

Dirjen Novie menambahkan, saat ini regulator dan penyelenggara bandara telah siap dengan peningkatan kapasitas pemeriksaan tes PCR yang hasilnya dapat diperoleh paling lama 1 jam. Sehingga potensi antrian dapat dikurangi dan para penumpang mendapat pelayanan yang nyaman selama melakukan tes di Bandar Udara Soetta.

Baca juga   Menkominfo-Dewan Pers Jajaki Model Payung Hukum Publisher Right

“Fasilitas ini telah ditingkatkan dengan target menjadi 600 orang per jam dan telah memenuhi ketentuan Lab Bio Security Level II (BSL2),” katanya.

Perlu diketahui bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub juga mempertimbangkan berbagai krisis yang dialami oleh sektor penerbangan.

“Harapan kita bersama, sektor penerbangan dapat segera pulih, salah satunya dengan pelaksanaan fungsi testing dan peningkatan vaksinasi baik secara global maupun di dalam negeri. Kedua hal ini diharapkan dapat memberikan masa depan yang lebih baik bagi dunia penerbangan dan mencegah meluasnya penularan maupun masuknya varian baru,” pungkasnya. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

News

Vaksinasi Terus Digenjot, Kasus Aktif Covid-19 di Jakarta Turun 80 Orang
Presiden RI Joko Widodo menyerahkan palu G20 kepada Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi pada penutupan KTT Presidensi G20 Indonesia di Hotel Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022). India akan mengemban Presidensi G20 pada 2023. Foto: Media Center G20

News

KTT Presidensi G20 Indonesia Hasilkan “Bali Leaders Declaration”
Haryadi Suyuti. Foto: walikota.jogjakota.go.id

News

Ini Sejumlah Dokumen yang Diangkut KPK dari Ruang Wali Kota Yogyakarta, Terkait Kasus Suap Haryadi Suyuti
Ganjar Pranowo diundang oleh Institute for Essentiol Services Reform (IESR) sebagai salah satu co-chair Civil20 (C20 Indonesia). Foto: Humas Jateng

News

Jateng Jadi Percontohan Pengembangan Energi Baru Terbarukan Nasional
Tersangka beserta barang bukti dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolda Jatim. Foto: selalu.id

News

Polda Jatim Ungkap Kasus BBM Ilegal dan Elpiji, 92 Tersangka Diamankan
Foto: Diskominfo Jateng

News

Ekonomi Jateng Berangsur Pulih, Pengangguran Kian Susut, Ini Datanya Menurut BPS
Menteri Sosial Tri Rismaharini kegiatan Evaluasi Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah di Jakarta, Kamis (15/9/2022). Foto: ANTARA/HO-Kemensos

News

Mensos Selidiki Laporan Pemotongan BLT BBM oleh Sejumlah Kepala Daerah
Logo Provinsi Jawa Tengah. (Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Rp1,2 M Pagu Anggaran 9 Parpol di Purbalingga Diserahkan