Home / Peristiwa

Selasa, 1 Maret 2022 - 14:53 WIB

Kemenhub: Penonton MotoGP Mandalika Diminta Manfaatkan Kendaraan Umum

(ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/pras)

(ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/pras)

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Kepolisian akan mengatur rekayasa lalu lintas (lalin) menjelang gelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

Guna memperlancar arus lalin baik disekitar kawasan Mandalika maupun disekitar lokasi kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), para penonton diminta menggunakan angkutan umum yang telah disediakan.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, mengemukakan guna memperlancar arus lalin saat perhelatan MotoGP Mandalika nanti, Pemerintah akan mengoptimalisasi penggunaan angkutan umum.

Angkutan umum akan menjadi penopang transportasi dari simpul transportasi di kota Mataram ke kawasan Mandalika.

“Pemerintah support secara kuantitas dan manajemennya kita atur shifting penonton terutama untuk menggunakan angkutan umum di dalam lokasi gelaran MotoGP,” ucapnya dalam konferensi pers, penyelenggaraan MotoGP Mandalika, secara daring, Selasa (1/3/2022).

Penggunaan transportasi umum itu, akan berada dari Pelabuhan Gilimas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan, Pusat Kota Mataram (ex bandara Selaparang) dan BIZAM.

Baca juga   Presiden: Februari 2022 Persiapan MotoGP Mandalika Selesai

Secara keseluruhan akan disediakan sebanyak 278 unit bus bantuan Kemenhub dengan rincian, 27 unit bus besar, 70 unit bus sedang, dan 181 unit bus kecil.

Selain itu, Kemenhub juga menyediakan bus shuttle yang melayani 7 rute di dalam Kawasan Mandalika dari Parkir Barat dan Parkir Timur menuju Gate 1, Gate 2 dan Gate 3 Sirkuit Mandalika, serta mendorong pengoptimalan angkutan umum yang ada di Lombok, NTB.

“Sebanyak 184 bus ukuran sedang untuk mengangkut kembali dari beberapa simpul ke lokasi sekitar kawasan Mandalika, Jadi ada dua yang kita siapkan, angkutan antar moda, dan ada shuttle,” jelasnya.

Dirjen Budi menegaskan, pihaknya akan memberlakukan pembatasan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua ke dalam kawasan Mandalika, serta penyediaan lahan parkir di luar kawasan gelaran MotoGP.

Menurut Dirjen Budi, dengan pembatasan kendaraan pribadi dan sepeda motor menuju kawasan Mandalika, akan terjadi harmoni, dengan meninggalkan kendaraan pribadi pada lahan parkir yang telah disiapkan, sehingga kemacetan bisa dikurangi.

Baca juga   Antisipasi Lonjakan Covid, Sukoharjo Siapkan Dua Lokasi Isoter

“Bulan ini kita akan melakukan rekayasa lalu lintasnya, dan bulan besok dilakukan simulasinya disana. Kemenhub dan Kepolisian meyakinkan selama kegiatan, terutama pada kawasan Mandalika dan lokasi di sekitar Kota Mataram tidak terjadi hambatan-hambatan terkait kelancaran lalin,” katanya.

Lebih lanjut Dirjen Budi mengungkapkan, semua persiapan tersebut telah dilakukan Kemenhub sejak 2019. Adapun Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub menggelontorkan Rp21,2 miliar untuk penyediaan bus gratis hingga kelengkapan pengadaan dan pemasangan perlengkapan jalan disekitar kawasan Mandalika.

“Untuk penyediaan bus dialokasikan anggaran sebesar Rp5,4 miliar. Kemudian untuk anggaran bagi bus antarmoda sebesar RP8,8 miliar, dan untuk pembangunan halte sebesar Rp1,5 miliar, serta penerangan jalan umum sebesar Rp5,4 miliar,” urainya.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mencanangkan Sekolah Lansia yang diinisiasi Pemkot bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY, Selasa (15/2/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Ciptakan Lansia Tangguh dan Produktif, Pemkot Yogya Canangkan Sekolah Lanjut Usia
Operasi Zebra Candi 2021 Polres Blora diisi dengan kegiatan bakti sosial. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Operasi Zebra Candi 2021, Polres Blora Buka Gerai Masker dan Baksos
Thomas Odho Sumarto atau yang sering disapa Mbah Odho tutup usia, Rabu Kliwon, 30 Maret 2022 pukul 08.31 WIB. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Selamat Jalan Mbah Odho, Peramu Teh Herbal Pegagan Kulon Progo
Kombes Pol Auliansyah Lubis. Foto: Ist/tribratanews

Peristiwa

Polda Metro Jaya Buru Pemodal Pinjol Ilegal Berkedok Koperasi di Manado, Bos dan DC Jadi Tersangka
Vaksinasi yang digelar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

PCNU Klaten Vaksinasi 1.000 Warganya
Gibran Rakabuming Raka menerima bantuan ventilator oksigen produk asli Indonesia dari PT Layani NahdlatulUlama yang dirancang Institut Teknologi Bandung. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Terima Bantuan Ventilator Portabel Buatan Anak Bangsa
Akibat perbuatannya, Y terancam dijerat Pasal 338 Jo Pasal 351 ayat 3 KUHP dengan ancaman hukuman 15 tahun. Foto:Ist

Peristiwa

Ayu Dibenturkan Tukang Becak ke Dinding hingga Tewas, Gegara Masalah Sepele Ini
Ganjar Pranowo saat bertanya kepada Tiara Hanum Larasati, siswi SMP Negeri 3 Sawit, Boyolali. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Hari Pertama Sekolah, Tiara Dapat Hadiah Laptop dari Ganjar Pranowo