Home / Panggung

Kamis, 28 Oktober 2021 - 09:36 WIB

Kemenkumham: Pemanfaatan Karya Seni Harus Memiliki Izin

Direktur Hak Cipta dan Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, Syarifuddin. (Foto: ANTARA)

Direktur Hak Cipta dan Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, Syarifuddin. (Foto: ANTARA)

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemanfaatan karya seni oleh seseorang untuk tujuan komersialisasi terlebih dahulu harus ada atau mengantongi izin dari pencipta atau pemegang hak cipta.

Hal itu disampaikan Direktur Hak Cipta dan Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, Syarifuddin, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (27/10/2021).

“Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta memberikan perlindungan pada seni, antara lain seni pertunjukan yang meliputi pertunjukan terhadap pencipta dan pemegang hak cipta atas karya seni,” kata Syarifuddin.

Ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tersebut mengatur tentang hak moral dan hak ekonomi atas karya baru sebuah seni yang diciptakan oleh pekerja seni.

Baca juga   Produser Laskar Pelangi Bakal Bikin Film Soal Surabaya, Tunggu Tanggal Mainnya Masee

Sebuah karya yang dihasilkan secara otomatis, kata Syarifuddi, akan dilindungi termasuk hak pencipta serta pemegang hak cipta oleh Undang-Undang Hak Cipta.

Syarifuddin menegaskan bahwa pelaku pertunjukan ialah seseorang atau beberapa orang yang secara sendiri atau bersama-sama menampilkan suatu ciptaan karyanya.

Menurutnya, yang termasuk ke dalam kategori pelaku pertunjukan dalam sebuah seni pertunjukan, yaitu musisi, penari, orang yang memainkan musik saat pertunjukan, penyanyi, serta orang-orang yang terlibat dalam kegiatan itu.

Baca juga   Visa Rumah Kedua Berpotensi Datangkan Investor, Begini Penjelasan Menkumham

Hak pelaku pertunjukan, lanjut dia, juga diatur dalam Undang-Undang Hak Cipta.

“Oleh karena itu, pemanfaatan karya pertunjukan untuk tujuan komersial atau mendapat keuntungan ekonomi harus memperoleh izin dari pemilik karya pertunjukan tersebut,” katanya.

Artinya, kata Syarifuddin, orang yang merekam atau mengambil gambar dari sebuah pertunjukan lalu dikomersialisasikan wajib mendapat izin dari pelaku pertunjukan sebagai pemilik karya pertunjukan.

Sebelumnya, Kemenkumham menyatakan saat ini banyak sekali pihak yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja memanfaatkan hasil karya seni pertunjukan seseorang untuk keuntungan pribadi. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Komunitas Jogja Beatles Community dalam event ulang tahunnya. (Foto: Dok.JBC)

Panggung

Serunya Panggung Ulang Tahun Komunitas Penggemar The Beatles Yogya
Komunitas Classic Rock Yogyakarta siap menyuguhkan pentas musik rock bertajuk “November Gain Rock On Umbulharjo”. (Foto: Agoes Jumianto)

Panggung

November Gain Rock On Umbulharjo Digelar CRY Sabtu Besok di XT Square
Kazuki Takahashi dan komik "Yu-Gi-Oh!"/ Foto: Ist

Panggung

Komikus “Yu-Gi-Oh!” Ditemukan Meninggal di Laut, Ada Bekas Luka Gigitan Hiu
Pemerintah Kabupaten Temanggung menggelontor dana sebesar Rp7,5 miliar untuk kelompok kesenian. Pemberian bantuan secara simbolis oleh Bupati HM Al Khadziq, dalam acara Penyerahan Hibah Urusan Kebudayaan Tahun 2021 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung, di Graha Bhumi Phala, Senin (20/12/2021). (Foto: MC.TMG)

Panggung

Pemkab Temanggung Gelontorkan Dana Rp7,5 Miliar untuk Kelompok Kesenian
GKR Hemas menggoreskan kuas mengawali kegiatan Vaksinasi Live Painting On The Spot yang digelar di Sasono Hinggil Kraton Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

Panggung

Ini Istimewanya Yogya, Vaksinasi Live Painting On The Spot
Proses syuting film pendek “Dusner” karya UKM MM Kine Klub UMY. Foto: Ist

Panggung

‘Dusner’ Juara I Festival Film Pendek Berbahasa Daerah 2022
Daffa Maulana Muhammad menangi lomba film pendek Setapak Perubahan Polri Tahun 2022 sebagai Juara II. Foto: Dok.Polda DIY

Panggung

“Jogja Masih Istimewa” Karya Daffa, Juara II Lomba Film Pendek Setapak Perubahan Polri 2022
Rizky Billar dan Lesti Kejora. Foto: Ist

Panggung

Alasan Ini Membuat Lesti Kejora Cabut Laporan Terhadap Rizky Billar