Home / Peristiwa

Kamis, 3 Maret 2022 - 09:22 WIB

Kemensos Distribusikan Tenda Khusus Keluarga bagi Korban Gempa Pasaman

Kemensos mendistribusikan tenda khusus keluarga untuk korban gempa di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. Tenda khusus keluarga bagian dari upaya untuk menerapkan pendekatan keluarga dalam penanganan korban bencana. (Foto: ANTARA)

Kemensos mendistribusikan tenda khusus keluarga untuk korban gempa di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. Tenda khusus keluarga bagian dari upaya untuk menerapkan pendekatan keluarga dalam penanganan korban bencana. (Foto: ANTARA)

NYATANYA.COM, Jakarta – Kementerian Sosial (Kemensos) mendistribusikan tenda khusus keluarga untuk korban gempa di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. Tenda khusus keluarga bagian dari upaya untuk menerapkan pendekatan keluarga dalam penanganan korban bencana.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos, Iyan Kusmadiana, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (2/3/2022).

Menurut Iyan, warga bisa mendirikan tenda keluarga di depan rumah mereka.

“Warga tidak harus mengungsi jauh dari rumah mereka, memudahkan mereka memantau keadaan harta benda, dan komunikasi dengan warga sekitar. Jadi, meski mengungsi, mereka masih tetap merasa nyaman,” kata Iyan.

Iyan mengatakan bahwa tenda keluarga dari Kemensos dilengkapi dengan matras gulung, kasur, selimut, dan lampu tenda.

Baca juga   PAD Sektor Parkir di Kawasan Wisata Lereng Lawu Tak Signifikan

Di Jorong Siparayo, Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, warga juga bahu membahu mendirikan tenda keluarga tidak jauh dari rumah mereka yang rusak akibat gempa.

“Belum pernah pasang tenda begini. Baru pertama. Tapi senang, kami dapat untuk masing-masing keluarga,” kata warga Pasaman yang rumahnya terdampak gempa, Jaenuddin.

Hingga saat ini, sejumlah 364 tenda keluarga telah berdiri di depan atau sekitar rumah warga yang terdampak gempa di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat.

Selain itu, sebanyak 15 tenda keluarga sudah didirikan di Nagari Malampah dan 30 tenda keluarga dalam proses pemasangan di halaman Kantor Kecamatan Tigo Nagari di Kabupaten Pasaman.

Sebelumnya, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan bahwa tenda tersebut diperuntukkan bagi keluarga yang rumahnya rusak akibat gempa.

Baca juga   Warga Karangduren Laporkan Abrasi Sungai, Gus Yasin Koordinasikan Penanganan

“Itu nanti keluargalah yang pasang, titiknya di mana kita serahkan keputusan itu pada setiap KK (kepala keluarga),” kata Mensos Risma saat meninjau dampak gempa bumi di Pasaman Barat, pada Jumat (25/ 2/2022).

Saat mengunjungi Pasaman Barat, Mensos Risma mengajak warga bersama-sama mendirikan tenda keluarga, tenda berukuran 4×4 meter yang dirancang untuk menampung empat sampai lima orang.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan lebih dari 14.000 warga masih mengungsi, akibat gempa dengan magnitudo (M) 6,1, yang tercatat berada di wilayah Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, Sumatera Barat, pada Jumat (25/2/2022).

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Bupati Klaten Sri Mulyani melakukan penyemprotan disinfektan di area publik. (Foto:nyatanya.com/Kominfo Klaten)

Peristiwa

Bupati Klaten Sri Mulyani Turun Langsung Lakukan Penyemprotan Disinfektan
Sejumlah kepala perangkat daerah Pemkot Yogyakarta menandatangani berita acara dalam rapat koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria Kota Yogyakarta tahun 2021. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya – BPN Realisasikan Kegiatan Reforma Agraria Tahun 2021
Untuk mewujudkan madrasah yang ramah anak, Madrasah Aliyah Negeri (MAN 4) Sleman menggelar Workshop Menuju Madrasah Ramah Anak di Aula MAN 4 Sleman, Rabu (12/1/2022). (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

Mewujudkan Madrasah Ramah Anak untuk Pendidikan yang Lebih Baik
Wabup Sleman mendampingi Menteri PPPA Bintang Puspayoga acara kunjungan lapangan ke desa ramah perempuan dan peduli anak. (Foto:istimewa)

Peristiwa

Menteri PPPA Lakukan Kunjungan Lapangan ke Wedomartani
Bupati Semarang Ngesti Nugraha secara simbolis menyalurkan bantuan beras warga terdampak luapan Rawa Pening. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Ribuan Warga Terdampak Luapan Rawa Pening Terima Bantuan Beras

Peristiwa

Jelang HPN 2022, PWI Gelar Rakor dengan Jajaran Pemprov Sulawesi Tenggara
Pasukan Polis Marin (PPM) telah menahan 22 pendatang asing tanpa izin (PATI) dalam sebuah perahu di Perairan Sungai Buloh, Selangor, Sabtu (12/2/2022). (Foto: ANTARA)

Peristiwa

Pastikan Nasib 22 WNI, KBRI Kuala Lumpur Koordinasi dengan Malaysia
Sepanjang libur lebaran, layanan Call Center 112 Kabupaten Magelang menerima hampir 300 panggilan kegawatdaruratan. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Libur Lebaran, Call Center 112 Banyak Terima Laporan Kemacetan dan Kecelakaan