Home / News

Selasa, 5 Oktober 2021 - 08:54 WIB

Kemensos Percepat Penyerapan APBN 17,50 Persen

Sekjen Kemensos, Harry Hikmat. (Foto: kemensos.go.id)

Sekjen Kemensos, Harry Hikmat. (Foto: kemensos.go.id)

NYATANYA.COM, Jakarta – Kementerian Sosial (Kemensos) akan mempercepat penyerapan alokasi anggaran pendapatan belanja negara (APBN) yang masih berkisar 17,50 persen, untuk melakukan verifikasi dan validasi data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

“Kami optimis Oktober-November 2021 ada peningkatan penyerapan anggaran,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemensos, Harry Hikmat, melalui keterangan tertulis, usai rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Senin (4/10/2021).

Harry mengungkapkan realisasi anggaran dari Rp1,06 triliun, baru diserap sebanyak Rp185 miliar.

Anggaran tersebut diserap untuk belanja pegawai sebesar 71,26 persen, belanja barang 15,21 persen dan belanja modal 11,38 persen.

Sementara dari pengalihan fokus anggaran Setjen Kemensos selama empat tahap, terdapat Rp1,125 triliun yang digunakan untuk kebijakan strategis mengurangi dampak Covid-19, tambahan bantuan sosial (bansos) mengefektifkan verifikasi dan validasi untuk program Pejuang Muda serta distribusi bansos melalui PT Pos Indonesia untuk wilayah terpencil.

Baca juga   PPKM Darurat, 269 Tempat Usaha Non-esensial Ditutup Paksa

Program yang dilakukan Sekretariat Jenderal (Sekjen) Kemensos untuk memacu penyerapan anggaran, di antaranya berkaitan dengan verifikasi dan validasi data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang masih dalam proses, Program Pejuang Muda yang akan dioptimalkan untuk verifikasi dan validasi DTKS, penyediaan IT untuk Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) dan command center, serta aplikasi CekBansos.

Selain itu, belanja modal Setjen Kemensos berkaitan dengan performa Gedung Kemensos Salemba yang menerapkan suasana eco-green dengan penataan yang lebih asri dan nyaman serta hemat.

Baca juga   Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Tambah 240 Orang

“Sarana prasarana pegawai komputer sudah by design untuk membuat nyaman dan digitalisasi lebih efektif. Printer cukup satu terkoneksi dalam satu ruangan. Belanja modal terkait beberapa kegiatan yang masih appraisal, terutama kantor jasa untuk penilaian atas realisasi belanja modal untuk dibayarkan,” ujar Harry.

Sementara itu, Harry juga mengungkapkan kendala pelaksanaan anggaran, yakni pada awal tahun terdapat blokir anggaran, antara lain pembangunan gedung parkir sebesar Rp62,94 miliar dan gedung arsip sebesar Rp15,45 miliar, adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sehingga terdapat pembatasan kegiatan rapat di luar kantor dan perjalanan dinas. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Pesan berantai yang dipastikan hoaks itu. (nyatanya.com/Diskominfo DIY)

News

Kemenkes Tegaskan Kabar yang Sebut WHO Tetapkan R1 A1 High Risk Covid 19 Adalah Hoaks
RS PKU Muhammadiyah Prambanan siap dioperasikan menjadi RS Darurat Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

News

RS Darurat Covid-19 Klaten Resmi Beroperasi
Sekretaris Daerah DIY R. Kadarmanta Baskara Aji mengatakan untuk SD dan PAUD perlu perlakuan yang sangat hati-hati sebab siswa pada kedua jenjang tersebut belum memungkinkan untuk menerima vaksin. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Belum Memungkinkan Terima Vaksin, PTM SD dan PAUD Harus Diwaspadai
Pasar Triwindu Solo. (Foto:nyatanya.com/Dinas Pariwisata Solo)

News

Ini 12 Pasar Tradisional di Solo yang Ditutup Selama PPKM Darurat
BPBD Kabupaten Kudus bersama pihak terkait bergotong royong membenahi atap rumah warga di Kecaatan Undaan yang terdampak angin kencang, Jumat (22/10). (Foto:BPBD Kabupaten Kudus)

News

180 Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang di Kabupaten Kudus
Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Setelah Jogo Tonggo, Ganjar Pranowo Siapkan ‘Rembug Desa’ Tangani Pandemi

News

Kominfo Blokir Situs Palsu pedulindungiq.com
Penampakan Gunung Merapi pukul 16.44 WIB. (Foto: nyatanya.com/BPPTKG)

News

Aktivitas Gunung Merapi Meningkat, Sampai Malam Ini Sudah 11 Kali Muntahkan Awan Panas Guguran